Kena PHK Akibat Pandemi, Pak Sutrisno Sampai Harus Cari Pekerjaan di Pinggir Jalan

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 18 Januari 2022 13:03
Kena PHK Akibat Pandemi, Pak Sutrisno Sampai Harus Cari Pekerjaan di Pinggir Jalan
Meski sudah ditolong dengan bantuan dan donasi, bapak ini justru menolak dan lebih memilih mendapatkan pekerjaan.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia masih saja menimbulkan efek negatif bagi orang-orang. Salah satu yang paling dirasakan adalah, terkena PHK dan makin sulitnya mencari pekerjaan . Barangkali, itulah yang juga dirasakan oleh kakek satu ini.

Baru-baru ini warganet dibikin terharu dengan kisah hidup seorang bapak bernama Sutrisno. Lelaki berumur 80 tahun tersebut minta dicarikan pekerjaan dan menolak diberi bantuan secara cuma-cuma.

1 dari 6 halaman

Kisah Pak Sutrisno © Diadona

Kisah Sutrisno sendiri pertama kali dibagikan oleh akun TikTok @jerryarvino. Dalam unggahan videonya, pengguna TikTok tersebut tampak merekam aksi Sutrisno yang sedang mencari pekerjaan.

“ Beliau bisa jadi tukang bangunan, bisa ngecat, ngegergaji dan lain-lain (bisa dilihat dari alat-alat yang beliau siapkan),” tulis keterangan video.

2 dari 6 halaman

Kisah Pak Sutrisno © Diadona

Dalam video itu, tampak Sutrisno tengah duduk di pinggir jalan sambil memperlihatkan alat-alat pertukangan. Tak hanya itu, pria paruh baya tersebut juga terlihat meletakan plang bertuliskan ‘Beri Saya Kerja.’

Rupanya Sutrisno adalah salah satu korban PHK akibat pandemi COVID-19. Namun ia tak berputus asa dan tetap ingin mencari kerja.

“ Beliau ada di depan KFC Plaza Basmar Mampang (Perempatan) dan bisa dihubungi di nomor 081218183399. Beliau tetap ingin survive dengan bekerja bukan cuma meminta-minta. Tapi bingung harus ke mana,” lanjut keterangan video.

3 dari 6 halaman

@jerryarvino

TIKTOK please do your ?MAGIC?

? Jangan Menyerah - dMasiv

 

Setelah unggahan itu viral, banyak warganet yang tergerak dan memberikan bantuan kepada Sutrisno. Sayangnya lelaki itu justru menolak dan hanya ingin diberi pekerjaan.

“ Update terbaru tentang Pak Sutrisno. Gue udah berkoordinasi sama salah satu teman baik untuk hubungi beliau dan menanyakan kebutuhannya. Teman gue itu tadi datang ke rumahnya dan ngobrol banyak. Denger deh, responnya tentang tawaran donasi dari orang-orang yang telepon beliau,” sambung si pengunggah.

4 dari 6 halaman

Ya dalam video berikutnya, tampak Sutrisno sedang menerima telpon dari seseorang yang disebut memberikan bantuan kepadanya. Namun respon Sutrisno justru di luar dugaan.

" Ini sahabat-sahabat yang memotret saya di jalan itu sudah hadir dan bawa sembako. Alhamdulillah bukan saya itu non , bukan saya nampik (red: nolak) gitu, gimana kalau ada tetangga, tukang ojek mungkin di sana , ada orang minta-minta bisa berbagilah. InsyaAllah lebih berkah,” kata Sutrisno.

5 dari 6 halaman

@jerryarvino Reply to @kimnaunn Terima kasih untuk @farizasyaa ? Ayah - Seventeen

 

Ternyata Sutrisno tak mau menerima bantuan cuma-cuma. Ia malah ingin berbagi dengan orang yang lebih susah darinya.

“ Pak Sutrisno sudah umur 80 tahun, istrinya meninggal 2 tahun lalu. Beliau hidup sendiri di Kalideres, tapi dikelilingi orang baik yang merawatnya. Beliau merasa, lebih baik sumbangan atau donasi diberikan ke yang lebih membutuhkan, bukan untuknya. Mulia sekali Pak Sutrisno,” tutup si pengunggah.

6 dari 6 halaman

Sontak kisah kebaikan hati Sutrisno tersebut semakin memancing atensi dari warganet. Banyak yang merasa salut dengan sosoknya.

“ Beliau hatinya luas. Kehidupan menempa beliau menjadi seorang yang bijak yang tak hanya memikirkan dirinya sendiri tetapi juga orang lain. Merinding. Terimakasih ilmunya pak!” tulis @tsaurisofy.

“ Ya Allah sumpah nangis banget, panjang umur buat Bapak Sutrisno. Bahkan di kondisi beliau saat ini masih semangat banget buat kerja dan ngebantu orang-orang yang kesulitan untuk makan. Sehat sehat ya bapak, semoga dilancarkan semua usahanya,” timpal @jcadiaan.

 

Beri Komentar