Arti Warna dalam Filosofi, Psikologi dan Desain, Mana Favoritmu?

D-Stories | Rabu, 21 April 2021 16:53

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Arti warna biru yang tenang, hiaju yang sejuk dan merah yang berenergi ternyata merupakan perpaduan dari psikologi dan biologis kita yang terbentuk sejak lama.

Arti warna menurut seseorang mencangkup tentang respon psikologis dan juga sisi biologis manusia. Apa artinya? Bahwa ketika kita melihat suatu warna, warna-warna tersebut bisa ngasih kesan perasaan akan sesuatu. Misalnya, kenapa warna biru langit dan hijau rumput terasa menenangkan, atau warna kuning dan merah membangkitkan air ludah.

Karena, dikutip dari 99 Designs, ada keseluruhan sains dan juga seni dalam arti warna. Dan bila kamu adalah seorang desainer atau pengusaha yang ingin memberikan kesan tertentu untuk produk dan jasamu, penting banget untuk tahu arti warna dan memanfaatkan kekuatan magis dari warna-warna itu.

Tapi, dari mana sih arti warna itu berasal?

Hubungan antara wanra dan objek atau emosi sebenarnya berasald ari pengkondisian biologis selama jutaan tahun. Selain itu, arti warna juga berasal dari efek psikologis, kondisi biologis, dan perkembangan budaya. Dan beberapa arti warna itu mengakar kuat di dalam pikiran kita karena terlihat seperti apa yag ada di sekitar kita. Misalnya, merah dikaitkan dengan warna api yang hangat sementara warna hijau bikin adem karena dikaitkan dengan alam.

Selain itu, arti warna juga dipengaruhi oleh :

Perbedaan Budaya

Di China, arti warna merah adalah keberuntungan. Beda dengan Afrika Selata yang menjadikan simbol warna ini sebagai warna berduka. Duka dan kesedihan disimbolkan dengan warna hitam di negara barat, sedangkan di Asia Timur, ini disimbolkan dengan warna putih.

Waktu

Dulunya, merah dianggap sebagai warna maskulin sementara biru adalah simbol feminim.

Selain kedua hal tersebut, arti warna juga dipengaruhi oleh nuansa dan corak serta kombinasi pada warna itu sendiri.

Sekarang, yuk kita cari tahu apa arti warna warna itu di ulasan Diadona berikut:

Arti Warna dalam Filosofi, Psikologi dan Desain, Mana Favoritmu?
2 dari 6 halaman

Arti Warna Biru

Arti WarnaArti Warna © 2021 TOMOKO UJI on Unsplash

Melihat warna biru bisa membuat tenang dan juga tentram. Arti warna ini juga berkaita dengan tanggung jawab dan juga kecerdasan. Bila biru muda adalah lambang kedamaian, biru tua lebih membawa sifat kedalaman dan juga kekuatan.

Penggunaan warna biru tua dalam suatu perusahaan menguatkan image sebagai perusahaan terpercaya, dan biasanya dikombinasikan dengan warna abu-abu tua. Dan ini bisa kita lihat dari lambang perusahaan perbankan seperti BCA, BRI, Mandiri hingga Bank Indonesia.

3 dari 6 halaman

Arti Warna Kuning

Arti WarnaArti Warna © 2021 Sergey Shmidt on Unsplash

Arti warna kuning yang ceria, awet muda dan penuh harapan dihubungkan dengan warna matahari. Warna ini juga menarik perhatian, makanya digunakan untuk menandakan sesuatu yang memerlukan kehati-hatian seperti tanda peringatan.

Secara psikologis, arti warna ini adalah menarik perhatian sehingga sering dipakai untuk mereka yang ingin tampil menyolok dibandingkan yang lainnya. Dan karena dikaitkan dengan warna matahari yang alami, warna kuning dipercaya bisa merangsang aktivitas dan juga mental. Warna kuning membantu mengaktifkan daya ingat, mendorong komunikasi, meningkatkan penglihatan, membangun kepercayaan diri, dan merangsang sistem saraf.

Penggunaan warna ini dalam logo Mc'Donald udah berhasil menanamkan arti warna kuning di otak kita sebagai warna makanan cepat saji. Warna ini juga sering dikaitkan dengan produk anak-anak karena menarik perhatian mereka.

4 dari 6 halaman

Arti Warna Merah

Arti WarnaArti Warna © 2021 Roksolana Zasiadko on Unsplash

Arti warna merah adalah energi, keberanian, gairah dan juga cinta.

Warna merah adalah warna intens yang dikemas dengan emosi mulai dari cinta yang penuh gairah hingga kemarahan dan kekerasan. Penelitian menunjukkan kalau warn amerah ini menciptakan efek fisik seperti peningkatan tekanan darah, libido, ritme napas, peningkatan metabolisme, hingga kepercayaan diri.

Saat kita melihat warna merah, otak kita akan merekonstruksi suatu kekuatan dan juga bahaya. Coba deh inget-inget gimana saat kita melihat tanda merah di lampu rambu-rambu lalu lintas atau mobil pemadam kebakaran.

Di banyak negara di dunia, arti warna merah berbeda beda. Misalnya di China yang menjadi lambang keberuntungan, sementara warna ini adalah pertanda duka di Afrika Selatan. Rusia mengaitkan warna merah dengan komunisme karena dalam sejarah digunakan bendera merah saat menggulingkan tsar.

5 dari 6 halaman

Arti Warna Hijau

Arti WarnaArti Warna © 2021 Andrew Coelho on Unsplash

Secara universal, arti warna hijau memiliki hubungan dengan kaitannya ada alam, rumut, tanaman. Warna ini juga merupakan simbol dari pertumbuhan dan pembaruan. 'Jalan terus' pada warna hijau di rambu-rambu lalu lintas mungkin juga dikaitkan dengan ini ya!

Warna hijau dipercaya punya kekuatan 'healing' dan dianggap sebagai warna yang paling menenangkan di mata manusia.

6 dari 6 halaman

Arti Warna Hitam

Arti WarnaArti Warna © 2021 Tyler Lastovich from Pexels

Sebagian dari kita akan mengartikan warna hitam sebagai warna duka. Namun, mungkin itu ada karena warna ini dikaitkan dengan kekuatan, ketakutan, misteri, keanggunan, formalitas, kejahatan, dan agresi, sampai kecanggihan. Namun dalam desain, hitam adalah warna yang elegan, formal dan juga bergengsi.

Atas dasar arti warna itulah Channel dan Dior menggunakan gaya logo htam dan putih ikoniknya. Dan mungkin itulah alasan mengapa Make Over menggunakan warna ini yakni untuk segmentasi psikografis dengan brand dalam perusahaan yang sama, yakni Wardah dan Emina.

Mengetahui tentang arti warna ternyata sangat menarik ya! Gimana menurut kamu?

Join Diadona.id