Bekerja Jadi Sopir Taksi Online, Bapak Ini Berhasil Kuliahkan Anaknya Hingga S2 di Amerika

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 25 Januari 2022 08:03
Bekerja Jadi Sopir Taksi Online, Bapak Ini Berhasil Kuliahkan Anaknya Hingga S2 di Amerika
Sang anak, berharap bisa membawa kedua orang tuanya datang ke wisudanya.

Nasib seseorang tidak ada yang tahu. Bahkan, meski orangtua hanya bekerja sebagai sopir, tak ada satupun orang yang tahu kehidupan di masa depan. Nah, hal inilah yang dialami oleh pria bernama Ilham Nugraha yang merupakan anak sopir taksi online di Bandung, Jawa Barat.

Mengutip dari kanal YouTube VOA Indonesia, Ilham kini kuliah S2 di Universitas Cornell, Amerika Serikat. Bahkan, anak dari sopir taksi online tersebut dikabarkan akan lulus pada 2023 mendatang dan berharap kedua orang tuanya bisa datang ke Negeri Paman Sam itu.

1 dari 7 halaman

Kisah Bapak Sopir Taksi Online Kuliahkan Anaknya Hingga S2 © Diadona

Diketahui, kisah Ilham pertama kali dibagikan pria bernama Taofik Rifai di akun Twitter pribadinya yang diunggah pada Minggu (9/1/2022). Di postingan itu, Taofik merupakan penumpang di taksi online yang dikemudikan oleh ayah Ilham.

" Bapak pengemudi @GrabID ini bercerita begitu bangganya anaknya sedang berkuliah di Cornell University USA @Cornell dengan beasiswa @LPDP_RI. Sang anak sedang mengumpulkan uang untuk nanti menerbangkan bapak ibunya ke USA ketika wisuda," bunyi keterangan postingan.

2 dari 7 halaman

Kisah Bapak Sopir Taksi Online Kuliahkan Anaknya Hingga S2 © Diadona

Begitulah keterangan Taufik yang kemudian viral di Twitter hingga diliput oleh VOA Indonesia. Di video yang telah diunggah pada Jumat (21/1/2022), sang ayah mengungkapkan kebanggaannya melihat putra kesayangannya kuliah di luar negeri.

Dari video itu memperlihatkan sang ayah menitikkan air mata lantaran tak mengira anaknya akan kuliah di Amerika Serikat. Pasalnya, ia hanya merupakan seorang sopir taksi online. Bahkan, dirinya juga sempat bekerja sebagai sopir taksi hotel.

3 dari 7 halaman

Kisah Bapak Sopir Taksi Online Kuliahkan Anaknya Hingga S2 © Diadona

Namun, nasib berkata lain. Sang anak mendapat beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP) dari pemerintah Republik Indonesia. Tidak hanya itu saja, Ilham juga ternyata merupakan alumni S1 Manajemen di SBM Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga kemudian mendapatkan beasiswa S2 di Universitas Cornell.

" Enggak kebayang. Yang penting anak saya bisa sekolah, kuliah. Ilham itu orangnya rajin, pintar dan dia tuh nurut sama orang tua. (Waktu itu) Ilham keluar (lulus) SMA, saya sudah pensiun. Aduh, gimana biayanya anak masih kecil, masih sekolah. Ya udahlah, saya daftar taksi online," ucap Iwan Setiawan sambil berurai air mata saat menceritakan kondisi keluarganya sebelum sang anak kuliah di luar negeri.

4 dari 7 halaman

Kendati demikian, meski hanya seorang sopir taksi online dan juga pernah menjadi sopir hotel, Iwan ternyata berhasil mendidik anaknya hingga kuliah di ITB dan mendapat beasiswa S2 di Amerika Serikat. Di sisi lain, Ilham juga akan menyelesaikan studinya pada 2023 mendatang dan berharap bisa membawa kedua orang tuanya datang ke wisudanya.

5 dari 7 halaman

Kisah Bapak Sopir Taksi Online Kuliahkan Anaknya Hingga S2 © Diadona

Di samping itu, Ilham juga terang-terangan bahwa dirinya sangat bangga kepada sang ayah. Walau hanya sopir taksi online, ia sangat bersyukur memiliki ayah seperti Iwan Setiawan. Bahkan, tak ada sedikit pun rasa malu baginya mempunyai ayah seorang sopir taksi online.

" Yang dulunya sopir, sekarang sopir lagi. Bukan hal yang memalukan atau menyedihkan, enggak. Saya justru senang dan bangga. Satu, karena ayah saya memang berjuang untuk keluarga dan berusaha memberikan yang terbaik," ucap Ilham.

6 dari 7 halaman

 

Kini, kisah inspiratif Ilham yang merupakan anak sopir taksi online ramai diperbincangkan publik Tanah Air. Bahkan, banyak yang bangga kepada sang ayah dan Ilham karena diberi rezeki hingga bisa sekolah di luar negeri.

" Beruntung banget nih ilham, diberi kecerdasan, gue yakin dia bakal sukses dan banggain orang tua, semoga saya juga bisa, banggain orang tua walaupun sangat sulit sekali dengan keadaan yang ada," tulis @Gatetsu Sama.

" Alhamdulillah Beruntung sekali Pak punya anak yang membanggakan dan mengangkat derajat orang tuanya. Mudah-mudahan anak-anak lain bisa termotivasi dengan kesuksesan Ilham," sahut @Sulis Tiarini.

" Terharu luar biasa semangat anak ini menjadi orang sukses walau di ujung sana," timpal @Revie.

Beri Komentar