Buat yang Mau Liburan ke Malioboro, Ada Aturan Baru nih yang Diterapkan

Reporter : Nasa
Jumat, 6 November 2020 10:25
Buat yang Mau Liburan ke Malioboro, Ada Aturan Baru nih yang Diterapkan
Yuk simak aturan barunya.

Belum lama ini otoritas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberlakukan aturan baru di kawasan wisata Malioboro. Mulai Senin (3/11) lalu, kendaraan bermotor sama sekali tak diperbolehkan melewati jalan Mailoboro.

Menurut info dari laman Merdeka (11/6) aturan tersebut akan berlaku sampai dengan Minggu (15/11) mendatang. Aturan baru tersebut ternyata adalah uji coba Miloboro sebagai kawasan pedestrian.

Terkait dengan aturan ini, Plt Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti menjelaskan jika Malioboro adalah bagian dari sumbu filosofi Yogyakarta. Ada rencana besar di balik penerapan regulasi baru ini.

Jadi nantinya, sumbu filosofi tersebut akan diajukan ke UNESCO untuk menjadi bagian dari world heritage.

"Penataan transportasi menjadi salah satu poin penting. Di mana kondisi sekarang kita semua tahu bahwa Malioboro merupakan pusat ekonomi di Kota Yogyakarta crowded, macet, sehingga perlu penanganan rekayasa dan manajemen lalu lintas," papar Made seperti dikutip dari laman Merdeka.

"Khusus untuk Jalan Malioboro kami hanya memperkenankan kendaraan tidak bermotor yang boleh melintas. Kecuali bus TransJogja kemudian untuk kepolisian, layanan kesehatan, pemadam kebakaran, dan kendaraan patroli," sambungnya.

1 dari 2 halaman

Jalan yang Masuk dalam Regulasi

Jalan Malioboro © Diadona

Sementara itu, di antara sejumlah jalan di sekitar Malioboro, berikut ini adalah yang masuk dalam penerapan aturan tersebut. Yakni mulai dari jalan Suryoutomo, jalan Mataram, kawasan Abu Bakar Ali, jalan Pembela Tanah Air, dan jalan Suprapto.

Kemudian untuk ruas jalan yang diterapkan giratori akan berlaku sampai dengan 24 jam. Sedang untuk Malioboro bebas kendaraan akan diberlakukan mulai jam 11.00 WIB hingga 22.00 WIB pada hari pertama.

" Untuk tanggal 3 itu kita mulai jam 11 tapi untuk seterusnya. Karena 2 pekan Insyaallah selain Malioboro (area giratori) diberlakukan 24 jam. Tapi di Malioboro setelah tanggal 3 mulai jam 6 pagi sampai jam 10 malam," tambah Made.

2 dari 2 halaman

Pejalan Kaki Juga Akan Diatur?

Lebih lanjut kemungkinan besar aturan tersebut tak hanya berlaku bagi pengguna kendaraan, tapi juga bagi pejalan kaki. Nantinya pejalan kaki dari arah selatan akan menggunakan pedestrian di sisi timur dan pejalan kaki dari arah utara akan menggunakan pedestrian di sisi barat.

Nah buat kamu yang berencana ke Malioboro jangan lupa simak aturannya baik-baik ya. Jangan sampai kalau pas di sana kamu jadi bingung sendiri.

Beri Komentar