Berjuang Tanpa Menyerah, Perempuan ini Akhirnya Melahirkan Anak Pertamanya di Usia 70 Tahun

D-Stories | Minggu, 24 Oktober 2021 18:51

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Kejadian langka ini terjadi India.

Baru-baru ini, seorang perempuan berusia 70 tahun melahirkan bayi laki-laki di India. Bayi tersebut lahir melalui program bayi tabung.

Melansir dari India.com, perempuan ini memang tidak memiliki kartu identitas untuk membuktikan usianya. Namun ia bisa memastikan jika usianya sudah mencapai 70 tahun. Dan jika hal ini bisa dibuktikan dengan melihat kartu identitas, maka ia akan menjadi salah satu ia'ibu baru' yang tertua di dunia.

Berjuang Tanpa Menyerah, Perempuan ini Akhirnya Melahirkan Anak Pertamanya di Usia 70 Tahun
2 dari 6 halaman

Mengutip dari Times of India, pasangan ini telah menikah selama 45 tahun. Rabari dan suaminya yang bernama Maldhari (75) sebenarnya menginginkan keturunan selama bertahun-tahun, tapi tak kunjung mendapatkan.

"Ketika mereka pertama kali datang, kami memberi tahu mereka bahwa mereka tidak dapat memiliki anak di usia yang begitu tua, tapi mereka bersikeras. Mereka mengatakan bahwa banyak anggota keluarga mereka melakukannya juga. Ini adalah salah satu kasus paling langka yang pernah saya temukan," ujar dokter Naresh Bhanushali yang menangani pasangan ini.

3 dari 6 halaman

Dokter Naresh mengaku bahwa proses ini sangat menantang karena ada faktor usia dan faktor lain yang tidak bisa diabaikan. Namun ia akhirnya membuat siklus menstruasi secara teratur dengan meresepkan obat-obatan oral.

Pihak dokter bahkan juga melakukan tindakan untuk melebarkan rahim Rabari yang sudah menyusut karena usia. "Kami membuahi sel telurnya dan menciptakan blastokista dan memindahkannya ke rahim," ujarnya.

Saat usia kandungan sudah mencapai delapan bulan, para dokter melakukan operasi caesar. Perempuan ini pun berhasil melahirkan bayi pertamanya dalam keadaan yang sehat.

4 dari 6 halaman

Kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya

Ilustrasi MelahirkanIlustrasi Melahirkan © Urshita Saini/Hindustantimes.com

Peristiwa yang dialami Rabari bukanlah yang pertama terjadi di India. Seorang perempuan bernama Daljinder Kaur juga pernah menjalani proses persalinan saat usianya 70 tahun.

Menjalani 50 tahun pernikahan bersama sang suami, Kaur akhirnya melahirkan anak pertamanya tahun 2016 silam. Sebelumnya, ia bahkan pernah menjalani dua tahun perawatan bayi tabung dan dua kali gagal.

5 dari 6 halaman

"Saya merasa diberkati untuk dapat menggendong bayi saya sendiri. Saya telah kehilangan harapan untuk jadi seorang ibu," ujar Kaur, seperti melansir dari CBS News.

"Semua orang meminta saya mengadopsi bayi, tapi saya tak pernah mau. Saya memiliki keyakinan pada Yang Maha Kuasa, dan tahu bahwa saya akan melahirkan anak saya suatu hari nanti," ujarnya kepada Times of India.

Join Diadona.id