Banjir Bandang Terjadi di Batu Jawa Timur, Satu Orang Dikabarkan Hilang

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 4 November 2021 19:37
Banjir Bandang Terjadi di Batu Jawa Timur, Satu Orang Dikabarkan Hilang
Peristiwa ini terjadi saat hujan lebat mengguyur kota itu.

Banjir bandang menerjang Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur hingga Kamis (4/11) sore. Pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat banjir terjadi di dua titik sejak pukul 15:15 WIB.

1 dari 6 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by INFO MALANG RAYA & Sekitarnya (@malangrayanews)

 

Detik-detik mencekam banjir Kota Batu terekam melalui kamera ponsel warganet. Seperti pada unggahan akun media sosial Instagram @malangrayanews.

"BANJIR BATU SORE INI LUR !!! Semoga tidak ada korban jiwa yang ada di Kota Batu dan Sekitar," tulis akun tersebut dikutip SuaraMalang.id, Kamis.

2 dari 6 halaman

Dalam video yang beredar tersebut, tampak banjir menerjng pemukiman wagr bersama dengan lumpur dan material lain yang terbawa. Derasnya banjir yang menerjang membuat beberapa bangunan rusak, dan sebagian pohon tumbang di seklilingnya.

3 dari 6 halaman

Banjir Bandang Batu © Diadona

Kasi Kedaruratan BPBD Jawa Timur, Satriyo Nurseno mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan korban dan dampak yang ditimbulkan akibat banjir bandang tersebut. Banjir sendiri terjadi sejak Rabu (3/11).

" Pada hari Kamis, 4 November 2021 pukul 15.15 WIB telah terjadi banjir di Desa Sumberbrantas RT 2 RW 2, dan Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Dampak masih dalam pendataan," kata dalam keterangan tertulis, seperti dikutip dari laman Kompas.com, Kamis (4/11).

4 dari 6 halaman

Lebih lanjut, Satriyo menyampaikan banjir bandang setinggi satu meter tersebut disebabkan oleh intensitas hujan tinggi yang mengguyur beberapa daerah di Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir.

" Penyebab banjir karena hujan intensitas tinggi. perkembangan akan kami sampaikan selanjutnya," ujarnya.

5 dari 6 halaman

Banjir Bandang Batu © Diadona

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan tim masih bekerja di lapangan mengevakuasi dan penanganan awal terhadap banjir bandang ini. Agung menambahkan, hingga saat ini tercatat satu orang hilang saat banjir melanda sore ini.

" Kami masih di lapangan, fokus evakuasi pencarian seorang warga hilang. Jadi belum ada informasi lebih lanjut yang bisa kami sampaikan," kata Agung.

Beri Komentar