Jonathan Rinzler, Penulis Star Wars Meninggal Dunia Usai Idap Kanker Pankreas

Reporter : Kurnia
Jumat, 6 Agustus 2021 16:06
Jonathan Rinzler, Penulis Star Wars Meninggal Dunia Usai Idap Kanker Pankreas
Editor eksekutif Lucasfilm tutup usia

Jonathan Rinzler dikabarkan meninggal dunia pada usia 58 tahun setelah melawan kanker pankreas yang menggerogoti tubuhnya.

Penulis waralaba Star Wars, Indiana Jones, Alien, hingga The Shining, tutup usia pada (28/7/2021) di kediamannya Albion, California.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, kabar duka mengenai novelis itu dibagikan oleh putrinya, Sarah Rinzler melalui unggahan di media sosialnya.

1 dari 5 halaman

Latar Belekang Jonathan Rinzler

Jonathan Rinzler merupakan editor eksekutif di Lucasfilm. Posisi tersebut ia dapatkan setelah belajar melukis di Parsons School of Design.

Sebelumnya, Jonathan Rinzler lulus dari Universitas New York dengan gelar sarjana dan master dalam bidang Sastra Komparatif.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Kariernya

Jonathan Rinzler miliki perjalanan karir yang cukup pajang. Ia mengawali karirnya dengan bekerja menjadi seorang editor eksekutif Lucasbooks.

Buku pertama yang diterbitkannya adalah The Art of Star Wars Episode III: Revenge of the Sith dan The Making of Star Wars: Revenge of the Sith.

3 dari 5 halaman

Karya yang Menduia

Karya-karya Jonathan Rinzler mampu menembus pasar dunia. Karyanya yang paling terkenal adalah The Making of Star Wars 2007: The Definitive Story Behind the Original Film.

Karyanya itu berhasil mendapatkan pujian kritis karena menyeimbangkan penelitian arsip dengan wawancara pemeran dan para kru.

Tak berhenti sampai di situ, perjalan panjang karyanya masih berjalan dengan menulis beberapa buku Star Wars lain sebelum ia meninggalkan Lucasfilm.

4 dari 5 halaman

Mengnai Karya-karyanya yang Mendunia

Dalam sebuah wawancara, Jonathan Rinzler mengatakan karakter dan semesta menjadi komponen penting yang membuat karyanya berhasil disukai pembaca.

" Terus terang, saya tidak menyadari tentang alam semesta yang saya tulis pada akhirnya dikembangkan. Saya menyukai film-film George Lucas dan melalui grafiti Amerika menjadi pembuka mata dan telinga bagi saya," katanya dilansir dari Comicbook pada Jumat (6/8/2021).

5 dari 5 halaman

25 Karya Lainnya

Selain bekerja sebagai seorang editor nonfiksi, Jonathan Rinzler juga menyambi pekerjaan lain dengan menjadi seorang penulis berbagai proyek waralaba lain di LucasBooks.

Hingga tutup usia, Jonathan Rinzler berhasil menulis 25 judul bukku lebih yang banyak disukai dan dibaca. Tiga diantarnya menjadi buku terlaris versi The New York Times lho.

100 judul buku terkait Star Wars juga berhasil ia sunting dengan baik. Di luar alam semesta Star Wars, Jonathan Rinzler menulis banyak buku tentang franchise Indiana Jones, The Making of Aliens, The Making of Planet of the Apes hingga The Shining.

Selain itu, Jonathan Rinzler juga menulis novel yang tak kalah laris dengan The Star Wars yang ia garap dengan Mike Mayhew.

Terima kasih Jonathan Rinzler, karya-karyamu akan kami kenang. Semoga tenang di sisi Tuhan bersama bintang yang kau ciptakan.

Beri Komentar