Jumrah yang Ketiga Bernama, Mari Simak Jawabannya Berikut Ini

Reporter : Nasa
Rabu, 12 Januari 2022 10:32
Jumrah yang Ketiga Bernama, Mari Simak Jawabannya Berikut Ini
Jumroh yang ketiga disebut juga dengan...

Jumrah yang ketiga bernama ... Sebelum mengetahui jawabannya, mari kita simak terlebih dahulu mengenai pengertian dari jumrah itu sendiri. Jumrah merupakan salah satu bagian dari rangkaian ibadah haji.

Jumrah atau lempar jumrah atau ramy al jumrah merupakan kegiatan melemparkan batu kerikil pada waktu, tempat dan jumlah yang sudah ditentukan. Jumrah dilakukan pada tanggal 10 hingga 13 Dzulhijjah di tiga tempat jumrah di Mina.

1 dari 3 halaman

Jumrah yang Ketiga Bernama © Diadona

Menurut buku Sejarah Haji & Manasik yang ditulis oleh Halimi Zuhdy, Jumrah dilakukan di tiga tempat yang sudah ditentukan secara rinci. Di antaranya adalah :

1. Jumrah Ula, terletak dekat dengan Masjid Khoif. Jarak antara jumrah wustho dan jumrah ula adalah kurang lebih 156,5 meter.

2. Jumrah Wustho, terletak di tengah antara jumrah ula dan jumrah aqabah. Jaraknya antara jumrah ula dan jumrah aqabah kurang lebih 117 meter.

3. Jumrah Aqabah, terletak paling dekat ke Makkah.

Lebih lanjut, pada 10 Dzulhijjah, jumrah yang dilontarkan hanyalah jumrah aqabah. Dikisahkan, Rasulullah SAW melontar batu kecil tepat pada 10 Djulhijjah selepas dari Muzdalifah setelah matahari terbit.

2 dari 3 halaman

Jumrah yang Ketiga Bernama

Jumrah yang ketiga bernama jumrah aqabah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jumrah ini disebut dilakukan oleh Rasulullah SAW tepat pada 10 Djulhijjah selepas dari Muzdalifah setelah matahari terbit.

Selain itu, jumrah pertama disebut dengan jumrah Ula, sedang jumrah yang kedua disebut dengan jumrah Wustha. Kemudian jumrah yang ketiga disebut dengan jumrah aqabah itu sendiri. Berikut ini merupakan sejumlah amalan yang tergolong amalan wajib haji :

  • Amalan pertama : Niat melakukan ihram
  • Amalan Kedua  : Mabit  di mudhalifah
  • Amalan Ketiga : Melempar jumrah aqabah
  • Amalan Keempat: Mabit  di mina
  • Amalan Kelima : Melempar jumrah ula, jumrah wustha dan jumrah aqabah
  • Amalan Keenam Melakukan amalan thawaf wada'

3 dari 3 halaman

Larangan Jumrah Sebelum Waktunya

Sementara itu, dalam ketentuan pelaksanaan jumrah wajib dilakukan pada waktu yang sudah diatur. Dengan demikian, terdapat larangan kegiatan lempar jumrah yang dilakukan sebelum waktu yang sudah ditentukan.

Kegiatan lempar jumrah dilaksanakan pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah yang dimulai dari jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah. Sedang waktu pelaksanaannya adalah usai matahari tergelincir ke barat.

Itu dia ulasan terkait pertanyaan 'jumrah yang ketiga bernama' aqabah yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat, selamat belajar ya!

Beri Komentar