Legenda Adalah Cerita Rakyat, ini Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 31 Mei 2021 13:48
Legenda Adalah Cerita Rakyat, ini Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya
Legenda adalah cerita tradisional yang sering diceritakan dalam bentuk dongeng

Legenda adalah cerita tradisional yang bercerita tentang seseorang atau suatu tempat. Dari segi cerita, legenda seperti cerita rakyat. Di dalamnya mungkin saja memuat cerita tentang elemen mitos, hal-hal supranatural atau fenomena alam.

Berasal dari bahasa latin, 'legendus', legenda adalah 'sesuatu yang harus dibaca'. Apa bedanya dengan mitos?

Ada berbedaan mencolok antara keduanya. Legenda adalah cerita yang dibuat-buat, sedangkan mitos merupakan cerita yang menjawab pertanyaan, misalnya tentang fenomena alam. Legenda bisa aja berdasarkan pada fakta yang nggak sepenuhnya benar. Tapi dalam beberapa kasus, legenda berhasil mengubah sejarah.

Legenda mungkin aja memiliki bukti yang mendukung sejarah, menceritakan tentang kisah kepahlawanan seseorang. Legenda mungkin aja berupa fakta yang dibesar-besarka. Adapun mitos, sebagian besar berisi narasi fiksi.

Legenda berkisah tentang para pahlawan yang melakukan perbuatan baik dengan kekuatan dan kecerdasan mereka. Sedangkan mitos adalah cerita tradisional yang melibatkan dewa-dewa budaya kuno.

1 dari 3 halaman

Pengertian Legenda

Legenda Adalah © Diadona

Begini nih definisi legenda menurut para ahli:

Buku Sari Kata Bahasa Indonesia

Bahwa legenda merupakan cerita rakyat zaman dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal usul terjadinya suatu tempat. Misalnya, legenda Tangkuban Perahu, Batu Menangis, dan masih banyak lagi.

Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran

Legenda adalah cerita rakyat yang mengisahkan tentang tokoh, tempat atau peristiwa tertentu dan mencampurkan natara mitos dan fakta sejarah.

Pudentia

Pudentia menjelaskan bahwa orang-orang mempercayai legenda sebagai suatu kisah yang benar-benar terjadi. Tapi menurut mereka, legenda bukanlah suatu kisah suci.

Hookay

Legenda adalah dongeng yang berdasarkan pada sejarah namun mengandung tambahan kisah ajaib, contohnya mengisahkan tentang kesaktian.

William R. Bascom

Menurutnya, legenda memiliki tuturan yang dianggap benar terjadi seperti halnya mitos.

Emeis

Bahwa legenda adalah tuturan lawas yang setengah ceritanya berdasarkan sejarah dan setengah lagi adalah khayalan

Melansir Literary Devices, legenda adalah narasi yang fokus pada tokoh spesifitk secara historis dan geografis. Legenda mirip dengan mitos dan bisa mengisi celah sejarah.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Legenda

Biar lebih jelas memahami mengenai legenda, intip dulu yuk seperti apa ciri-cirinya :

  • Tokoh yang diceritakan adalah manusia
  • Memiliki sifat keduniawian
  • Semi-sejarah
  • Bersifat pindah-pindah
  • Dipercaya sebagai suatu peristiwa yang benar terjadi

3 dari 3 halaman

Jenis Legenda

Legenda Adalah © Diadona

Bruvand membagi legenda menjadi beberapa jenis, antara lain:

Legenda Keagamaan

Seperti namanya, ini adalah legenda yang mengisahkan ornag-orang suci. Legenda keagamaan mengambil waktu terdahulu dan memiliki nilai cerita religius, panutan atau teladan dalam nilai keagamaan. Contohnya, legenda para wali songo.

Legenda Alam Gaib

Legenda alam ghaib memuat kisah manusia yang berhubungan dengan hal-hal supranatural, contohnya hantu, dunia jin, dan lainnya. Kisah ini diceritakan untuk menguatkan kepercayaan terhadap alam ghaib yakni takhayul. Misalnya nih cerita bahwa suatu tempat dihuni oleh mahkluk ghaib yang secara berkala meminta tumbal manusia.

Legenda Tempat

Adalah cerita legenda mengenai suatu tempat, bisa berupa asal mula terjadinya, asal mul nama atau bentuk topografi wilayahnya. Legenda ini dimiliki oleh hampir sleuruh wilayah di Indonesia. Contohnya mudah saja seperti legenda Gunung Tangkuban Perahu, legenda asal mula Surabaya, dan masih banyak lagi.

Legenda Perorangan

Yakni kisah legenda mengenai tokoh tertentu yang dianggap benar-benar terjadi. Jenis legenda ini banyak sekali di Indonesia. Si Pitung dan Nyai Dasima dari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Rara Mendut dan Jaka Tingkir dari Jawa Tengah.

Legenda adalah salah satu cerita rakyat yang tumbu subur di Indonesia dan berkisah mengenai hal supranatural, asal mula tempat dan juga penokohan.

Beri Komentar