Ciri-Ciri Homo Sapiens Berdasarkan Fisik, Tempat Tinggal dan Cara Bertahan Hidup

D-Stories | Senin, 1 Maret 2021 09:11

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Ciri-ciri Homo sapiens secara fisik tak jauh berbeda dengan kita, para manusia modern.

Ciri-ciri homo sapiens sama dengan kita ini, yakni manusia modern. Yup, homo sapiens merupakan spesies semua manusia yang hidup di hari ini. Tak banyak yang berubah, kecuali budaya, penggunaan teknologi dan lokasi tempat tinggal yang berbeda.

Dikutip dari Australian Museum, fosil dari homo sapiens awal ini ditemukan di Afrika. Lalu Homo sapiens yang lebih modern ditemukan di Afrika dan banyak situs lain di seluruh dunia dengan usia fosil kira-kira 150 sampai 40 ribu tahun yang lalu.

Berkaitan dengan teori revolusi, dari ciri-ciri Homo sapiens ini menunjukkan mereka berevolusi di Afrika dengan Homo heidelbergensis, yakni manusia purba yang diperkirakan punya tinggi sekitar 180 sentimeter, dengan kapasitas otak 1.250 sentimeter kubik, sekitar 1.9 % dari berat badan. Homo sapiens juga kemungkinan hidup berdampingan dengan spesies Neanderthal, dan mungkin dengan Homo erectus di Asia dan Homo floresiensis di Indonesia. Dan dibandingkan dengan spesies lainnya, Homo sapiens merupakan satu-satunya spesies manusia yang masih hidup.

Lebih lanjut mengenai manusia purba ini dan ciri-ciri Homo sapiens, yuk pantengin dulu artikel Diadona yang dikumpulkan dari berbagai smber berikut ini

Ciri-Ciri Homo Sapiens Berdasarkan Fisik, Tempat Tinggal dan Cara Bertahan Hidup
2 dari 4 halaman

Ciri-ciri Manusia Purba Homo Sapiens dari Segi Fisik

Ciri-Ciri Homo sapiensCiri-Ciri Homo sapiens © 2021 sapiens.org

Masih dari Australian Museum, berikut ciri-ciri Homo sapiens yang utama berdasarkan fisik mereka:

Ukuran dan Bentuk Tubuh

Punya tubuh dengan batang pendek, ramping dan juga kaki yang panjang. Prosporsi tubuh yang demikian ini kemungkinan merupakan adaptasi untuk bertahan hidup di daerah tropis. Ciri-ciri Homo sapiens juga menunjukkan badan yang semakin kekar di lingkungan yang dingin. Ini terjadi sebagai bentuk adaptasi tubuh untuk mempertahankan panas.

Sementara itu, ciri-ciri Homo sapiens modern rata-rata punya tinggi badan sekitar 160 sentimeter pada wanita dan 175 sentimeter untuk pria.

Tengkorak

Nggak seperti spesies homo lainnya, ciri-ciri Homo sapiens pada otak ditunjukkan dengan bagian tempurung yang paling lebar di bagian atas.

Trus bagian belakang tengkorak membulat dan menandakan berkurangnya otot leher. Ukuran wajah lebih kecil, tulang hidung jug alebih menojol. Lalu ada tonjolan alis dan dahi yang tinggi serta rongga mata berbentuk bukan bulat melainkan persegi.

Otak

Ciri-ciri Homo sapiens saat ini memiliki volume otak skeitar 1.350 sentimeter kubik atau skeitar 2.2 % dari berat tubuh. Sedangkan pada spesies Homo sapiens awal, ukuran otaknya lebih besar yaitu hampir skeitar 1.500 cmkubik

Rahang dan Gigi

Ciri-ciri Homo sapiens yaitu punya wajah yang hampir vertikal karena rahang yang pendek. Ini juga mempengaruhi susunan gigi di dalam rahang. Susunan gigi kita berbentuk seperti parabola di mana barisan samping gigi melebar ke luar alih-alih sejajar seperti nenek moyang kita yang paling awal berahang.

Dan spesies ini merupakan satu-satunya yang punya dagu yang menojol dengan rahan yang ringan. Kemungkinan, ini berfungsi untuk menambah kekuatan.

Ciri-ciri Homo sapiens memiliki ukuran gigi yang lebih kecil dibanding dengan spesies sebelumnya, terutama pada gigi seri depan dan gigi taring.

Panggul dan Anggota Badan

Dibandingkan dengan spesies sebelumnya, ciri-ciri Homo sapiens memiliki tulang tungkai yang lebih tipis dan kuat. Bagian otot juga mengalami penurunan. Trus panggul lebih sempit dari sisike sisi dan bentuk tulang mangkuk yang lebih dalam dari depan ke belakang.

Lengan tangan lebih pendek ketimbang panjang kaki. Trus tuang jari tangan dan kaki yang cenderung lurus, beda dengan nenek moyang australopithecus paling awal yang punya kelengkungan jari yang khas.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Homo Sapiens dan Cara Bertahan Hidup

Ciri-Ciri Homo sapiensCiri-Ciri Homo sapiens © 2021 blog.usejournal.com

Dikutip dari Human Origins, Homo sapiens nggak cuman membuat dan menggunakan perkakas batu, tapi juga mengkhususukan dan membuat berbagai perkakas yang lebih kecil, lebih kompleks, sepeti pancing dan tombak, busur dan anak panah, pelempar tombak dan juga jarum jahit.

Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengumpulkan tanaman dan berburu. Homo sapiens juga memproduksi makanan dan mengubah lingkungan. Dari hasil penemuan membuktikan kalau mereka bisa mengontrol pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan hewan tertentu.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Manusia Homo Sapiens dan Tempat Tinggal Mereka

Ciri-Ciri Homo sapiensCiri-Ciri Homo sapiens © 2021 egypttoday.com

Awalnya, mereka tinggal di penampungan alami seperti gua. Selanjutnya, mereka mulai membangun gubuk mereka sendir dari kayu atau bahkan tulang mammoth. Ciri-ciri homo sapiens yang lebih modern yakni mulai membangun pemukiman dan kota dari berbagai bahan.

Dengan semakin banyaknya makanan yang tersdia di sekitar mereka, populasi Homo sapiens meningkat secara dramatis. Ciri-ciri Homo sapiens dengan kehidupannya yang demikian telah begitu sukses sehingga secar anggak sengaja udah menciptakan titik balik dalam sejarah kehidupan di Bumi.

Ciri-ciri Homo sapiens secara umum nggak jauh berbeda dengan manusia modern saat ini.

Join Diadona.id