Blak-blakan, Ruben Onsu Pernah Ancam Usir Betrand Peto karena Gak Nurut

D-Stories | Senin, 19 April 2021 20:28
Blak-blakan, Ruben Onsu Pernah Ancam Usir Betrand Peto karena Gak Nurut

Reporter : Firstyo M.d.

Perbincangan Ruben Onsu dengan Mama Vivi, ibu kandung Betrand Peto.

Baru-baru ini, Mama Vivi, ibu kandung Betrand Peto menjadi sorotan. Pasalnya, ia sempat mengeluhkan perlakuan keluarga Ruben Onsu yang dirasa membeda-bedakan.

Meluruskan hal tersebut, Ruben Onsu pun mengajak Mama Vivi untuk berbicara empat mata dengannya. Sebagian isi pembicaraan direkam dalam unggahan podcast terbaru di kanal YouTube The Onsu Family.

2 dari 5 halaman

Tidak Membeda-bedakan

 Ruben Onsu dan Mama ViviRuben Onsu dan Mama Vivi © youtube.com/The Onsu Family

Ruben Onsu mengaku tak pernah membeda-bedakan keluarga. Namun, ia hanya berusaha melindungi Betrand Peto yang rupanya memiliki sejumlah trauma masa lalu, yakni berkaitan dengan perpisahan Mama Vivi dengan suami terdahulunya.

" Sebenernya tidak ada yang membedakan, tapi ada beberapa hal yang sebenarnya anak kita ini punya sedikit trauma dengan kisahnya mama dan papa," tutur Ruben Onsu.

" Mungkin ini adalah emosi dari orang tua, tapi impact ke anak yang menerimanya itu berbeda-beda. Kalau Onyo ini saya menemukan, yang dia butuhka adalah (ditanya) " kamu udah makan nak?" , " kamu udah ini nak?" . Jiwanya sensitif," imbuh Ruben.

3 dari 5 halaman

Trauma Betrand Peto

Trauma itu terungkap setelah dalam beberapa obrolan Betrand Peto kerap menceritakan kejadian di masa lalu yang melibatkan papa dan mama kandungnya. Ruben Onsu selaku orang tua asuh pun memilih untuk jadi pendengar yang baik.

" Kalau ditanya saya nyaman nggak? Saya nggak nyaman karena bukan urusan saya, tapi ketika saya konsultasi ke psikolog saya harus cari tahu dulu asal muasal anak ini," ujar Ruben Onsu.

Salah satu trauma yang membekas pada diri Betrand Peto rupanya adalah terkait dengan bentakan. Anak yang akrab disapa Onyo itu memiliki jiwa sensitif yang tak bisa menerima bentakan.

" Anak ini nggak bisa dibentak dengan keras. Dia ceritakan semua nama-nama orang yang pernah membentak dia," terang Ruben Onsu.

4 dari 5 halaman

Ruben Onsu Pernah Ancam Usir Betrand Peto

 Ruben OnsuRuben Onsu © youtube.com/The Onsu Family

Mama Vivi sebagai orang tua kandung sempat merasa dibedakan oleh Keluarga Ruben Onsu karena pertemuan dengan Betrand Peto yang sangat jarang. Ruben pun menjelaskan alasan di balik terbatasnya waktu pertemuan Onyo dan keluarga kandungnya.

" Saya itu menjaga supaya anak saya ini tidak terusik (oleh trauma masa lalu). Anak saya ini anak kandung kalian yang saya urusin sebenarnya, bukan saya menjauhkan," ujar Ruben Onsu.

Dari sejumlah konsultasi, diketahui bahwa Betrand Peto memiliki kecenderungan untuk bersikap emosional.

" Traumanya Bertrand ini berbahaya. Kenapa? Dia bisa menjadi tipe pembenci, pemarah, tapi tugas saya dan istri saya menjadikan dia tidak membenci siapapun. Dia harus sayang dengan mamanya," tutur Ruben Onsu.

" Saya pernah bilang sama dia, kalau kamu tidak pernah nurut apa kata ayah, kamu pulang. Saya tidak mau punya anak yang durhaka dengan orang tuanya," pungkas Ruben Onsu.

5 dari 5 halaman

Apresiasi Mama Vivi

Sementara itu, Mama Vivi merasa bahwa salah satu penyebab ia merasa dibedakan adalah karena faktor kurangnya komunikasi. Ia pun mengapresiasi langkah Ruben Onsu untuk mengajaknya berbincang secara pribadi.

" Mungkin ada satu dan lain hal yang bikin kita kurang berkomunikasi dengan baik. Saya merasa berada di pihak yang kurang diperhatikan," ujar Mama Vivi.

" Tapi saya merasa senang karena sudah diajak ke sini untuk membicarakan ini dengan bapak (Ruben Onsu)," imbuhnya.

Join Diadona.id