HUT Bhayangkara, Ini loh Deretan Aksi Heroik Polisi yang Sempat Viral di Media Sosial

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 2 Juli 2020 10:51
HUT Bhayangkara, Ini loh Deretan Aksi Heroik Polisi yang Sempat Viral di Media Sosial
Semangat dan jaya selalu Kepolisian RI!

Tepat pada Rabu, 1 Juli 2020 lalu adalah hari jadi ke-74 Korps Bhayangkara. Dalam kurun waktu yang tak lama tersebut, tentu sudah banyak sekali sumbangsih yang diberikan untuk membantu masyarakat Indonesia.

Berikut Diadona rangkum beberapa momen yang mengenang dan membuat masyarakat dan netizen salut akan aksi heroik pihak kepolisian tersebut.

1 dari 5 halaman

1. Polisi Kuburkan Para Jenazah Covid-19 yang Terlantar

Polisi Kuburkan Para Jenazah Covid-19 yang Terlantar © Diadona

Aksi Bripka Jerry Tumundo sempat viral karena membantu menguburkan jenazah pasien Covid-19 di Desa Wusa Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara pada Jumat 10 April 2020 lalu.

Jenazah tersebut sempat terlantar selama dua jam di area pemakaman. Aksi dari anggota kepolisian Sektor (Polsek) Dimembe, Kabupaten Minut, Sulawesi Utara itu langsung mendapat apresiasi dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melalui video call.

2 dari 5 halaman

2. Tempuh Perjalanan Ratusan Kilometer untuk Salurkan Bantuan Covid-19

Untuk menyalurkan bantuan terhadap korban terdampak Covid-19, jajaran Polda Kalimantan Tengah harus menyususri jalanan sejauh rarusan kilometer. Tak hanya itu, kendaraan yang membawakan paket bantuan tersebut terpaksa harus berhenti lantaran terperosok di jalanan yang medannya sulit dilalui.

Tak hanya memberikan bantuan sembako, Polda Kalteng juga memberikan alat bantu pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga jika ada potensi kebakaran hutan dan lahan.

3 dari 5 halaman

3. Polisi yang Gendong Pria karena Terkena Serangan Jantung

Seorang Polantas di kawasan Jakarta Barat menjadi viral karena aksinya yang mengendong pria yang sedang mengalamai serangan jantung. Dalam video yang telah diunggah di akun Twiter TMC Polda Metro Jaya, dijelaskan bahwa pria yang bernama David adalah seorang penumpang busway dan mendadak terkena serangan jantung. Petugas di sekitar lokasi pun sigap dan kemudian membawanya ke rumah sakit terdekat

4 dari 5 halaman

4. Polisi yang Bantu Ibu Melahirkan di Jalan

Seorang anggota Polisi di Bojonegoro mendadak viral karena video yang menunjukkan aksinya menolong perempuan melahirkan di tengah hutan di Dusun Betek Desa Gondang, Bojonegoro tersebar di media sosial.

Usai melahirkan, perempuan dan bayi tersebut berhasil selamat dan dibawa ke Puskesmas Gondang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ipda Handoko, sang penyelamat mengaku bahwa itu adalah tindakan spontan karena sang perempuan sudah terkapar tak berdaya di jalan saat hendak pergi ke puskesmas.

5 dari 5 halaman

5. Polisi yang Gendong Nenek Lumpuh dari Atas Bukit

      View this post on Instagram    

Dari Polri Untuk Mbah Salinem Peduli, Aiptu Agus Sugiyarto, Bhabinkamtibmas Desa Tileng Kec. Girisubo memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada Mbah Salinem. Mengalami kelumpuhan, tak membuat Mbah Salinem menyerah pada takdir. Di usianya yang senja, Mbah Salinem masih kuat mendaki tebing dibelakang rumah untuk mencari sayur mayur yang dapat diolah. Tinggal bersama Putri tercinta yang mengalami kebutaan sejak lahir, membuat Mbah Salinem tak bisa hanya mengandalkan putrinya. Ketegaran Mbah Salinem patut dijadikan semangat dan pelajaran hidup. Bahwa keterbatasan tidak menjadikan kita menyerah pada keadaan. @poldajogja

A post shared by DIVISI HUMAS POLRI (@divisihumaspolri) on

Aiptu Agus Sugiyarto, seorang Bhabinkamtibmas Desa Tileng, Girisubo, Daerah Istimewa Yogyakarta sempat viral lantaran aksi heroiknya yang menggendong nenek dari atas bukit.

Agus rela melewati jalan setapak yang dikelilingi pohon-pohon besar. Perjuanagn Mbah Salinem ini pun menjadi panutan bagi para aparat kepolisian. Dengan keterbatasannya, Mbah Salinem tetap kuat dan semangat untuk terus bekerja.

Selamat bertugas kembali untuk seluruh Anggota Kepolisian RI. Jaya selalu dan jangan lelah untuk terus  memberikan pengamanan bagi Negeri Kita, Indonesia.

Beri Komentar