Kelapa Sawit dan Beberapa Manfaatnya yang Jarang Diketahui, Apa Aja Itu?

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 24 September 2021 14:45
Kelapa Sawit dan Beberapa Manfaatnya yang Jarang Diketahui, Apa Aja Itu?
Kamu udah tau belum manfaat kelapa sawit selain jadi minyak goreng? hehe

Kita semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan kelapa sawit. Bahkan, berbagai hal yang berkaitan dengan kelapa sawit ini sering banget muncul di berbagai platform media informasi. Namun, sayanganya, informasi mengenai kelapa sawit dan kegunaannya ini belum menyentuh semua orang, bahkan generasi milenial yang cukup dekat dengan berbagai informasi pun.

Kelapa sawit adalah tumbuhan yang banyak ditanam oleh pertanian komersial. Meskipun, kini sudah banyak sekali di tanam di Indonesia, ternyata kelapa sawit ini bukan tumbuhan asli Indonesia loh. Jadi, kelapa sawit ini merupakan tumbuhan tropis yang diperkirakan berasal dari Afrika Barat karena pertama kali ditemukan di hutan belantara Negara tersebut. Tumbuhan ini pertama masuk ke Indonesia pada tahun 1848, dibawa dari Mauritius Amsterdam oleh seorang warga Belanda.

Tapi, info aja nih ya, Indonesia saat ini adalah penghasil kalapa sawit terbesar di dunia. Melansir Litbang Pertanian, Indonesia menyumbang 54 persen dari total produksi minyak sawit dunia. Artinya Indonesia menghasilkan hampir setengah lebih dari total sawit yang ada di dunia.

1 dari 4 halaman

Lantas bisa dibuat apa saja hasil dari sawit sebanyak itu?

Kelapa Sawit dan Beberapa Manfaatnya © Diadona

Sayangnya, beberapa generasi milenial masih belum banyak yang mengetahui manfaat atau pun kegunaan dari kelapa sawit. Dari survey yang dilakukan kepada 5 anak muda dengan rentan usia 20-25 tahun yang ada beberapa dari mereka ternyata belum mengetahui jika kelapa sawit juga digunakan untuk bahan kosmetik dan keperluan alat mandi.

Umumnya, buah dari kepala sawit ini digunakan sebagai bahan utama dari pembuatan minyak nabati. Minyak nabati ini bisa berupa minyak goreng atau pun mentega. Tapi nggak hanya itu saja ternyata, masih ada beberapa hal yang bida dihasilkan dari buah minyak sawit tersebut. Melansir laman Asian Agri, dibandingkan bahan utama penghasil minyak nabati lainnya, Minyak sawit adalah penghasil yang cukup produktif dan efisien.

2 dari 4 halaman

Melansir dari laman BPBD, minyak sawit juga bisa dibuat berbagai kebutuhan manusia selain minyak nabati loh. Hasil olahan sawit ini juga bermanfaat untuk bahan bakar biodiesel yang digunakan kendaraan bermotor.

Jadi, apapun yang menggunakan mesin berjenis diesel bisa menggunakan bahan bakar biodiesel yang dihasilkan oleh sawit ini. Tentunya, biodiesel yang terbuat dari olahan sawit ini dinilai cukup ramah lingkungan dari pada bahan bakar diesel pada umumnya.

24 Jam Ditemani Kebaikan Kelapa Sawit, dari Produk Makanan hingga Kecantikan © Diadona

Bahkan bahan-bahan yang kita gunakan sehari-seperti pasta gigi pun bisa dibuat dari olahan kelapa sawit. Berbagai kebutuhan perawatan tubuh seperti lotion dan pomade juga bisa dibuat dari olahan tumbuhan kelapa sawit tersebut.

3 dari 4 halaman

Manfaat lainnya yang kurang banyak diketahui adalah produk olahan sawit ini bisa juga dijadikan bahan utama pembuatan berbgai macam cat loh. Mulai dari cat tembok, cat mobil, vernis dan juga compound yang sering digunakan untuk melakukan proses pemolesan pada body mobil.

Terkait beberapa kegunaan atau manfaat praktis sawit bagi manusia yang jarang diketahui oleh banyak orang termasuk generasi milenial tersebut bisa dilihat video di bawah ini ya.

      View this post on Instagram      

A post shared by DIADONA (@diadona.id)

 

Beri Komentar