Mengenal Smart City dan Penerapannya di Indonesia, Bukan Sekedar Kota Penuh Internet dan Aplikasi

D-Stories | Senin, 14 Juni 2021 15:35

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Smart City adalah kota yang menggunakan internet untuk meningkatkan kepentingan publik dan kesejahteraan masyarakatnya, nggak cuman kota dengan banyak wifi.

Smart city adalah wilayah kota yang mengombinasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya untuk berbagai informasi dengan publik, meningkatkan kesejahteraan masyakat dan efisiensi operasional serta pelayanan publik.

Misi tersebut didukung dengan keberadaan Internet of Things, yakni perangkat fisik yang terhubung dengan internet, saling terhubung, mengirimkan data dan melakukan tugasnya dengan peran minimal atau bahkan tanpa manusia.

Cari tahu lebih lanjut mengenai smart ciry dan penerapannya dan gimana penerapannya pada berbagai kota di Indonesia berikut ini yuk!

Mengenal Smart City dan Penerapannya di Indonesia, Bukan Sekedar Kota Penuh Internet dan Aplikasi
2 dari 4 halaman

Pengertian Smart City

Smart City adalahSmart City adalah © 2021 Gabriella Clare Marino on Unsplash

Perjalanan Smart City dimulai pada pertengahan tahun 1970 ketika Los Angeles meluncurkn projek data perkotaan skala besar pertama mereka. Ini kemudian dilihat sebagai suatu solusi holistik dalam ranah perkotaan dengan mengunakan metode pengumpulan data dari berbagai tipe Internet of things.

Untuk tujuan ini, informasi mengenai bangunan, warga, perangkn, dan juga aset diproses secara efisien dan realtime untuk pengelolaan kota.

Sebagian besar literatur membuat definisi bahwa Smart City adalah aplikasi dan teknologi yang memenuhi tiga karakteristik berikut:

  • Kelompok sasaran adalah kota dan komunitas
  • Untuk meningkatkan cara hidup dan bekerja di kota tersebut
  • Mengerahkan teknologi informasi dan komunikasi

Dikutip dari laman Internet of Things, 'Smart City' memiliki definsii yang luas sekali. Namun misi menyeluruhnya adalah mengoptimalkan fungsi kota dan mendorong pertumbuhan ekonomi sambil meningkatkan kualitas hidup warganya menggunakan teknologi pintar dan analisis data. Tolak ukurnya bukan pada seberapa banyak teknologi yang digunakan, tapi pada bidang apa saja teknologi dimanfaatkan.

3 dari 4 halaman

Konsep Smart City

Smart City adalahSmart City adalah © 2021 Clique Retire on Unsplash

Smart City bukan hanya semata penggunaan aplikasi dan teknologi sebagai solusi, melainkan sebagai sebuah alat untuk menyelesaikan masalah perkotaan secara efisien dan juga efektif. Artinya, bukan pada seberapa banyak CCTV yangd imiliki suatu kota, aplikasi yang dibuat untuk publik, koneksi wifi publik, namun bagaimana penggunaan teknologi tersebut bisa meningkatkan kehidupan masyarakatnya.

Konsep Smart City pada umumnya meliputi :

  • Memiliki kinerja yang baik dnegan berpandangan pada ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup.
  • Menjadikan kota lebih layak huni dan efisien
  • Menggunakan smart computing untuk membuat Smart City di mana fasilitasnya saling berhubungan dan efisien.
  • Mengontrol dan mengintegrasikan semua infrastruktur.

Giffinger & Pichler-Milanovi?, menyebut ada enam dimensi yang dimiliki oleh Smart City, yakni:

  • Smart enviroment
  • Smart Economy
  • Smart Live
  • Smart Living
  • Smart People, dan
  • Smart Mobility

Smart City adalah konsep yang diusung oleh pemerintah Indonesia dalam perencanaan pemukiman baru dan telah diadopsi di berbagai kota di Indonesia. Gimana penerapannya?

Jakarta sudah punya program Smart City sejak 2014 lalu, menyusul Surabaya tak lama kemudian. Bagaimana penerapannya?

4 dari 4 halaman

Jakarta Smart City

Smart City adalahSmart City adalah © 2021 Luis Quintero from Pexels

Jakarta Smart City adalah solusi atas banyaknya tantangan kompleks yang dimiliki oleh kota dengan tingkat urbanisasi tertinggi di dunia dan pendapatan perkapita tertinggi se-Indonesia ini. Jakarta menyadari bahwa mereka harus lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi di semua sektor publik

Bagaimana penerapannya?

  • Yakni keberadaan portal untuk monitoring banjir, truk sampah, mesin berat dan lainnya
  • Aplikasi Qlue yang bisa digunakan masyarakat untuk mengadukan masalah perkotaan kepada dinas terkait.
  • Portal yang bisa diakses di smartcity.jakarta.go.id untuk mendapatkan informasi tentang kondisi Jakarta mulai dari harga pangan, harga tanah, lokasi rumah sakit terdekat, ambulans dan lokasi bus Transjakarta.,

Selain Jakarta, beragam kota lain sudah yang menginsiasi konsep Smart City adalah Bandung, Surabaya, Makassar, Semarang, Bogor, Bekasi dengan penerapan secara eksplisit maupun tidak.

Join Diadona.id