Nama Lain Permainan Tenis Meja adalah Ping-Pong, Begini nih Asal Muasal Namanya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 8 Februari 2022 17:32
Nama Lain Permainan Tenis Meja adalah Ping-Pong, Begini nih Asal Muasal Namanya
Nama lian permianan tenis meja adalah ping-pong yang berasal dari bunyi ketika bola dimainkan.

Nama lain permainan tenis meja adalah pingpong. Ini adalah permainan bola yang memiliki prinsip sama dengan tenis lapangan. Hanya saja seperti namanya, lapangan pada permainan ini menggunakan meja datar yang dibagi menjadi dua lapangan dengan jaring yang dipasangan melintang di tengah.

Dikutip dari Britannica, tujuan dari permainan ini memukul bola sehingga melewati net dan memantul di meja lawan sedemikian rupa sehingga lawan tak bisa menjangkaunya atau mengembalikannya dengan benar. Nah bola pingpong didoring melintasi net dengan menggunakan raket atau bet kecil yang dipegang oleh pemain.

Permain tenis meja atau yang memiliki nama lain pingpong ini populer di seluruh dunia lho! Di Eropa dan di Asia khususnya China dan Jepang, pingpong diorganisir menjadi olahraga yang kompetitif.

1 dari 3 halaman

Sejarah Permainan Tenis Meja yang Memiliki Nama Lain Pingpong.

Permainan ini ditemukan di Inggris pada tahun 1880 Di Inggris Victoria dan pada awalnya disebut Ping-Pong. Dilansir dari Ping Pong Ruler, tenis meja adalah permainan adaptasi dari tenis lapangan yang populer sebagai cara agar bisa memainkan permainan tersebut di dalam ruangan saat musim dingin. ,

Pertandingan pertama dimainkan dengan menggunakan gabus sampanye sebagai bola, kotak cerutu sebagai bat, dan buku untuk jaring. DAn pada saat itu, permainan ini cuman dianggap sebagai permianan masyarakat kelas menengah aja.

Trus di tahun 1890, seorang warga Inggris bernama David Foster mulai mengenalkan permainan ini. Pada tahun 1897, kejuaraan nasional pertama diselenggarakan di Hongaria. Setelah perjalanan ke Amerika Serikat, pada tahun 1901 James Gibb membawa kembali bola seluloid pertama, yang jauh lebih ringan daripada bola karet. Setahun kemudian, pada tahun 1902, EC Gould, seorang penggemar permainan dari Inggris, memperkenalkan bat pertama yang dilapisi karet.

2 dari 3 halaman

Nama Lain Permainan Tenis Meja adalah © Diadona

Trus pada akhirnya permainan ini jadi populer banget dimainkan di dalam rumah oleh orang-orang karena nggak membutuhkan ruangan luar yang luas. Akhirnya banyak perusahaan yang menjual peralatan bermain, mulai dari jaring, bat hingga bolanya. Trus saat itu, ada banyak nama lain permainan tenis meja tergantung pada perusahaan yang mengeluarkan perangkat permainannya, meliputi:

  • Ping-Pong atau Gossima
  • Tenis meja
  • Pim-Pam
  • Pom Pom, dan masih banyak lagi

Nah, nama tenis meja sendiri baru dipakai pada tahun 1921-1922 saat Asosiasi Ping-Pong lama yang dibentuk di tahun 1902 dihidupkan kembali. Permainan ini kemudian masuk sebagai salah satu olahraga Olimpiade di tahun 1998.

3 dari 3 halaman

Asal Nama PingPong, Nama Lain Permainan Tenis Meja

Kata 'Ping-Pong' dikecualikan dari terminologi resmi, tapi nama ini populer banget kan? Nah nama lain permainan tenis meja ini merupakan Onomatopoeia dari olahraga ini yang muncul di Timur dan Selatan Asia. Apa itu onomatopoeia? Yakni pross penciptaan kata dari bunyi-bunyiannya. Nah kata 'ping' ini adalah tiruan dari suara bet yang memukul bola dan 'pong' sama dengan suara pantulan di atas meja.

Menurut 'Buku Ajar Teori dan Praktik Permainan Tenis Meja' (2020) yang ditulis oleh Andi Kasanrawali, S.Pd., M.Pd, hampir seluruh negara di dunia mengenal olahraga tenis meja dengan pingpong.

Istilah pingpong sendiri dipatenkan oleh perusahaan Inggris J.Jaques dan Son Ltd sebagai sebuah merek dagang pada tahun 1901. Usai dipatenkan, Pingpong jadi merek dagang di Amerika pada tahun 1920-an.

Kemudian pada tahun 1926, berdirilah Federation Internationale de Tennis de Table atau International Table Tennis Federation (ITTF). Sejak saat itu, nama olahraga juga lazim digunakan.

Nah udah tahu kan bahwa nama lain permainan tenis meja adalah Ping-Pong dan darimana nama tersebut berasal.

Beri Komentar