Cara Memperpanjang SIM Online via Aplikasi Digital Korlantas, Termasuk Tes Kesehatan dan Psikologi

D-Stories | Kamis, 19 Agustus 2021 15:29

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cara memperpanjang SIM online memungkinkan kamu untuk memilih lokasi faskes tes kesehatan dan melakukan tes psikologi secara online. SIM yan sudah diperpanjang akan dikirim via Pos Indonesia.

Cara memperpanjang SIM secara online memang terkesan sedikit ribet dan bikin pusing kalau cuman dipikirin, tapi sebenarnya ini adalah solusi jitu untuk kamu yang sedang berada di luar kota, tak punya banyak waktu karena harus bekerja atau ingin meminimalisir kegiatan di luar rumah di kondisi pandemi. Dengan memperpanjang SIM secara online, semua prosedur perpanjangan bisa kamu lakukan cuman modal ponsel berkuota, biaya perpanjangan seperti biasa dan SIM baru kamu akan dikirim ke alamt rumahmu.

Seperti apa sih caranya? Yuk pantengin tulisan Diadona berikut ya!

Cara Memperpanjang SIM Online via Aplikasi Digital Korlantas, Termasuk Tes Kesehatan dan Psikologi
2 dari 5 halaman

Cara Memperpanjang SIM Online

Cara Memperpanjang SIM OnlineCara Memperpanjang SIM Online © 2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Hal pertama banget yang harus kamu lakukan sebagai cara memperpanjang SIM online adalah mendownload aplikasi Digital Korlantas di Play Store atau App Store.

Setelah terunduh, lakukan registrasi dengan memasukkan nomor ponsel dan alamat email. Jangan lupa verifikasi ya!

Selanjutnya kamu akan menerima kode OTP dari nomor ponsel yang kamu daftarkan. Cara memperpanjang SIM online berikutnya yakni dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan beserta dengan nama sesuai dengan KTP, alamat dan data lainnya.

Agar tak panik, pastikan dulu kamu sudah menyiapkan berbagai dokumen pendukung diantaranya:

  • Foto fisik e-KTP
  • Foto fisik SIM
  • Foto tanda tangan di atas kertas putih
  • Pas foto dengan latar belakang biru dengan resolusi 480 x 649 pixel, nggak memakai kacamata. Kalau kamu menggunakan hijab, nggak boleh berwrana biru dan nggak nggak menggunakan penutup kepala seperti topi ataupun peci.
3 dari 5 halaman

Tes Kesehatan pada Website eRikkes

Cara Memperpanjang SIM OnlineCara Memperpanjang SIM Online © 2021 merdeka.com/ Iqbal S Nugroho

Untuk tes kesehatan,kamu akan diarahkan menggunakan aplikasi atau website eRikkes. Mungkin kamu nggak akan menemukan aplikasi ini di Play Store atau GoogleStore. Solusinya, kamu tinggal klik link eRikkes di bagian depan aplikasi Digital Korlantas, selanjutnya kamu akan diarahkan untuk instalasi aplikasinya.

Nah sayangnya nih ini bukan tes kesehatan online, namun memudahkan kamu mendaftarkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan surat keterangan sehat guna perpanjangan SIM

Setelah terinstal, kamu akan diminta log in atau melakukan pendaftaran akun di halaman awal e-Rikkes SIM. Pendaftaran dilakukan dengan memasukkan data berikut:

  • nama
  • nomor NIK
  • nomor ponsel
  • email
  • kata sandi
  • konfirmasi kata sandi
  • foto selfie untuk konfirmasi

Jangan lupa masuk ke email yang kamu daftarkan untuk melakukan verifikasi ya!

Di aplikasi eRikkes, kamu juga akan diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan kondisi serta riwayat kesehatan kamu. Selanjutnya kamu akan diminta memilih lokasi fasilitas kesehatan sesuai dengan lokasi. Pilih dokter dan jadwal pemeriksaan. Trus kamu akan mendapatkan kode booking yang harus kamu tunjukkan saat kunjung ke dokter.

Pemeriksaan kesehatan mencangkup berat badan, tinggi badan, kesehatan mata, golongan darah dan data kesehatan lainnya. Setelah melakukan pemeriksaan, kamu harus melakukan pembayaran dengan nominal sekitar Rp. 30.000 saja.

Hasil pemeriksaan kesehatan akan terkirim lewat email dan secara otomatis akan terkoneksi dengan aplikasi Digital Korlantas.

4 dari 5 halaman

Tes Psikologi di Aplikasi EpPsi

Tes psikologi juga bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi e-PPPsi SIM di layanan SINAR atau di halaman awal aplikasi Digital Korlantas. Sama halnya dengan tes kesehatan, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan data berupa nama, Nomor Induk Kependudukan, hingga foto selfie untuk mengkonfirmasi bahwa benar kamu yang melakukan tes.

Lalu kamu akan diminta melakukan pembayaran terlebih dahulu melalui tranfer bank dengan nominal sekitar Rp. 27.500.

Tes psikologi sebagai cara perpanjangan sIM online ini dilakuakn dengan soal-soal yang udah terakreditasi Biro Psikologi - SSDM Polri. Kalau kamu berhasil menyelesaikan tes, hasil tes akan dikirim secara otomatis di apliaksi perpanjang SIM. Bagaimana kalau tidak lolos? Maka kamu akan diminta melakukan konseling secara online.

Setelah semua persyaratan untuk cara memperpanjang SIM online terpenuhi, kamu akan diminta memasukkan lokasi SATPAS. Langkah selanjutnya adalah mencantumkan rekening pengembalian dana bila pengajuan SIM kamu ditolak.

Lalu kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengisi data alamat dan nomor telpon pengiriman SIM yang sudah diperpanjang.

5 dari 5 halaman

Biaya dan Pembayaran Perpanjangan SIM Online

Cara Memperpanjang SIM OnlineCara Memperpanjang SIM Online © 2021 liputan6.com/ Johan Tallo

Perihal biaya, cara perpanjangan SIM online nggak membuat kamu merogoh kocek terlalu dalam kok. Seperti ini nih rincian biaya berdasarkan pengalaman mimin beberapa waktu yang lalu:

  • Tes psikologi : Rp. 27.500
  • Tes kesehatan : Rp. 35.000
  • Perpanjangan SIM dan biaya pengiriman : Rp. 120.000

Dengan demikain total baya cara memperpanjang SIM secara online sekitar Rp. 200.000. Murah dan mudah banget kan?

Pembayaran tersebut dilakukan via BNI Virtual Account atau m-banking BNI. Tapi gimana kalau kamu nggak memiliki rekening di bank tersebut?

Caranya sama saja kok yakni seperti pembayaran virtual akun lainnya, baik melalui m-banking atau dengan transfer lewat ATM.

Cara memperpanjang SIM via online adalah solusi tepat untuk kamu yang sibuk dan ogah antri mengurus perpanjangan SIM secara konvensional. Apalagi kondisi pandemi seperti ini mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan keluar rumah, kan?

 

Join Diadona.id