Kisah Inspiratif Anak Pedalaman Papua, Jadi Wisudawan Terbaik dan Bawa Ijazah ke Kampung Halaman

D-Stories | Sabtu, 27 Juni 2020 15:17
Kisah Inspiratif Anak Pedalaman Papua, Jadi Wisudawan Terbaik dan Bawa Ijazah ke Kampung Halaman

Reporter : Riza Umami

Meski orang tuanya tak bisa hadir ke wisudanya, tetapi dia merasa begitu bangga dengan pencapaian yang sudah berhasil dia raih.

Setiap warga negara Indonesia tentu berhak mendapatkan pendidikan yang baik dan layak mulai dari jenjang SD sampai perkuliahan. Hal ini pun tentu saja berlaku untuk para pemuda-pemudi asal Papua.

Sebuah kisah haru datang dari Papua, di mana seorang anak pedalaman Papua berhasil menyelesaikan studinya bahkan dia menjadi wisudawan terbaik di kampusnya. Sungguh keren, bukan?

2 dari 4 halaman

Pria ini bernama Neas Wanimbo yang menempuh studi di salah satu kampus di Jakarta. Meski Neas berasal dari Wamena, Papua, tetapi dia membuktikan dirinya bisa bersaing dengan mahasiswa dari ibukota dan kota lainnya di Indonesia dan menjadi wisudawan terbaik pada tahun 2019 lalu.

Kisahnya ini dia ceritakan melalui akun Facebook-nya sendiri. Meski orang tuanya tak bisa hadir ke wisudanya, tetapi dia merasa begitu bangga dengan pencapaian yang sudah berhasil dia raih.

3 dari 4 halaman

Dalam unggahannya tersebut, tampak Neas memberikan pidato perpisahan sebagai wisudawan terbaik. Kala itu, dia tak kuasa menahan air matanya saat berbicara di atas podium.

 Pemuda Papua Jadi Wisudawan TerbaikPemuda Papua Jadi Wisudawan Terbaik © https://www.facebook.com/neaswanimbo

Setelah wisuda usai, Neas pun pulang kembali ke kampung halamannya. Dia membawa ijazahnya lengkap dengan toga untuk ditunjukkan pada orang tuanya tercinta bahwa dirinya telah berhasil menyelesaikan studi perkuliahan bahkan menjadi wisudawan yang terbaik.

4 dari 4 halaman

Neas menceritakan, " Ibuku menangis, setelah melihat bagaimana aku membawa semua itu, ibu juga merasa sangat bangga karena dia sudah mendengar bahwa aku adalah salah satu lulusan terbaik di Tanri Abeng University di tahun 2019, dan dia juga sering dengar tentang prestasiku sejauh ini," .

 Pemuda Papua Jadi Wisudawan TerbaikPemuda Papua Jadi Wisudawan Terbaik © https://www.facebook.com/neaswanimbo

Wah, pasti orang tua Neas bangga sekali pada dirinya atas pencapaian yang sudah berhasil dia raih. Dari mana pun kita berasal dan apa pun warna kulit kita tak akan bisa menghalangi cita-cita dan keinginan kita. Semangat terus dan pantang menyerah dalam menempuh pendidikan.

Join Diadona.id