Apa itu Mekanisme Antikythera? Ini Penjelasan Lengkapnya

D-Stories | Senin, 9 Agustus 2021 16:09

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Saking canggih dan kompleksnya, mekanisme Antikythera disebut sebagai cikal bakalan komputer di dunia.

Apa itu mekanisme Antikytera? Adalah sebuah mesin kalkulator mekanik yang dibuat lebih dari 2000 tahun yang lalu dan diyakini sebagai cikal bakal komputer di dunia.

Dari hasil penelusuran lewat temuan koin yang juga ditemukan bersama dengan alat ini, mekanisme Antikythera kemungkinan diciptakan antara 86 sampai 68 SM. Sementar itu, bangkai kapal tempat ditemukannya mekanisme Antykythera diperkirakan tenggelam pada 70 sampai 60 SM.

Dikutip dari liputan6, mekanisme antikythra adalah perangkat yang paling kompleks yang dibuat di zamannya. Meski diciptakan di masa sebelum masehi, namun baru di abad ke-14 lah manusia bisa membuat perangkat yang serupa.

Apa itu Mekanisme Antikythera? Ini Penjelasan Lengkapnya
2 dari 5 halaman

Apa itu Mekanisme AntikytheraApa itu Mekanisme Antikythera © 2021 Universitas Cardiff/EPA/REX/Shutterstock.com

Secara sederhana, mekanisme Antikythera berbentuk serangkaian roda gigi yang bekerja seperti jam mekanik, didukung dengan tiga tombol besar dan juga satu tombol kecil.

Perangkat ini bisa menampilkan secara visual fase bulan saat ini melalui perputaran bola setengah putih. Mekanisme Antikythera juga menunjukkan posisi matahari dan bulan di langit. Keren banget kan?

Siapa yang menciptakannya? Sayangnya hingga kini misteri tersebut masih belum dipecahkan.

3 dari 5 halaman

Apa itu Mekanisme Antikythera?

Apa itu Mekanisme AntikytheraApa itu Mekanisme Antikythera © 2021 Wikipedia

Sekilas mendengar istilah ini mungkin membuat kamu bertanya-tanya apa itu mekanisme antikythera? Sebagian dari kamu bisa saja berpikir bahwa ini adalah suatu mekanisme atau proses biologi, fisika atau kimiawi di alam. Padahal, bukan.

Melansir Britannica, mekanisme antikythera adalah perangkat mekanik Yunani kuno yang digunakan untuk menghitung dan menampilkan informasi tentang fenomena astronomi. Mekanisme antikythera ditemukan lebih dari satu abad yang lalu atau tepatnya pada tahun 1901, berada di bangkai kapal dagang yang tenggelam di abad ke-1 SM. Penamaannya sesuai dengan pulau tempat ditemukannya, yakni pulai Antikythera di laut Mediterania. Menurut guardian, kapal ini karam akibat badai saat melewati antara Kreta dan Peloponnese dalam perjalannya ke Roma dari Asia.

Kemungkinan mekanisme Antikythera dibuat pada tahun 100 SM dan memakan waktu hingga 30 tahun lamanya.

Sangat kuno sekali kan? Lalu setelah sekian lama, seperti apa sih wujud dari apa itu Mekanisme Antikythera?

 

4 dari 5 halaman

Apa itu Mekanisme AntikytheraApa itu Mekanisme Antikythera © 2021 Tony Freeth

Hyper Alleric menulis, para peneliti berushaa keras merekonstruksi seperti apa model kerja mekanisme yang udah berusia lebih dari 2000 tahun ini berdasarkan 82 fragmen perunggu yang masih bertahan selama ribuan tahun di dalam air. Selama 100 tahun terakhir, banyak usaha yang gagal menggabungkan pola astrologi dan mekanik dengan tampulan kosmos Yunani kuno Matahari,Bulan dan kelima planet yang dikenal di zaman tersebut.

Britannica menyebut, Mekanisme Antikythera dibuat dari lembaran perunggu. Awalnya sih benda ini akan dibuat seukuran kotak sepatu. Kasing pintunya dihiasi ukiran Yunani, berisi lebih dari 30 gigi roda perunggu yang terhubung ke dial dan pointer, diaktifkan oleh pegangan engkol.

Dipercayai bahwa poros yang diputar dengan tangan (sekarang hilang) dihubungkan oleh roda gigi utama ke roda gigi utama, yang menggerakkan kereta roda gigi selanjutnya, dengan setiap putaran roda gigi utama sesuai dengan satu tahun matahari.

Para peneliti juga harus menguraikan ukiran di bagian depan dan belakang perangkat yang ditempatkan di kotak kayu. Ukiran tersebut menentukan peristiwa dan prediksi perilaku lima planet, Merkurius, Venus, Mars, Juputer dan juga Saturnus. Lalu ada juga perhitungan yang dirancang untuk menyesuikan hubungan periode planet dengan orbitnya dengan mengkalibrasi mekanisme roda gigi.

5 dari 5 halaman

Apa Fungsi dari Mekanisme Antikythera ini?

Apa itu Mekanisme AntikytheraApa itu Mekanisme Antikythera © 2021 Weekend Wayfarers

Dari fungsi tersebut, ada kemungkinan bahwa perangkat ini digunakan sebagai kalender dengan tujuan:

  • Penentuan hari dan bulan, seperti halnya penggunaan zodiak di masyarakat Babilonia
  • Penentuan bulan
  • Penentuan gerhana matahari dan bulan
  • Penentuan digelarnya pesta olahraga antar masyarkat Yunani atau yang kini dikenal dengan olimpiade.

Nah, dari hasil studi terhadap catatan astronomi kuno, matematika kompleks dan bagian-bagian dari apa itu mekanisme Antikythera yang direkayasa dengan tepat, peneliti mulai mendapati bentuk model kerja yang mereplikasi fungsi komputer pertama. Wah, canggih juga ya!

Eits, tunggu dulu. Percobaan yang dilakukan menggunakan satu set nested, poros berongga yang kemungkinan merupakan model rotasi langit dan saling terkait, peneliti sih masih nggak yakin orang Yunani Kuno punya kapasitas untuk membuat perangkat keras seperti tersebut.

Namun terlepas dari itu semua, model kerja dari mekanisme Antikythera dengan model kerjanya yang kompleks dan tergrafmentasi adalah sesuatu yangs angat mengesankan!

Join Diadona.id