Pantang Menyerah, Kisah 10 Artis Indonesia yang Mampu Sembuh dari Kanker Ini Inspiratif Banget!

D-Stories | Senin, 10 Agustus 2020 21:12
Pantang Menyerah, Kisah 10 Artis Indonesia yang Mampu Sembuh dari Kanker Ini Inspiratif Banget!

Reporter : Firstyo M.d.

Perjuangan sederet nama tenar menghadapi penyakit mematikan bernama kanker.

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Pada tahun 2018, data Kemenkes menyebut ada 207.210 kematian akibat kanker.

Dekat dengan gemerlap dunia keartisan dan berbekal ketenaran nggak cukup untuk menghindarkan para artis dari penyakit apapun, termasuk kanker.

Kendati menjadi salah satu penyakit paling mematikan, namun nyatanya beberapa nama artis mampu berjuang dan melawan penyakit kanker tersebut hingga akhirnya sembuh dan dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.

Berikut ini adalah kisah 10 artis Indonesia yang mampu sembuh dari kanker.

2 dari 12 halaman

Pevita Pearce

 Pevita PearcePevita Pearce © instagram.com/pevpearce

Aktris cantik berbakat pemeran tokoh Sri Asih, Pevita Pearce, sempat merasakan ancaman penyakit kanker pada 2016 lalu.

Berawal dari medical check up, ditemukan bahwa ada gumpalan darah di payudaranya yang kemudian disinyalir merupakan tumor jinak. Operasi pengangkatan pun dilakukan dan Pevita berhasil sembuh dari penyakit tersebut.

3 dari 12 halaman

Rachel Amanda

 Rachel AmandaRachel Amanda © instagram.com/auroramanda95

Pemeran tokoh Awan dalam film 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini', Rachel Amanda juga merupakan salah seorang pejuang kanker yang berhasil sembuh. Manda mengidap kanker tiroid pada 2014 silam. Ia mengaku merasakan sejumlah gejala seperti berat badan yang turun drastis, jantung berdebar kencang, dan kerap berkeringat sebelum akhirnya diketahui bahwa ia megidap kanker tiroid.

Manda melakukan sejumlah usaha untuk sembuh, salah satunya adalah melakukan pengangkatan sel kanker, termasuk tiroid yang ada di lehernya untuk memastikan penyakit ganas itu tak menyebar.

4 dari 12 halaman

Aldi Taher

 Aldi TaherAldi Taher © Bintang.com/Deki Prayoga

Pesinetron Aldi Taher sempat malang melintang di dunia hiburan tanah air. Namun namanya sempat tenggelam ketika ia didiagnosis mengidap kanker kelenjar getah bening pada 2017 lalu.

Awalnya Aldi merasakan sakit di bagian leher sebelum akhirnya ia divonis mengidap kanker kelenjar getah bening Ia pun rehat sejenak dari hingar-bingar keartisan, untuk fokus melakukan rangkaian pengobatan dan kemoterapi. Benjolan di leher Aldi kini telah hilang dan perlahan ia mulai beraktivitas lagi di dunia entertainment.

5 dari 12 halaman

Baby Margaretha

 Baby MargarethaBaby Margaretha © instagram.com/babymargaretha1

Model dan akrtis seksi Baby Margaretha terkenal dengan berbagai peran panasnya di sejumlah judul film seperti 'Eyang Kubur' dan 'Pocong Mandi Goyang Pinggul'.

Rupanya, Baby yang kerap muncul sebagai model di majalah pria dewasa itu sempat mengidap kanker payudara di tahun 2000. Operasi pengangkatan langsung dilakukan. Baby juga harus menjalani USG payudara setahun sekali untuk memastikan ia sembuh total.

6 dari 12 halaman

Titiek Puspa

 Titiek PuspaTitiek Puspa © Bintang.com/Deki Prayoga

Artis legendaris Titiek Puspa kini telah menginjak usia 82 tahun. Sekilas, penampilan Eyang Titiek sangat tidak mencerminkan usianya. Gerakannya masih lincah, pun raut wajahnya masih sama seperti ketika ia muda dulu.

Dibalik penampilannya yang awet muda itu, rupanya Eyang Titiek sempat mengidap kanker, yakni jenis kanker serviks. Eyang Titiek mengidap penyakit mematikan itu di usia 73 tahun dan berhasil sembuh setelah menjalani serangkaian pengobatan termasuk kemoterapi.

7 dari 12 halaman

Epy Kusnandar

 Epy KusnandarEpy Kusnandar © Bintang.com/Deki Prayoga

Pemeran tokoh Kang Mus dalam sinetron dan film 'Preman Pensiun', Epy Kusnandar juga sempat mengalami kerasnya melawan kanker. Ia sempat benar-benar harus pensiun dari dunia keartisan setelah diketahui mengidap kanker otak pada 2010 lalu. Vonis dokter bahkan mengatakan bahwa usia Epy hanya tersisa empat bulan lagi.

Sempat hampir putus asa, Epy berhasil melawan penyakit kanker otaknya setelah melakukan terapi herbal akar sidaguri dan puasa makan daging setiap hari.

8 dari 12 halaman

Andien Aisyah

 Andien AisyahAndien Aisyah © instagram.com/andienaisyah

Penyanyi Andien Aisyah terkenal dengan gaya hidup sehatnya. Ia kerap terlihat melakoni berbagai jenis olahraga. Gaya hidup sehat itu ia terapkan setelah merasakan pahitnya kanker.

Pada 2012, Andien divonis menderita kanker payudara. Andien yang masih duduk di bangku SMA pun harus menjalani pengobatan dan operasi pengangkatan kala itu. Beruntung ia berhasil sembuh dari penyakit mematikan tersebut.

9 dari 12 halaman

Rima Melati

 Rima MelatiRima Melati © Bintang.com/Andy Masela

Aktris senior Marjolien Tambajong atau yang lebih populer dengan nama Rima Melati termasuk salah satu artis Indonesia yang pernah menderita kanker.

Kanker yang diderita Rima Melati adalah jenis kanker payudara. Diketahui penyakit itu timbul karena kebiasaan merokok yang sudah dilakukannya sejak berusia 16 tahun. Rima pun melakukan pengobatan kanker di Belanda dan kini telah dinyatakan bebas dari penyakit tersebut.

10 dari 12 halaman

Vidi Aldiano

 Vidi AldianoVidi Aldiano © instagram.com/vidialdiano

Penyanyi dengan vibrato yang khas, Vidi Aldiano, sempat membuat berita menghebohkan kala ia dikabarkan mengidap kanker pada akhir 2019 lalu. Pasalnya, Vidi masih terlihat aktif bernyanyi di berbagai event sebelum vonis penyakit tersebut datang.

Pada Oktober 2019, Vidi diketahui mengidap kanker ginjal stadium tiga setelah melakukan tes USG di Singapura. Saat itu, ia memutuskan melakukan pengangkatan ginjal untuk mencegah penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh.

11 dari 12 halaman

Feby Febiola

 Feby FebiolaFeby Febiola © instagram.com/febyfebiola_

Pesinetron Feby Febiola lama tak hadir di layar kaca. Rupanya hal tersebut disebabkan oleh kanker ovarium yang diidapnya.

Feby divonis dokter mengidap kanker ovarium stadium 1c dan harus melakukan kemoterapi untuk penyembuhan. Berbeda dengan deretan artis di atas yang telah berhasil sembuh, Feby kini tengah berjuang melawan kanker yang diidapnya. Semangat!

Join Diadona.id