Lapangan Tempat yang Digunakan untuk Lari Dinamakan dengan?

Reporter : Nasa
Jumat, 4 Februari 2022 09:17
Lapangan Tempat yang Digunakan untuk Lari Dinamakan dengan?
Mari simak jawaban dari pertanyaan 'Lapangan tempat yang digunakan untuk lari dinamakan dengan?' berikut ini.

Lapangan tempat yang digunakan untuk lari dinamakan dengan track and field. Selain itu, juga ada yang menyebut dengan lintasan lari atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan running track.

Lari sendiri merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Dalam cabang olahraga atletik terdapat jenis lainnya, yakni tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram, sampai dengan lompat tinggi.

Sebagai salah satu cabang olahraga paling bergengsi di Olimpiade, medali atau penghargaan olahraga lari menjadi rebutan astlet-atlet bergengsi dari seluruh dunia.

Sejauh ini, salah satu atlet lari dunia yang paling dikenal adalah Usain Bolt yang meraih 8 medali emas Olimpiade. Indonesia sendiri memiliki atlet lari muda berprestasi, yakni Muhammad Zohri.

1 dari 4 halaman

Lapangan Tempat yang Digunakan untuk Lari Dinamakan

Lapangan Tempat yang Digunakan untuk Lari Dinamakan © Diadona

Running track atau lintasan lari jadi jawaban dari pertanyaan " Lapangan tempat yang digunakan untuk lari dinamakan dengan?" Jadi jika ada pertanyaan lapangan tempat yang digunakan untuk lari dinamakan dengan? jawabannya adalah Running Track atau lintasan lari.

Salah satu informasi terkait lintasan lari yang perlu kamu ketahui juga adalah ukurannya. Jadi, meski olahraga lari memiliki beberapa kategori dengan jarak tempuh yang berbeda, namun lintasan yang digunakan dalam lomba lari adalah sama.

2 dari 4 halaman

Menurut info dari laman Sport and Safety Surface, ukuran lintasan lari dalam ajang atau kompetisi resmi adalah sebagai berikut :

  • Panjang keliling: 400 meter (outdoor), 200 meter (indoor)
  • Lebar: 7,32 meter
  • Jumlah lintasan: 6-10 (400 meter), 4-8 (200 meter)
  • Lebar setiap lintasan: 1,22 meter
  • Garis pemisah tiap jalur: 5 cm (sentimeter) berwarna putih

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Lari

Lapangan Tempat yang Digunakan untuk Lari Dinamakan © Diadona

  • Lari jarak pendek atau sprints Lari jarak pendek meliputi lari dengan jarak 100 meter, 200 meter, serta 400 meter.
  • Lari jarak menengah (middle distance) Lari jenis ini memiliki jarak 800 meter serta 1500 meter.
  • Lari jarak jauh (long distance) Kategori lari jarak jauh meliputi 3000 meter untuk kategori steeplechase (lari dengan berbagai rintangan), 5000 meter, 10.000 meter, serta lari marathon (42.195 meter).

4 dari 4 halaman

  • Lari gawang (hurdles) Lari gawang adalah kategori lari yang dilakukan dengan cara melewati gawang. Adapun jarak yang dipertandingkan adalah 100 meter putri, 110 meter putra, serta 400 meter untuk putri dan putra.
  • Lari estafet (relays) Lari estafet atau juga disebut dengan lari sambung adalah perlombaan lari yang dilakukan secara beregu. Alat yang digunakan dalam lari estafet adalah tingkat yang akan berpindah dari satu pelari ke pelari lain setelah menempuh jarak tertentu. Pada ajang resmi, satu regu dalam lari estafet biasanya berjumlah empat orang. Jarak yang ditempuh adalah 4x100 meter dan 4x400 meter.

Demikian ulasan dari pertanyaan " Lapangan tempat yang digunakan untuk lari dinamakan dengan" yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, semoga harimu menyenangkan!

Beri Komentar