Marshanda Ceritakan Awal Divonis Bipolar, Sempat Tak Bisa Terima Keadaan

Reporter : Mila
Kamis, 26 Agustus 2021 13:00
Marshanda Ceritakan Awal Divonis Bipolar, Sempat Tak Bisa Terima Keadaan
Simak yuk cerita Marshanda.

Siapa tak kenal Marshanda? Aktris yang sudah mengawali kariernya sejak masih muda ini memang masih eksis di dunia hiburan Tanah Air.

Marshanda diketahui sebagai salah satu pesohor Tanah Air yang mengidap bipolar disorder. Saat berbincang bersama Ashanty, Marshanda mengaku mengalami berbagai macam gejala dari penyakit tersebut.

Ia pun juga tak segan bercerita bagaimana saat pertama kali mengetahui dirinya mengidap penyakit mental tersebut.

1 dari 5 halaman

Marshanda Cerita Soal Bipolar Disorder

Dalam channel Youtube NGOBROL ASIX bersama Ashanty, Marshanda menceritakan semua terkait bipolar disorder yang dialaminya. Termasuk saat ia pertama kali mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit mental ini.

" Kamu bisa tahu itu waktu kamu umur berapa?," tanya Ashanty.

" Wah itu setelah kayak mungkin 4 tahun setelah aku dibilang bipolar sama psikiater. Karena aku gak pernah mau tahu," jawab mantan istri Ben Kasyafani ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Tidak Terima

Marshanda Ceritakan Awal Divonis Bipolar © Diadona

Mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit mental di usia yang masih sangat muda, Marshanda mengaku dirinya sempat denial atau tidak terima dengan keadaan.

" Pertama tahu kayak gak mau terima. Ya memang aku punya konflik dalam hidupku, tapi masa aku dibilang punya penyakit jiwa. Aku pikir aku wonderful, ternyata aku sakit," ucap Marshanda.

3 dari 5 halaman

Mulai Menerima dan Mempelajari Tentang Penyakit Mental

Setelah beberapa lama, akhirnya Marshanda memutuskan untuk membuka dirinya dan menerima kenyataan yang ada.

" Lalu aku mulai open saat aku mulai belajar psikologi, ilmu konseling, aku masuk kelas diploma hipnoterapi. Terus aku mulai deh pelan-pelan mempelajari psikologis manusia dan akhirnya nyemplung mempelajari bipolar disorder," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Gejala Bipolar Disorder

Marshanda menjelaskan, ada dua hal yang biasa dirasakan oleh seorang penderita penyakit bipolar.

" Susah banget untuk stabil. Jadi kalau orang bipolar itu fluktuasi yang high banget, over happy, sangat berenergi, over sensitif, banyak ide, terus omongnya jadi cepat. Itu kalau yang lagi tinggi, namanya mania," kata Marshanda.

Selain itu, ibu satu anak ini bercerita ada kecendrungan seorang penderita bipolar merasa depresi hingga ingin bunuh diri.

" Yang satu lagi depresi sampai ada pernah kepikiran untuk bunuh diri atau percobaan untuk bunuh diri mungkin," tutur Marshanda.

Ibu satu anak ini menjelaskan, semua gejala tersebut dapat dikurangi dengan menjalani perawatan.

Beri Komentar