Interaksi Gala Sky dan Fuji Jadi Sorotan, Komnas Perlindungan Anak Nilai Wajar

D-Stories | Minggu, 16 Januari 2022 18:50

Reporter : Firstyo M.d.

Buntut pengaduan dari Doddy Sudrajat

Masalah seputar hak asuh Gala Sky Andriansyah masih berlanjut. Terbaru, Doddy Sudrajat diketahui melayangkan aduan pada Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Ayah almarhumah Vanessa Angel itu merasa keberatan atas pola asuh Gala Sky di bawah pengawasan keluarga besarnya.

Interaksi Gala Sky dan Fuji Jadi Sorotan, Komnas Perlindungan Anak Nilai Wajar
2 dari 5 halaman

Pak Faisal Kakek yang Sabar

Pengaduan tersebut ditanggapi oleh Komnas PA yang langsung melakukan kunjungan ke kediaman keluarga Faisal. Arist Merdeka Sirait sebagai ketua dan Roostien Ilyas selaku dewan pengawas jadi perwakilan Komnas PA yang mengecek kondisi Gala Sky. Hasilnya, Komnas PA merasa Gala ada dalam asuhan yang tepat.

"Gala adalah segala-galanya untuk kedua kakeknya, tapi yang saya lihat justru di rumah kakeknya itu, Pak Faisal terlihat paling sabar," ungkap Roostien dikutip dari laman KapanLagi.com.

"Kita harus jujur juga, nggak mungkin kita beri penilaian yang nggak masuk akal. Gala dalam keadaan baik-baik saja. Gala dalam keadaan normal," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Interaksi Gala dengan Fuji

Selain dengan Pak Faisal, interaksi Gala Sky dengan dua adik almarhum Bibi Ardiansyah; Fadly dan Fuji juga dinilai normal dan sangat alami seperti anak-anak pada umumnya.

"Saya lihat Gala nggak bisa diam. Dia lari ke sana ke sini dengan lucunya," terang Roostien.

"Gala hampiri Fuji, Fuji dia peluk, dia tepuk-tepuk Fuji, lalu lari lagi seperti anak-anak pada umumnya," ujar Roostien menggambarkan perilaku Gala Sky.

4 dari 5 halaman

Perilaku Alami Anak-anak

Reaksi yang ditunjukkan Gala Sky pun dinilai wajar untuk anak usia satu tahun empat bulan. Pasalnya, di usia tersebut anak masih berlaku alami, belum bisa berpura-pura atau dipengaruhi.

"Tidak mungkin anak umur satu tahun empat bulan bisa dipengaruhi oleh siapapun," jelas Roostien.

"(Reaksi) itu alami sekali. Di situ terlihat dar sorot mata, fisik, kelucuan dia, dia ketawa-tawa. Itulah tumbuh kembang yang sebenarnya dan kami dapati di sana," pungkas Roostien.

5 dari 5 halaman

Tanggapan Doddy Sudrajat

Atas pengamatan tersebut, Komnas PA lewat Arist Merdeka Sirait telah mengajak Doddy Sudrajat untuk membahas formulasi perdamaian. Sayang, tawaran tersebut ditolak oleh Doddy yang memilih untuk menyerahkan pada hasil pengadilan.

Meski kecewa, namun keputusan Doddy Sudrajat itu dihormati oleh Komnas PA.

"Nggak papa, itu hak dari saudara Doddy, tapi tentu kita berpihak pada perspektif perlindungan anak. Ya anak jangan sampai terganggu tumbuh kembangnya. Gitu saja," tegas Arist.

Join Diadona.id