Kabar Duka, Musisi Senior Oddie Agam Meninggal Dunia

D-Stories | Rabu, 27 Oktober 2021 14:31

Reporter : Firstyo M.d.

Oddie Agam meninggal setelah sebelumnya dirawat di ICU dalam kondisi kritis

Berita duka datang dari dunia musik Indonesia. Salah satu musisi senior, Oddie Agam, diketahui telah meninggal dunia pada hari ini, Rabu (27/10).

Kabar meninggalnya Oddie Agam pertama kali disampaikan oleh pengamat musik Stanley Tulung lewat unggahan Instagramnya.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Selamat jalan Bang Oddie Agam yang berpulang 27 Oktober 2021 jam 11.00. Semoga tenang di sana," tulis Stanley Tulung.

Kabar Duka, Musisi Senior Oddie Agam Meninggal Dunia
2 dari 6 halaman

Empat Tahun Mengidap Stroke

Meninggalnya Oddie Agam berawal dari kondisi kesehatannya yang semakin menurun sejak beberapa waktu belakangan. Ia diketahui sempat mengidap stroke sejak tahun 2017.

Pada awal bulan Oktober ini Oddie Agam mengalami masalah kesehatan lain. Kondisi ginjalnya memburuk hingga ia harus dirawat di ICU RS Persahabatan dalam kondisi kritis.

3 dari 6 halaman

Berawal dari Tersedak

Almafilia, istri Oddie Agam, menceritakan bagaiaman kondisi pencipta sederet lagu hits itu sebelum dirawat di rumah sakit.

"Tanggal 5 (Oktober) kemarin, Selasa malam, habis makan tersedak. Kalau stroke kan emang sering tersedak," tutur Almafilia saat ditemui di RS Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, pada 18 Oktober 2021 lalu, dikutip dari Liputan6.com.

4 dari 6 halaman

Kondisi Ginjal Memburuk

Namun ternyata kali ini ada yang berbeda dari tersedaknya Oddie Agam. Kondisinya terlihat lebih parah karena disusul dengan batuk yang tak kunjung reda.

"Saat itu habis tersedak dia batuk terus. Batuk-batuk sampai lendirnya tuh banyak, nggak bisa keluar. Ya sudah, saya bawa ke UGD," terang Almafilia.

"Hasil tesnya, lendirnya tinggi. Jadi yang masalah itu ternyata ginjalnya," imbuhnya.

Akibat kondisi ginjal tersebut, Oddie Agam harus menjalani tindakan cuci darah dan perawatan intensif. Kendati telah maksimal, namun takdir berkata lain. Oddie Agam pun dinyatakan meninggal dunia pada usia 68 tahun.

5 dari 6 halaman

Perjalanan Karir Oddie Agam

Oddie Agam adalah nama besar di dunia musik era 80 sampai 90-an. Banyak lagu populer tercipta berkat buah kreativitasnya.

Beberapa lagu ciptaan Oddie Agam yang menjadi hits adalah 'Antara Anyer dan Jakarta' yang dinyanyikan Sheila Majid, serta lagu-lagu Vina Panduwinata seperti 'Logika', 'Tamu Istimewa', dan 'Surat Cinta'.

Selain menciptakan lagu untuk orang lain, Oddie Agam juga sempat merilis karya musiknya sendiri. Total empat buah album telah ia rilis dalam rentang waktu 1984 hingga 2012. Ia juga terlibat dalam tiga buah album kompilasi.

Join Diadona.id