Jenis-Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit, Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan nih

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 27 Agustus 2021 15:00
Jenis-Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit, Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan nih
Sebelum memutuskan memelihara hewan yang sangat lucu ini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis-jenis hamster terlebih dahulu.

Hamster adalah hewan yang sepertinya cocok untuk dijadikan peliharaan oleh siapa pun. Hewan yang relatif tidak membutuhkan perawatan ekstra ini cocok untuk dijadikan peliharaan oleh anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Apalagi hamster ini tidak membutuhkan ruang yang luas.

Oh iya nih, ini sepertinya perlu untuk diketahui, meskipun sama-sama hewan pengerat hamster itu bukan termasuk jenis tikus ya. Di Indonesia sendiri cukup banyak jenis-jenis hamster yang banyak dipelihara. Seperti yang paling populer yaitu jenis campbell, winter white, serta roborovski.

Sebelum memutuskan memelihara hewan yang sangat lucu ini, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis-jenis hamster terlebih dahulu. Hal ini perlu untuk dilakukan agar kamu mendapatkan hamster yang sesuai dengan keinginan.

Diadona.id telah merangkum beberapa info mengenai jenis-jenis hamster yang jinak dan tidak menggigit. Tentunya ini bisa kamu jadikan referensi sederhana untuk dijadikan sekadar bahan pengetahuan atau pun sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memelihara hamster. Yuk simak ulasan sederhananya.

1 dari 5 halaman

1. Campbell

Jenis hamster yang pertama adalah Campbell. Hamster ini seringkali dijuluki sebagai jenis­-jenis hamster yang sangat ramah. Jenis hamster ini mudah ditemukan di pasaran karena budidayanya terbilang mudah dan meluas. Hamster Campbell ini juga relatif membutuhkan perawatan yang mudah dan sederhana.

Namun, hamster Campbell ini memiliki gerak yang lebih agresif, sehingga kamu membutuhkan kandang yang cukup besar agar mereka bisa berlari dan beraktivitas cukup leluasa. Untuk ukuran tubuh hamster ini relatif cukup kecil karena ia termasuk dalam hamster dwarf.

2. Winter White

Untuk yang kedua ada jenis hamster winter white atau WW. Sekilas hamster ini terlihat sangat mirip dengan yang berjenis Campbell. Satu hal yang membedakan adalah, Hamster WW ini cenderung lebih jika dan nggak begitu agresif.

Untuk ukuran badan yang dimiliki oleh hamster Winter White ini rata-rata bisa mencapai 9-12 cm dan umurnya rata-rata 2-2,5 tahun. Sedangkan untuk corak warna yang dimiliki adalah yaitu normal, sapphire, dan pearl.

2 dari 5 halaman

3. Roborovski

Jenis hamster Roborovski juga cukup populer di Indonesia. Ini adalah jenis yang paling kecil di antara hamster yang lain. Roborovski biasanya hanya memiliki ukuran sekitar 4-5 cm ketika sudah dewasa. Mereka bisa hidup dengan usia 2-4 tahun jika dirawat dengan baik.

Tubuhnya yang relatif kecil tersebut juga membuat hamster ini mempunyai mobilitas yang tinggi. Tak seperti hamster yang lain, ia juga cukup penakut. Tentunya, akan sangat sulit untuk bersahabat dengan hamster ini.

4. Chinese

Untuk hamster selanjutnya adalah hamster Chinese. Sekilas hamster ini terlihat persis seperti tikus. Tapi ini bukan tikus ya hehe, hamster ini juga termasuk jenis yang jinak dan tidak menggigit.

Namun, yang perlu diperhatikan dari hamster ini adalah aksesoris di dalam kandang. Kamu harus menyiapkan berbagai mainan di dalamnya. Jika tidak, hamster ini akan menghancurkan kandang keitka merasa bosan. Jenis hamster chinese ini juga cocok untuk dipelihara oleh orang yang bisa memberikan banyak interaksi dengan hamster.

3 dari 5 halaman

5. Syrian

Jenis hamster yang jinak dan tidak menggigit selanjutnya adalah Hamster Suriah atau hamster Syrian atau secara global disebut Golden Hamsters. Hampir menyamai tikus, hamster ini adalah jenis hamster yang paling besar ukurannya. Ukuran tubuh hamster ini dewasa biasanya mencapai 17,5 cm.

Hamster syrian juga mempunyai corak warna yang beragam, seperti panda (Black Mottled), golden, cinnamon, dan lain sebagainya. Uniknya lagi, jenis ini satu-satunya yang mempunyai varian bulu longhair, seperti pada kucing anggora.

6. Hamster Hybrid

Hamster Hybrid adalah jenis­-jenis hamster hasil perkawinan antara hamster Campbell dan hamster Winter White. Warna jenis­-jenis hamster ini kebanyakan berbulu krem pudar bercampur dengan warna abu-abu. Seperti jenis­-jenis hamster pada umumnya, hamster Hybrid terkenal sangat indah dan suka bermain dengan manusia.

4 dari 5 halaman

7. Hamster Gansu

Jenis selanjutnya yakni hamster gansu merupakan jenis­-jenis hamster yang berasal dari Tiongkok. Ciri fisik dari hamster yang satu ini memiliki tubuh berwarna putih, sedangkan bagian kepalanya berwarna coklat muda. Cara pemeliharaannya pun juga sederhana, sama seperti dengan hamster pada umumnya.

8. Hamster Korea dan Hamster Eropa

Melansir dari Liputan6.com, jenis­-jenis hamster Korea memiliki keunikan pada bagian corak warna kulitnya. Di mana dengan baluran seluruh tubuh yang berwarna coklat, terdapat pula corak hitam di bagian atas tubuhnya. Sehingga memberikan kesan belang.

Sedangkan, Hamster Eropa merupakan jenis­-jenis hamster yang habitatnya dari Eropa dan memiliki warna yang sangat unik. Ciri fisik jenis­-jenis hamster yaitu seluruh bagian tubuhnya berwarna coklat, sedangkan bagian kakinya berwarna hitam.

Jadi itulah beberapa jenis-jenis hamster yang jinak dan tidak menggigit. Oh iya, tapi jangan sampai menempatkan hamster-hamster tersebut di posisi yang terdesak ya, pasalnya mereka akan tetap menggigit ketika merasa terancam. Semoga ulasan sederhana ini bisa bermanfaat buat kita semua ya!

Beri Komentar