Kakek Renta Ini Gali Sendirian Irigasi Sejauh 3 Km Selama 30 Tahun!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 15 September 2020 13:03
Kakek Renta Ini Gali Sendirian Irigasi Sejauh 3 Km Selama 30 Tahun!
Pria tua ini memilih tetap tinggal di desa dan mengahbiskan waktu 30 tahun terakhir untuk membuat saluran irigasi tanpa bantuan.

Seorang pria tua di Bihar, negara bagian India ini membuat saluran irigasi sepanjang 3 kilometer selama 30 tahun untuk mengairi lahan kering di wilayahnya. Hal yang membuat kagum adalah ia melakukannya seorang diri tanpa bantuan siapapun.

Dikutip dari laman India Times, pria yang diketahui bernama Laungi Bhuiyan itu berusaha mengalirkan air hujan di perbukitan menuju ke ladang di desanya Kothilawa, daerah Lahthua, Gaya, Bihar, India.

 

1 dari 4 halaman

Ia mengaku telah melakukan pekerja itu selama 30 tahun lamanya hingga akhirnya ia berhasil mengalirkan air dari bukit menuju ke desanya untuk mengairi ladang.

“ Saya membutuhkan waktu 30 tahun untuk menggali saluran ini yang membawa air ke ladang di desa,” ucap Laungi Bhuiyan yang menggali saluran irigasi ini seorang diri.

2 dari 4 halaman

Tetap Tinggal Saat yang Lain Adu Nasib di Kota

Kisah Pria yang Bikin Saluran Irigasi Sejauh 3 Km Selama 30 Tahun © Diadona

Ia mengatakan selama 30 tahun terakhir dirinya selalu pergi ke hutan untuk mencari pakan ternaknya sekaligus menggali saluran. Ia melakukannya seorang diri tanpa bantuan siapapun.

“ Selama 30 tahun terakhir saya selalu eprgi ke hutan teredekat untuk mencari pakan ternak sekaligus menggali saluran. Tidak ada yang membantu saya dalam upaya ini,” ucapnya.

Menurutnya, banyak penduduk desa lebih memilih pergi ke kota untuk mencari nafkah penghasilan. Namun dirinya memilih untuk tetap tinggal di desanya.

“ Penduduk desa pergi ke kota untuk mencari nafkah tetapi saya memutuskan untuk tetap di desa,” katanya.

3 dari 4 halaman

Andalkan Air Hujan

Kisah Pria yang Bikin Saluran Irigasi Sejauh 3 Km Selama 30 Tahun © Diadona

Berjarak sekitar 80 kilometer dari distrik Gaya, desa Kothilawa merupakan desa yang digunakan para penganut maois sebagai tempat berlindung. Selain itu desa ini dikelilingi oleh hutan pegunungan yang lebat.

Mata pencaharian utama penduduk Gaya adalah bertani dan beternak. Selama musim hujan, air hujan biasanya mengalir menuju sungai yang biasanya menyebabkan banjir. Hal inilah yang membuat Bhuiyan berpikir untuk membuat saluran irigasi.

4 dari 4 halaman

Menguntungkan Penduduk Desa

 

Patti Manjhi, salah satu warga sekitar mengatakan Bhuiyan telah melakukan penggalian saluran irigasi ini selama 30 tahun terakhir secara sendirian tanpa bantuan.

“ Apa yang dilakukan Bhuiyan telah memberikan keuntungan bagi ternak dan bisa untuk mengairi lahan sawah. Ia melakukannya bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi untuk kepentingan seluruh wilayah di desa ini,” ucap Patti Manjhi.

Sementara itu, seorang guru di Gaya, Ram Vilas Singh mengapresiasi kerja luar biasa Bhuiyan karena telah memberi banyak manfaat bagi penduduk desa terutama untuk mengairi ladang mereka.

Luar biasa pengorbanan Pak Bhuiyan ini! Gimana menurut klian guys?

Beri Komentar