Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama-Namanya?

Reporter : Nasa
Senin, 17 Januari 2022 09:27
Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama-Namanya?
Berikut ini adalah jawaban terkait pertanyaan 'Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama Namanya'

Mengapa Allah SWT itu indah nama-namanya? Pertanyaan tersebut cukup sering muncul dalam soal ujian sekolah agama. Seperti yang telah diketahui, Allah memiliki 99 nama indah dengan makna baik.

Dalam surat al-a'raf ayat 180, disebutkan bahwa :

"Dan Allah memiliki al-Asmau-al-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya al-Asmau-al-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

1 dari 4 halaman

Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama-Namanya?

Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama Namanya © Diadona

Nama-nama Allah SWT itu indah karena Allah merupakan pemilik yang Mahabaik dan pemilik al-asmau-al-husna (nama-nama yang terbaik). Jadi, jika ada pertanyaan 'Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama-Namanya?

Maka jawabannya adalah karena Allah merupakan pemilik al-asmau-al-husna / nama-nama yang baik, karena Allah pemilik yang Maha Baik, maka segala nama namaNya indah. Berikut merupakan contoh nama-nama Allah :

2 dari 4 halaman

Al-‘Alim (Maha Menegtahui)

Maksudnya Allah memiliki pengatahuan yang tidak terbatas. Alah mengetahui segala yang ada di alam semesta, yang di langit maupun di bumi. Allah mengetahui kenapa terjadi siang dan malam, mengetahui struktur tumbuhan dan lain sebagainya.

Al-Khabir (Maha Teliti) 

Maksudnya Allah Maha teliti / detail terhadap apa yang diciptakannya. Pohon diciptakan dengan sedemikian detail sehingga ia bisa tumbuh, dan berbuah, kemudian hewan dan manusia bisa memakannya dan lan sebagainya.

As-Sami’ (Maha Mendengar)

Maksudnya Allah maha mendengar segala suara yang ada di alam semesta yang pelan maupun yang keras maupun yang diucapkan dalam hari dan tak ada satupun yang luput dari pendengarannya. Sebab Allah memiliki pendengaran yang tidak terbatas.

Al-Basir (Maha Melihat)

Maksudnya Allah maha melihat segala sesuatu di dalam alam semesta entah itu planet maupun micoorganisme, dan melihat apa yang kita kerjakan.

3 dari 4 halaman

Asmaul Husna, Nama-Nama Baik Allah SWT

Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama Namanya © Diadona

Sementara itu, nama-nama Allah disebut dengan Asmaul Husna. Asmaul Huna sendiri berasal dari kata Arab, yakni Al-Asmaa yang berarti nama-nama. Kemudian terdapat sejumlah nama Allah SWt dengan tambahan al-Husna.

Lebih lanjut, menurut istilah, asmaul husna bermakna nama-nama yang indah bagi Allah SWT. Asmaul Husna hanya layak dimiliki oleh Allah SWT atas kebesaran dan keagungan-Nya. Asmaul Husna memiliki sifat yang sempurna.

Pada kitab asbabunnuzul dijelaskan tentang turunnya nama-nama Allah, yakni ketika Rasulullah melakukan shalat di Mekah dan berdoa dengan mengucapkan, " Ya Rahman, Ya Rahim" .

4 dari 4 halaman

Kemudian ucapan Rasulullah saat menyebut Asmaul Husna tersebut didengar sebagian kaum musyrik dan mereka berkata, " Perhatikan orang yang murtad dari agamanya, dia melarang kita menyeru dua Tuhan dan ia sendiri menyeru dua Tuhan."

Atas kejadian tersebut maka turunlah Surat Al-Isra:110 yang berbunyi:

Surat Al Isra 110 © Diadona

Artinya: Katakanlah: " Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu" .

Berdasarkan surat tersebut, kaum musyrikin mengira bahwa Rasulullah SAW menyebut nama Allah dan Ar-Rahman karena pengetahuan mereka sebatas memahami bahwa di daerah Yamamah ada orang yang bernama Rahman. Dengan turunnya ayat tersebut, secara langsung mematahkan dugaan kaum musyrikin.

Demikian ulasan terkait dengan pertanyaan 'Mengapa Allah SWT Itu Indah Nama-Namanya?' yang sudah Diadona rangkum kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat, semoga harimu menyenangkan!

Beri Komentar