Amelia Hapsari, Sineas Indonesia Pertama yang Terpilih Menjadi Juri di Academy Awards

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 3 Juli 2020 10:13
Amelia Hapsari, Sineas Indonesia Pertama yang Terpilih Menjadi Juri di Academy Awards
Amelia Hapsari terpilih dalam anggota tim penjurian, menjadikannya sineas Indonesia pertama dan satu-satunya dalam ajang tersebut.

Indonesia patut bangga karena setelah sekian lama industri filmnya berjalan, akhirnya kita bisa memiliki wakil dalam ajang Academy Awards atau Oscar.

Bukan mewakili dalam nominasi, namun ditunjuk untuk menjadi salah satu anggota tim penjurian ajang film internasional bergengsi tersebut.

1 dari 4 halaman

Adalah Amelia Hapsari, orang Indonesia pertama yang berhasil terpilih menjadi juri di Academy Awards 2020.

Namanya memang kurang akrab di telinga awam, namun peran Amelia Hapsari di dunia perfilman Indonesia sangatlah besar. Pernah membuat film dokumenter seperti Jadi Jagoan ala Ahok (2012) dan Rising from Silence (2018), Amelia Hapsari lebih banyak bekerja di balik layar.

2 dari 4 halaman

Amelia Hapsari menjabat sebagai direktur program di In-Docs, sebuah organisasi non-profit yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan film-film dokumenter Asia Tenggara ke mancanegara.

Pada tahun 2017 dan 2018, Amelia Hapsari menjadi kurator untuk forum dokumenter internasional Docs by The Sea yang digagas oleh In-Docs bersama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF, sekarang menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf).

Di situlah kemudian Amelia Hapsari mulai diakui reputasinya sebagai kurator film dokumenter Asia Tenggara berkualitas.

3 dari 4 halaman

Dalam ajang Academy Awards atau Oscar 2020 nanti, Amelia Hapsari akan menjadi bagian dari 819 orang anggota Academy of Motion Pictures Arts and Sciences, sebuah organisasi profesi di industri perfilman Hollywood.

Perempuan asal Semarang itu akan bergabung dengan nama-nama besar Hollywood lain seperti Zendaya, Eva Longoria, dan Ana de Armas. Aktris asal Korea Selatan, Park So-Dam, juga termasuk dalam jajaran nama anggota tersebut.

Pihak Academy Awards memang ingin membuat anggota tim penjuriannya menjadi lebih beragam dalam hal gender maupun latar belakang etnis.

Beri Komentar