Apa itu Baper dan Gimana Penggunaannya yang Tepat?

D-Stories | Jumat, 27 Agustus 2021 13:10

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Tahu apa itu baper nggak cukup kalau kamu nggak tau gimana cara bijak menggunakannya biar nggak menyakiti orang lain.

Apa itu baper? Kamu mungkin sering mendngar kata ini dalam percakapan sehari-hari dengan teman atau saat di tongkrongan. Atau mungkin ada yang baru saja mengatakannya ke kamu?

Baper adalah salah satu kata gaul yang kerap digunakan oleh anak muda jaman sekarang untuk berinteraksi di kehidupan sehari-hari. Nggak cuman baper, ada juga kata 'mager','gabut', 'kepo', 'sotoy', dan masih banyak lagi. Tak memahami artinya bisa jadi membuat penggunannya jadi tak sesuai, dan berujung pada masalah komunikasi.

Selain memahami apa itu baper, menurut mimin sih yang paling penting adalah memahami konteks dan menggunakannnya secara bijak.

Apa itu Baper dan Gimana Penggunaannya yang Tepat?
2 dari 5 halaman

Apa itu Baper?

Apa itu BaperApa itu Baper © 2021 Simon Maage on Unsplash

Baper merupakan kata gaul yang merupakan singkatan dari 'Bawa Perasaan'. Istilah ini merujuk pada seseorang yang memasukkan hati suatu ucapan atau tindakan orang lain kepada dirinya.

Namanya memasukkan hati atau menyertakannya ke dalam perasaan sih, nggak melulu terjadi antara seseorang dengan pasangan, tapi bisa dengan siapa saja. Mulai dari hubungan pertemanan, hubungan kerja hingga persaudaraan.

3 dari 5 halaman

Baper itu Apa sih? Kapan Sebaiknya Digunakan?

Apa itu BaperApa itu Baper © 2021 Brooke Cagle on Unsplash

Kata ini sering digunakandalam situasi di mana seseorang menganggap serius apa yang diucapkan dan dilakukan orang lain. Kata ini muncul dilatar belakangi oleh perasaan, emosi atau senstivitas seseorang. Baper kerap disamakan dengan perasaan sensitif.

Namun sedihnya nih meski seseorag itu tahu apa itu baper, namun menggunakan kata ini secara nggak bijak. Contohnya dengan tidak menganggap perasaan orang lain melalui kalimat berikut 'Ah, masak gitu doang baper?' atau 'Ya elah baper amat,'.

Gara-gara itu, kata baper jadi merujuk pada terlalu senstif. padahal, tentu sensitivitas orang berbeda-beda kan? Selain itu standar emosi seseorang juga berbeda.

Contohnya nih ada seseorang yang ngatain fisik kamu, trus ketika kamu tersinggung, dia membela dirinya dengan kata 'yah, kok baper sih?' seolah perasaanmu tidak valid atau kamu dianggap terlau sensitif.

 

4 dari 5 halaman

Apa itu Baper dalam Bahasa Gaul

Padahal emosi seseorang bisa berbeda-beda kan?Ada orang yang merasa bahwa sesuatu olokan atau ejekan adalah hal yang biasa, namun bisa berbeda bila diterima oleh orang lain. Terlebih ada beberapa kondisi psikologi di mana seseorang bisa sangat sensitif yakni Highly Sensitive Person (HSP) yang dikemukakan oleh Dr. Elaine Aron: The Highly Sensitive Person (1997) yaitu studi tentang sensory-processing sensitivity.

Dalam buku tersebut, HSP diartikan sebagai orang yang punya kesadaran terhadap hal-hal kecil di sekelilingnya. Akibatnya, dia jadi mudah merasa kewalahan berada di tengah lingkungan yang sangat menstimulus inderanya.

Penggunaan kata baper akibatnya membaut orang jadi merasa tertekan dan merasa bersalah dengan perasaannya sendiri.

Tapi arti kata ini juga bisa menjurus ke hal positif kok, misalnya pada individu dengan coping stres yang yang bisa menerima kata tersebut untuk introspkesi dirinya.

Namun dari pada berisiko menyakiti hari seseorang dengan penggunaan dan apa itu baper, sebaiknya kamu berhati-hati dengan kata tersebut.

5 dari 5 halaman

Apa itu BaperApa itu Baper © 2021 mahyar mirghasemi on Unsplash

Nggak cuman baper, masih ada banyak banget istilah gaul lainnya yang kerap diucapkan di tongkrongan dan wajib kamu ketahui, yakni:

Bucin = budak cinta
Kata berikut digunakan untuk seseorang yang terlau cinta dnegan sesuatu hingga melakukan apa saja untuknya.

Mager : malas gerak.
Menurut KBBI, mager berarti malas (ber)gerak yakni malas atau enggan serta sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Gabut = gaji buta
Artinya, orang yang hanya sekedar makan gaji buta karena tidak melakukan aktivitas apapun atau bingung harus melakukan apa.

Julid = iri atau dengki
Kata ini semakin populer saat Syahrini mengucapkannya untuk menyenggol para haternya. Dalam KBBI, arti kata julid adalag ri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

Pansos = panjat sosial.
Pansos bisa didefinisikan sebagai usaha seseorang agar mendapatkan status sosial tertentu.

Kepo = knowing every particular object.
KBBI mengartikannya rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

Halu = adalah singkatan dari 'halusinasi'
Kata ini menggambarkan seseorang dengan khayalan tingkat tinggi yang mustahil dicapai.

Apa itu baper dan kata gaul lainnya sudah kamu ketahui, namun gunakan kata ini dengan bijak ya agar tak berujung pada menyakiti orang lain.

Join Diadona.id