Disomasi Lantaran Kontennya Menyinggung ODGJ, Deddy Corbuzier: Maafkan Kebodohan Saya

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 1 Juli 2021 17:28
Disomasi Lantaran Kontennya Menyinggung ODGJ, Deddy Corbuzier: Maafkan Kebodohan Saya
Deddy angkat suara dengan mengunggah detail somasi yang dilayangkan kepada dirinya.

Deddy Corbuzier belum lama ini kembali mengunggah konten podcast-nya bersama salah satu bintang tamu. Kali ini ia mendatangkan sosok Mongol Stres untuk berbincang seputar fenomena dan kehidupan.

Namun, kejadan tak terduga dialami oleh Deddy. Ya, Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) mengajukan somasi terhadap Deddy Corbuzier serta komika Mongol Stres lantaran dinilai melakukan penyesatan informasi, data, dan fakta mengenai Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

1 dari 5 halaman

Diketahui, somasi tersebut telah ditandatangani oleh 86 badan/organisasi yang terdiri dari organisasi penyandang disabilitas, organisasi perempuan, organisasi HAM, lembaga-lembaga bantuan hukum, dan organisasi masyarakat sipil maupun institusi lainnya, beserta 75 individu.

Bukan tanpa sebab, pada video Podcast Deddy dengan judul " ORANG GILA BEBAS COVID?????? DEDDY CORBUZIER PODCAST ? MONGOL" yang tayang pada 24 Juni 2021 dinilai menyesatkan. Semenara itu, terdapat dua pernyataan Mongol yang juga dianggap menyesatkan informasi, data, dan fakta mengenai ODGJ.

2 dari 5 halaman

Dua pernyataan Mongol itu adalah “Rumah sakit jiwa di seluruh dunia belum ada satu pun yang terpapar Covid" dan “Orang gila enggak ada yang pakai masker sampai hari ini".

      View this post on Instagram      

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier)

Deddy pun kemudian angkat suara dengan mengunggah detail somasi yang dilayangkan kepada dirinya. Deddy mengaku dan bersumpah bahwa ia sama sekali tidak tahu bahwa kata 'Gila' tersebut salah. Hal ini juga sudah ia cek dalam KBBI terkait pengguaan kata 'Gila' dan ia baru paham ada kata 'ODGJ'.

" Artinya saya ga pinter dan gak update nih.. Maaf kan yaa.......
Maafkan kamiiii????????????????
Maafkan kebodohaaaan dan sempitnya pengetahuan sayaaaaaa" papar Deddy Corbuzier dalam keteranagn caption.

3 dari 5 halaman

Lebih lanjut, dalam hati yang terdalam Deddy bermaksud memohon maaf sebesar-besarnya atas apa yang terjadi.

" Kedua, saya minta maaf juga kalau saya dan @mongolstres bicara ttg orang ODGJ ga kena covid.. " lanjutnya.

Deddy pun kemudian menjelasan bahwa dalam perbincangannya dengan Mongol adalah bermaksud dalam ranah serta konteks komedi yang mana terkadang tidak masuk dengan kenyataan atau logika. Dia juga menengaskan bahwa tak ada maksud menghna siapapun secara sengaja dari komedi dalam Podcast-nya.

" Maaf kami mungkin gak paham konteks.... Maaaaaaaf.." ulang Deddy.

4 dari 5 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier)

Dalam unggahan berbeda, deddy juga mempertanyakan perihal kenapa tidak ada asosiasi yang langung komen terhadap dirinya di saat ia mencurahkan kepedulian terhadap orang penyandang difabel.

"saya mau tanya ke kalian semua...
Video ini hanya dua dari... Ratusan... Ratusan.. Kedekatan saya dan kepedulian saya pada mereka..
Saya bertanya... Kok TIDAK PERNAH ada satupun asosiasi yg memberi saya penghargaan....
Jangankan penghargaan..
Knp ga ada asosiasi komen ke saya langsung?" tulis Deddy.

5 dari 5 halaman

Mengetahui apa yang telah menimpa Deddy, tak sedikit teman sesama artis dan netizen yang ikut bersimpati dan memberikan dukungan dalam kolom komentar.

" lo orang baik dengan niat yang baik ???? semangat terus bro" komentar Nanda Persada.

" Lo baik banget gilaaa om!! Eh masi boleh ngomong gila ga sih? Apa nasi gila juga bakal ganti nama jadi odgj? Eh gimana sih? ????" tambah Uus.

" Sabar dan ikhlas serta tetap berjuang melakukan yg terbaik. Karena semua akan ada waktunya. Hidup adalah pembelajaran. Belajar untuk Arif dan bijaksana dalam segala keadaan. Tenang ya mas bro .
I feel you" timpal Anjasmara.

Beri Komentar