Dari Soekarno Hingga Ratu Ilmu Hitam, 8 Film Ini Pernah Dibintangi Ade Firman Hakim

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 15 September 2020 11:13
Dari Soekarno Hingga Ratu Ilmu Hitam, 8 Film Ini Pernah Dibintangi Ade Firman Hakim
Sebelum terjun ke dunia perfilman, Ade sempat mengikuti ajang Abang None Jakarta tahun 2008.

Indonesia kembali berduka, pasalnya salah satu aktor Tanah Air yakni Ade Firman Hakim telah meninggal dunia. Ia dikabarkan meninggal dunia pada Senin 14 September 2020 pukul 17.20 di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta Pusat.

Aktris kelahiran 20 Oktober 1988 ini, pernah beberapa kali memerankan film layar lebar. Tahun 2018, Beberapa film yang dibintanginya pun berhasil diterima di kalangan masyarakat.

Berikut film lain yang pernah dibintangi oleh almarhum Ade Firman Hakim.

1 dari 8 halaman

Bebek Belur (2010)

 

Bebek Belur menjadi film pertama yang dibintangi oleh Ade Firman Hakim. Dalam film yang tayang di tahun 2010 ini, ia berperan sebagai Andy.

Film ini berkisah tentang warga Cibebek yang dalam hidup sehari-hari muncul berbagai masalah. Mulai dari masalah yang sangat lucu, menyedihkan, dan mengharukan, dengan berbagai jenis karakter di dalamnya.

2 dari 8 halaman

Soekarno (2013)

 

Dalam film ini almarhum berperan sebagai tokoh Chaerul Saleh. Chaerul Saleh adalah seorang pejuang dan tokoh politik Indonesia yang pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri, menteri, dan ketua MPRS di antara tahun 1957 dan 1966. Sebelum kemerdekaan Chaerul Saleh menjabat sebagai Ketua Persatuan Pemuda Pelajar Indonesia.

3 dari 8 halaman

Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

      View this post on Instagram    

Ade Firman Hakim As Musso. Menyambut hari pahlawan tahun ini, film Guru Bangsa Tjokroaminoto sudah dapat dinikmati secara online/streaming. Selamat menikmati. Check out “Guru Bangsa Tjokroaminoto” on Netflix @netflixid @tjokro_movie @nayakauntara @dewiumaya @garin_film @andirianto_official #netflixmovies #tjokroaminoto

A post shared by AFH (@adefirmanhakim) on

 

Di film Tjokroaminoto ini, ia berperan sebagai tokoh Musso, yang merupakan pemimpin Partai Komunis Indonesia (PKI). Lewat perannya yang memukau, Ade Firman berhasil membuat Film Guru Bangsa Tjokroaminoto ini menjadi salah sat favorit film sejarah bagi masyarakat Indonesia.

4 dari 8 halaman

Midnight Show (2016)

 

D

 

alam film ini, ia berperan sebagai Guntur. Karakter Guntur di film ini merupakan orang yang sering melakukan pembajakan film di Midnight Show.

5 dari 8 halaman

Bid'ah Cinta (2017)

 

Ade Firman Hakim tampil memukau dalam film Bid'ah Cinta yang tayang di tahun 2017. Ia cukup berani memerankan karakter transgender bernama Sandra.   Berkat kepiawaiannya memerankan karakter tersebut, Ade Firman Hakim masuk ke nominasi Festival Film Bandung 2017, kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji. Hanya saja, ia belum berhasil memenangkan penghargaan itu.

6 dari 8 halaman

22 Menit (2018)

      View this post on Instagram    

Berdoa Untuk Indonesia yang lebih baik.. aman dan damai dalam keberagaman #22menit #afhamore #filmindonesia #doa #22menitthemovie

A post shared by AFH (@adefirmanhakim) on

 

Ade Firman Hakim selalu mengambil peran-peran berbeda dalam film yang ia bintangi. Setelah menjadi transgender, ia 'berubah' menjadi seorang polisi dalam film 22 Menit (2018).

22 Menit adalah film yang mengishkan serangan bom di jalan MH Tharin, Jakarta Pusat, pada Januari 2016 lalu. Di film ini, Ade Firman Hakim berperan sebagai polisi lalu lintas bernama Firman yang berusaha mengamankan situasi.

7 dari 8 halaman

Ratu Ilmu Hitam (2019)

      View this post on Instagram    

Jadi waktu di set @ratuilmuhitam.official gw penasaran banget taruh Si Kelabang di muka gw, karena dari gw reading gw sama sekali gak berani nyentuh binatang ini, akhirnya gw beraniin diri dan mau ngukur semana keberanian gw menghadapi kelabang segede ini... akhirnya Geli Geli Enak ????????????...Gak percaya? coba aja sendiri #ratuilmuhitam #takadajalankeluar #kelabang #actorslife

A post shared by AFH (@adefirmanhakim) on

 

Tahun lalu, Ade Firman Hakim bermain dalam film horor berjudul Ratu Ilmu Hitam. Ade berperan sebagai penjaga panti asuhan bernama Maman.

Film Ratu Ilmu Hitam ini disutradarai oleh Kimo Stamboel. Sementara naskahnya ditulis oleh Joko Anwar.

8 dari 8 halaman

Buya Hamka (2020)

      View this post on Instagram    

Innalillahi wainailaihi rojiun.. Selamat jalan Ade @adefirmanhakim yang baik. Karyamu akan selalu kami kenang. Al-Fatihah.. Ade akan berperan cukup penting dalam film #BuyaHamka @falconpictures_ karya @fajarbustomi saat Hamka muda mulai menulis karya besar nya #TenggelamnyaKapalVanDerWick.

A post shared by Vino G. Bastian (@vinogbastian__) on

 

Sejatinya, Ade Firman Hakim juga bakal tampil di film Buya Hamka garapan Fajar Bustomi. Namun, film ini belum tayang di bioskop.

Vino G Bastian, dalam unggahan Instagramnya, mengatakan bahwa Ade memiliki peran yang cukup penting dalam film ini. Menurut informasi, ia bakal memerankan karakter bernama Karta.

Sekali lagi, Istirahatlah dengan damai Ade. Terimakasih pernah memberikan karya-karya yang membekas. Selamat Jalan~

 

Beri Komentar