Jeff Smith Ceritakan Pengalamannya Selama di Penjara, Kepikiran Sang Mama Hingga Sempat Jatuh Sakit

D-Stories | Jumat, 17 September 2021 14:34

Reporter : Firstyo M.d.

Baru saja bebas, Jeff Smith membawa cerita dari kehidupannya selama berada di tahanan.

Jeff Smith, aktor yang menjadi terpidana kasus penyalahgunaan narkoba telah dinyatakan bebas pada 14 September 2021 lalu. Hal itu terjadi setelah ia menjalani lima bulan masa penahanan.

Setelah menghirup udara bebas, pemilik nama asli Mark Jeffrey Smith itu mengungkapkan bagaimana rasanya berada di balik jeruji besi. Jeff mengaku bahwa hidupnya terasa berat selama di sana.

"Sejujurnya lima bulan aja udah cukup berat sih buat saya, terutama yang saya pikirin yang utama itu mama," ungkap Jeff Smith dalam sebuah wawancara virtual dikutip dari laman Liputan6.com.

Jeff Smith Ceritakan Pengalamannya Selama di Penjara, Kepikiran Sang Mama Hingga Sempat Jatuh Sakit
2 dari 6 halaman

Memikirkan Mama

      View this post on Instagram

A post shared by Jeff Smith (@mr.jeffsmith)

Jeff Smith menuturkan bahwa ia memang sangat dekat dengan sang mama. Pasalnya, ia sudah menjalani kehidupan bersama mamanya saja sejak masih kecil.

"Saya dari kecil sama mama doang. Kepikiran aja sama mama sendirian, di sini nggak ada yang jagain," tutur Jeff Smith.

"Kalau saya sih bisa jaga diri, cuman mama kayak perempuan sendirian. Gimana gitu, itu sih yang saya pikirin selama lima bulan," imbuhnya.

3 dari 6 halaman

Sulit Beradaptasi

Jeff Smith menyebut bahwa ia sempat merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kehidupan penjara. Meski begitu, ia mengaku baik-baik saja hingga masa pembebasannya tiba.

"Kalau kesulitan jelas di awal-awal ya kesulitan. Namanya manusia biasanya di rumah tidur enak, ketemu sama orang yang disayang sebebas itu enggak ada batasan," ujar Jeff Smith.

"Tapi kondisi saya selama di sana alhamdulillah baik-baik aja, alhamdulillah banget sekarang udah sampai rumah," sambungnya.

4 dari 6 halaman

Sempat Jatuh Sakit

Jeff Smith saat berada di Polres Metro Jakarta BaratJeff Smith saat berada di Polres Metro Jakarta Barat © Liputan6.com/Herman Zakharia

Salah satu hal yang membuat Jeff Smith merasa sulit beradaptasi adalah faktor kenyamanan. Memang, selama di dalam tahanan, Jeff Smith diharuskan berbagi ruang privat dengan tujuh tahanan lain yang berada satu sel dengannya.

"Di sana kita harus beradaptasi jalani hidup sendiri, ketemu tempat baru, cara makan baru, kehidupan baru," terang Jeff Smith.

Jeff Smith bahkan sempat jatuh sakit beberapa kali. Beruntung sakitnya tersebut tidak parah sehingga ia tetap bisa keluar dari tahanan dengan sehat walafiat.

"Alhamdulillah semua bisa aku lewati, ya walau beberapa kali sakit dalam penjara alhamdulillah aku sekarang ada di rumah," tambah Jeff Smith.

5 dari 6 halaman

Belajar Banyak Hal

Jeff Smith belajar banyak hal selama di dalam tahanan. Salah satunya adalah perihal toleransi. Ia mengaku belajar banyak perbedaan selama berhadapan dengan sesama narapidana dengan latar belakang kasus berbeda-beda.

"Di sana juga kan aku enggak sendirian, aku belajar bertahan hidup dengan orang baru, hidup dengan toleransi yang lebih besar, karena kita dipertemukan dengan orang baru yang kita enggak kenal. Ini mau enggak mau kita jalanin bersama, suka enggak suka ya kita harus toleransi bersama," pungkas Jeff Smith.

Join Diadona.id