Mia Krisna Pratiwi, Aktivis Lingkungan Indonesia Masuk Daftar BBC 100 Women 2021

D-Stories | Selasa, 7 Desember 2021 13:33

Reporter : Nasa

Ini sederet prestasi Mia Krisna Pratiwi yang masuk daftar 100 perempuan berpengaruh tahun ini versi BBC

Perempuan Indonesia ini masuk ke dalam jajaran BBC 100 Women 2021. Adalah Mia Krisna Pratiwi yang disebut merupakan seorang aktivis lingkungan Indonesia.

Mia Krisna Pratiwi merupakan warga negara Indonesia yang fokus menyelesaikan krisis sampah plastik di Pulau Bali, Indonesia melalui Griya Luhu.

Mia Krisna Pratiwi, Aktivis Lingkungan Indonesia Masuk Daftar BBC 100 Women 2021
2 dari 5 halaman

Apa Itu Griya Luhu?

Bank Sampah Griya LuhuBank Sampah Griya Luhu © 2021 instagram/Griya Luhu

Griya Luhu sendiri merupakan komunitas kelola sampah dalam sistem digital. Bersama dengan masyarakat setempat, Griya Luhu ini mengembangkan bank sampah digital.

Tujuannya adalah membuat sistem berbasis aplikasi untuk mengumpulkan dan memproses sampah dengan lebih baik, dan juga mengumpulkan data guna pendukung perubahan lebih lanjut dalam pengelolaan sampah.

3 dari 5 halaman

Mia Menempati Urutan ke-46

Mengutip dari laman BBC, Selasa (7/12/2021), Mia menduduki posisi ke 46. Mia sendiri diketahui merupakan seorang sarjana Teknik Lingkungan dari Insititut Teknologi Bandung (ITB).

Ia sendiri berprofesi sebagai manajer operasi, yang bertugas mengawasi aktivitas keseharian sistem bank sampah yang dikelola oleh komunitas Griya Luhu.

4 dari 5 halaman

BBC 100 Women

BBC 100 Women adalah serial multi-format BBC yang dibentuk pada tahun 2013. Serial ini menampilkan peran perempuan pada abad ke-21 dan melibatkan beberapa kegiatan yang berlangsung di London dan di Meksiko.

Di dalamnya terdapat 100 wanita yang dianggap memiliki peran penting bagi dunia. Tahun ini terdapat lima bidang yang membagi para kandidat dalam daftar BBC 100 Women 2021. Berikut ini di antaranya:

5 dari 5 halaman

  • Afghanistan
  • Culture & Education
  • Entertainment & Sport
  • Politics & Activism
  • Science & Health

Bangga banget ya tahun ini ada perempuan Indonesia lagi yang masuk daftar 100 perempuan berpengaruh versi BBC. Semoga berikutnya makin banyak perempuan Indonesia yang menginspirasi dan berkontribusi terhadap persoalan di masyarakat.

Join Diadona.id