5 Cara Mencari NIK Berdasarkan Nama, Bisa Nggak sih?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 25 Oktober 2021 03:10
5 Cara Mencari NIK Berdasarkan Nama, Bisa Nggak sih?
Kadang kita lupa dengan NIK kita dan nggak membawa KTP untuk mengeceknya. Tapi bisa kok cara mencari NIK berdasarkan nama seperti pada artinya berikut.

NIK atau Nomor Induk Penduduk adalah nomor unik dan penting yang merupakan menjadi identitas kita sebagai WNI. Karena angkanya yang panjang dan mungkin susah dihapal sedangkan diperlukan untuk berbagai keperluan, sebagian orang tidak mengingatnya. Lalu ada nggak sih cara mencari NIK berdasarkan nama?

NIK biasanya diperlukan untuk mendaftar di pekerjaan, ikut serta dalam pemilu, membuka rekening bank, hingga kepengurusan pernikahan. Kadang kita bisa aja membuka KTP, nggak hapal dengan NIK tapi harus segera mengetahuinya.

Tenang aja, saat ini ada cara untuk mencari NIK berdasarkan nama dan informasi lainnya yang bisa kamu lakukan secara daring atau telpon tanpa harus datang ke Dispendukcapil. Yuk ikuti langkah berikut ini:

1 dari 5 halaman

Cara Mencari NIK

Waspada Peretasan WhatsApp, Langkah Pengamanan Ini yang Bisa Kamu Lakukan © Diadona

Ada beragam cara mencari NIK berdasarkan informasi lainnya yang bisa kamu lakukan baik secara daring atau layanan telpon dan sms.

Melalui SMS/Whatsapp

Kamu bisa melakukan cara mencari NIK berdasarkan informasi yang dimiliki cuman dengan bermodal handphone dan pulsa doang. Caranya, cukup kirimkan format SMS : Cek#KTP#NIK, lalu kirimkan ke 0815-3636-9999.

Cara mencari NIK berdasarkan langkah berikut mungkin akan memakan banyak waktu untuk mendapatkan balasan.

Nggak punya pulsa? Oh tenang aja, kamu juga bisa mencarinya dengan whatsapp kok. Kamu bisa mengirimkan pesan melalui whatsapp ke nomor 0813-2691-2479 dengan format nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota.

Cara mencari NIK berdasarkan cara ini mungkin juga akan memakan waktu beberapa saat.

 

2 dari 5 halaman

Cara Mencari NIK secara Online melalui FB dan Twitter

Kamu juga bisa menggunakan akun sosial media seperti facebook dan titter untuk mencari NIK kamu. Caranya, dengan mengubungi akun resmi dari Dukcapill yang asli. Akun facebook resmi dari Dukcapil adalah 'Halo Dukcapil' sedangkan untuk akun twitter yang resmi adalah @ccdukcapil

Gimana formatnya? Kamu bisa menghubungi melalui personal chat pada kedua media sosial itu dan melakukan cara mencari NIK berdasarkan format berikut: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

 

 

3 dari 5 halaman

Cara Mencari NIK Melalui Call Center Dukcapil

Kalau cara mencari NIK berdasarkan cara-cara tersebut di atas tak kunjung mendapatkan balasan, kamu bisa menghubungi Call Center Halo Dukcapil dengan menelpon di hotline di nomor 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri. Bila diterima, kamu bisa mendapatkan NIK kamu dengan segera.

Tentu aja ada persayaratan yang harus dipenuhi, kamu nggak bisa mendapatkan NIK kamu hanya dengan bermodalkan nama. Biasanya, kamu akan diminta menyebutkan nomor KK agar petugas bisa mengkonfirmasi data yang ditanyakan.

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Mencari NIK melalui Email

Selain itu, cara mencari NIK juga bissa kaju lakukan dengan mengirimkan email ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Isi badan email dengan format yang ditentukan, yakni:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

Sayangnya, cara mencari NIK dengan proses ini nggak akan mendapatkan jawaban secara instan.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama

Cara Mengurus KTP Hilang © Diadona

Lalu ada nggak sih cara mencari NIK berdasarkan nama saja? Sayangnya, dan untungnya, hal ini belum bisa. Mengingat data berupa NIK dan nama seseorang sangat penting, maka perlidungan terhadap akses ini juga harus dijadikan perhatian.

Tapi kamu tetap bisa kok melakukan cara mencari NIK dengan langkah-langkah yang udah Diadona jelaskan di atas, tentu saja kamu juga harus punya data pendukungnya untuk konfirmasi permintaan dan identitas kamu.

Cara mencari NIK berdasarkan cara di atas semoga bisa membantu kamu mendapatkan informasi terkait dengan identitas kamu ya! Ingat, jangan mencoba mencari data orang lain apalagi untuk disalahgunakan!

Beri Komentar