Bermodus Amankan Ketertiban, Oknum Dinas Sosial Ini Malah Rampas Uang Pengemis

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 20 Oktober 2020 15:03
Bermodus Amankan Ketertiban, Oknum Dinas Sosial Ini Malah Rampas Uang Pengemis
Kok tega banget gitu sih?

Sebuah video yang diunggah seorang youtuber bernama Ferry Kesuma menjadi viral. Pasalnya, dalam video tersebut mengisahkan seorang pengemis yang bercerita jika uangnya diambil oleh oknum yang diduga dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos) Kota Batam.


Kejadian tersebut terjadi di sebuah kawasan jalan raya tepatnya di jalan traffic light dekat kampus Universitas Internasional Batam (UIB) Baloi pada Minggu (18/10) sekira pukul 11.30 WIB.

1 dari 3 halaman

Viral Oknum Dinas Sosial di Batam Ambil Uang Pengemis © Diadona

Dalam video berdurasi sekitar 3 menit tersebut, disebutkan jika oknum yang diduga merupakan pihak Dinsos tersebut terdiri dari 3 orang. Mereka mengunakan mobil pelat merah dengan nomor polisi BP 1036 C.

“ Katanya untuk mengamankan para pengemis atau anak-anak jalanan, tapi uang saya diambilnya, saya tidak bohong pak,” ucap pengemis laki-laki yang mengaku uangnya diambil paksa oleh oknum Dinsos tersebut.

“ Saya baru saja ditangkap, katanya mau dibawa ke kantor, tapi uang saja diambil, saya tidak bisa melawan pak,” ungkap pria pengemis itu pada si youtuber.

2 dari 3 halaman

Kemudian, Ferry mencoba merekam wajah oknum petugas Dinas Sosial tersebut dan mencoba mengonfirmasi apa yang terjadi. Petugas Dinas Sosial itu pun terlihat tidak mau membuka masker dan balik bertanya.

Viral Oknum Dinas Sosial di Batam Ambil Uang Pengemis © Diadona

" Kenapa? Abang dari mana?" kata mereka.

Namun, oknum petugas Dinsos itu tidak mau menjawab dan malah buru-buru kabur.

" Jawaban oknum tersebut mau di bawa ke nongsa. lalu pengemis tersebut bilang bahwa setiap kali kalau mereka menangkapnya uang nya saja yang diambil dan pengemis tersebut diturunkan di jalan sepi," lanjut akun Ferry.

3 dari 3 halaman

Dalam video tersebut ada salah satu oknum anggota Satpol PP Batam. Hal itu pun dibenarkan Kabid Trantib Satpol PP Kota Batam, Imam Tohari. Ia menyebutkan, oknum tersebut merupakan bertugas di Dinsos Batam sebagai BKO. Segala tindak tanduk dan tanggungjawab berada di Dinsos Batam.

" Terkait tugasnya di bawah dinsos, coba konfirmasi ke dinsos Batam," kata Iman seperti dikutip dari laman Kepripedia (20/10).

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait video tersebut, pihak Dinsos Kota Batam mengaku masih mengumpulkan informasi.

" Masih kita selidiki, nanti diinfokan," jawab Kadinsos Kota Batam, Hasyimah.

Wah, gimana nih menurut kamu? 

Beri Komentar