Kecelakaan Balikpapan, Truk Tabrak Kendaraan Lain Hingga Sebabkan 5 Tewas

D-Stories | Jumat, 21 Januari 2022 14:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Kecelakaan terjadi karena truk dalam kondisi rem blong.

Kecelakaan beruntun terjadi di Balikpapan menewaskan 5 orang korban, berdasarkan data sementara dari kepolisian. Sementara itu 4 orang lainnya terluka. Kecelakaan tepatnya di Jalan Soekarno-Hattat, Simpang Muara Rapak, Balikpapan di titik lampu merah. 

Kecelakaan Balikpapan, Truk Tabrak Kendaraan Lain Hingga Sebabkan 5 Tewas
2 dari 6 halaman

Kecelakaan BalikpapanKecelakaan Balikpapan © Istimewa via Merdeka.com

Berdasarkan rekaman video CCTV yang beredar di sosial media, menunjukkan kecelakaan terjadi pukul 06.19 WIB, Jumat (21/1/2022).

Saat itu sejumlah kendaraan, baik mobil dan motor cukup padat berhenti di lampu merah. Namun nahas, dari arah belakang, sebuah truk tronton terus melaju karena diduga rem blong.

3 dari 6 halaman

Alhasil, truk tronton menabrak sejumlah kendaraan. Berdasarkan pengamatan, setidaknya ada 7 mobil yang tertabrak. Sedangkan, sepeda motor tak begitu jelas terlihat.

Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Yusuf Sutejo mengatakan, kecelakaan maut itu terjadi karena diduga tronton itu mengalami rem blong.

"Hasil investigasi petugas di lapangan, itu ini sementara ya. Itu dimulai karena adanya truk tronton yang remnya blong," kata Yusuf dikutip dari laman Lliputan6 (21/1).

4 dari 6 halaman

Kecelakaan BalikpapanKecelakaan Balikpapan © Istimewa via Merdeka.com

Selain itu, untuk kondisi jalan di lokasi tersebut juga memang menurun. Sehingga, laju dari truck tersebut terlihat kencang.

"Kondisi jalan itu geografisnya memang menurun, sehingga si truk tersebut selain dia remnya blong, dia juga daya laju kendaraannya enggak bisa dikurangi lag. Karena memang jalanannya yang menurun," jelasnya.

Polda Kalimantan Timur mencatat, ada sebanyak lima orang yang meninggal dalam insiden kecelakaan maut yang terjadi pada Jumat (21/1) sekira pukul 06.15 Wita, di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Yang meninggal dunia 5, yang luka berat itu yang kritis satu, yang luka ringan 13," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dihubungi, Jumat (21/1).

5 dari 6 halaman

Kondisi Truk yang Kecelakaan di BalikpapanKondisi Truk yang Kecelakaan di Balikpapan © Twitter/hangyuulbae

Untuk para korban tersebut, langsung dirujuk ke sejumlah rumah sakit yang menjadi rujukan seperti Rumah Sakit Ibnu Sina.

"Terus rumah sakit yang jadi rujukan itu ada tiga, Rumah Sakit Khanujoso, Rumah Sakit Beriman, satu lagi Rumah Sakit Ibnu Sina," ujarnya.

Selain itu, dirinya menyebut, untuk kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu berjumlah enam unit.

"Terdiri dari dua unit angkot, dua unit mobil pribadi dan dua unit mobil pikap. Terus roda duanya empat unit," sebutnya.

Join Diadona.id