Nagita Slavina Bisa Duduk 2 Jam Selang Operasi Caesar Metode ERACS

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 26 November 2021 20:32
Nagita Slavina Bisa Duduk 2 Jam Selang Operasi Caesar Metode ERACS
Tak hanya duduk dan berdiri saja, pasien sudah bisa makan dan minum dalam 2 jam setelah operasi metode ERACS.

Nagita Slavina pada hari ini dikabarkan telah melahirkan buah hati keduanya. Istri Raffi ahmad ini jalani persalinan secara sectio caesar di RS Bunda, Jumat (26/11/2021).

Tentu, hal ini menjadi operasi SC kedua Nagita. kendati demikian, ada perbedaan ada metode operasi yang ia jalanii yaitu dengan metode ERACS atau Enchanced Recovery After Caesarean Surgery.

1 dari 6 halaman

ERACS adalah metode pemulihan singkat setelah operasi SC. Jika pada umumnya dibutuhkan waktu 1x24 jam buat bisa berdiri hingga duduk pasca operasi, namun metode ERACS memungkinkan pasien melakukan hal tersebut selama 1-2 jam saja lho.

2 dari 6 halaman

Hal itu dibuktikan oleh Nagita Slavina lewat unggahan Instagram Stories-nya. Ia sudah bisa duduk dan membuka kiriman cake yang diterima dari kasurnya. Tak hanya duduk dan berdiri saja, pasien sudah bisa makan dan minum dalam 2 jam setelah operasi metode ERACS ini.

3 dari 6 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Raffi Ahmad and Nagita Slavina (@raffinagita1717)

Bahkan, pasien juga sudah bisa lepas kateter dan bisa ke kamar mandi sendiri dalam 6-8 jam setelah operasi. Nagita Slavina sendiri menjelaskan alasan memilih caesar saat melahirkan anak keduanya. Pertimbangan pertama adalah kondisi pandemi Covid-19.

"Bukan enggak mau lahiran normal. Kalau lahiran normal kita enggak tahu berapa jam harus stand by di rumah sakit," ujar Nagita Slavina pada unggahan Instagram pribadinya.

4 dari 6 halaman

Dengan teknik ERACS ini, proses pemulihan pun akan berlangsung cepat, rasa nyeri, disfungsi usus postoperative (pada operasi colorectal), dan imobilisasi pun bisa diminimalkan.

Langkah-langkah pemulihan cepat pada operasi SC dengan ERACS ini adalah sebagai berikut:

5 dari 6 halaman

Pre Operasi:
1. Puasa makan padat 6 jam sebelum operasi.
2. Masih diperbolehkan minum teh manis sampai 2 jam sebelum operasi
3. Pemasangan Infus untuk pemberian cairan dan obat-obatan

Intra Operasi:
1. Pembiusan dilakukan di kamar operasi dengan teknik spinal
2. Segera setelah bayi lahir, bayi akan di periksa oleh Dokter Anak untuk memastikan apakah bayi sehat dan selanjutnya didekapkan ke dada ibu (IMD).

6 dari 6 halaman

Pasca Operasi:
1. Duduk dan berdiri dalam 1-2 jam setelah operasi
2. Makan dan minum dalam 2 Jam setelah operasi
3. Lepas kateter dan BAK sendiri ke kamar mandi dalam 6-8 jam setelah operasi
4. Memberikan ASI kepada bayiPemeriksaaan darah post operasi.

Well, semakin berkembangnya teknologi, makin memberikan kemudahan dalam kehidupan termasuk pada proses persalinan ini ya Moms. Terlepas dari itu semua, sekali lagi selmaat buat Nagita Slavina atas kelahiran anak kedua.

Beri Komentar