Nostalgia 15 Soundtrack Sinetron Jadul, Masih Pada Hafal Nggak nih?

D-Stories | Jumat, 7 Agustus 2020 11:40
Nostalgia 15 Soundtrack Sinetron Jadul, Masih Pada Hafal Nggak nih?

Reporter : Firstyo M.d.

Sebelum nonton sinetronnya, nyanyikan dulu lagu-lagunya.

Selain dari segi cerita, sinetron-sinetron yang tayang di televisi era 90-an dan 2000-an awal punya ciri khas berupa soundtrack original. Soundtrack atau lagu tema tersebut biasa diciptakan khusus untuk judul sinetron tertentu.

Hal ini berbeda dengan sinetron zaman sekarang yang cenderung memakai lagu yang sudah populer untuk menjadi soundtrack.

Jangan harap bisa mendengarkannya setiap waktu, lagu soundtrack sinetron menjadi berkesan karena hanya bisa didengarkan setiap awal dan akhir penayangan sinetron.

Berikut ini adalah 15 soundtrack sinetron jadul 

2 dari 7 halaman

Tuyul dan Mbak Yul

Sinetron tentang tuyul baik hati bernama Ucil ini mempunyai lagu opening dengan lirik yang cukup lucu. Salah satu bagian paling diingat adalah pengulangan kalimat " Tuyul dan Mbak Yul" jelang akhir lagu.

Si Doel

'Si Doel' bisa jadi adalah salah satu sinetron terbaik sampai saat ini. Terlepas dari cerita dan akting para pemainnya, soundtrack sinetron yang dibintangi oleh Rano Karno ini juga sangat mudah diingat. Bagian paling diingat tentu adalah bait " Anak Betawiii" dan rap di awal lagu.

Bidadari

Kisah drama Lala si anak tiri bersama Ibu Peri penolong dalam sinetron 'Bidadari' sangatlah terwakili dalam soundtrack di awal dan akhir tayangan. Marshanda sebagai pemeran utama juga sekaligus menyanyikan lagu tersebut.

3 dari 7 halaman

Jinny Oh Jinny

Petualangan Bagus dan Jinny dalam sinetron 'Jinny Oh Jinny' tergambarkan dalam lirik soundtrack yang menceritakan awal pertemuan keduanya. Pertama jumpa di laut cinta~

Gengsi Gede-Gedean

Judul sinetron ini mungkin agak kurang familiar bagi beberapa orang, namun begitu mendengarkan soundtrack-nya, kami yakin kalian semua akan langsung ngeh. Setidaknya pernah dalam hidup kalian mendengarkan soundtrack dari sinetron yang dibintangi Teuku Zacky, Masayu Anastasia, dan Zaky Zimah ini.

Si Yoyo

Teuku Ryan memerankan anak yang memiliki keterbelakangan mental dalam sinetron 'Si Yoyo'. Soundtrack yang dimiliki sinetron ini menceritakan tentang usaha menyemangati tokoh Yoyo yang sering menjadi korban bully dan mengalami tragedi.

4 dari 7 halaman

Wiro Sableng

'Wiro Sableng' adalah salah satu serial laga Indonesia yang paling populer. Terbukti judul ini sampai diangkat ke layar lebar. Soundtrack-nya pun tak kalah berkesan, terlebih karena muatan irama etnis, rock, dan rap yang tercampur menjadi satu lagu.

Tersanjung

Sinetron picisan yang bertahan cukup lama dan tayang hingga tujuh season. Lagu tema sinetron 'Tersanjung' yang berjudul sama terdengar sangat mendayu dan mewaikili isi cerita.

Anak Ajaib

Salah satu masterpiece Joshua Suherman semasa menjadi artis cilik. Dalam sinetron 'Anak Ajaib', Joshua mengambil peran sebagai pemeran utama sekaligus penyanyi soundtracknya.

5 dari 7 halaman

Jin dan Jun

Soundtrack sinetron 'Jin dan Jun' sejatinya nggak sepadat lagu tema judul lain. Lebih menekankan pada irama musik Timur Tengah, lagu ini hanya memiliki dua kalimat yang diulang, yakni " Jin dan Jun selalu berdua" dan " Jin dan Jun tak pernah ada duka" . Gampang dihafal!

Tersayang

Sinetron 'Tersayang' identik dengan topi berwarna biru dan pink milik tokoh Dion dan Mayang. Topi tersebut kemudian menjadi merchandise resmi bagi para penggemar sinetron 'Tersayang'. Lagu tema sinetron ini memiliki irama yang merdu dan mendayu.

Jadi Pocong

'Jadi Pocong' adalah terobosan dalam dunia sinetorn Indonesia. Ia menggabungkan antara horor dengan komedi, sesuatu yang belum lazim kala itu. Mandra berperan penting dalam sinetron ini karena ia menjadi tokoh utama, produser, sekaligus penyanyi soundtrack. 

6 dari 7 halaman

Keluarga Cemara

Sinetron 'Keluarga Cemara' bersama soundtracknya sangat bertanggung jawab mengubah pola pikir banyak orang, bawasannya harta paling berharga bukan semata uang atau perhiasan, melainkan keluarga.

Pernikahan Dini

Muncul di era Agnes Monica, sebelum menjadi Agnez Mo, tema sinetron ini sebenarnya masih relevan hingga sekarang karena menceritakan pergaulan bebas di kalangan anak SMA di kota besar. Agnes Monica mengambil peran sebagai tokoh utama sekaligus pengisi soundtrack.

Wah Cantiknya

Anjasmara menampilkan salah satu akting paling ikoniknya dalam sinetron 'Wah Cantiknya'. Ia memerankan tokoh Cecep yang jatuh hati dengan Kartika (Tamara Belzynski). Soundtrack sinetron ini diciptakan oleh musisi kawakan, Denny Chasmala.

Join Diadona.id