Penelitian Ungkapkan Kolam Renang Umum Mengandung Puluhan Liter Urin, Masih Berani Nyebur?

Reporter : Yoyok
Senin, 21 September 2020 16:50
Penelitian Ungkapkan Kolam Renang Umum Mengandung Puluhan Liter Urin, Masih Berani Nyebur?
Masyarakat sepertinya harus lebih disiplin deh

Berenang merupakan salah satu olahraga menyehatkan sekaligus dapat melepaskan stres. Jika kamu tidak memiliki kolam renang di rumah, banyak kolam renang umum yang tersedia.

Namun, ada fakta terbaru tentang kolam renang umum ini. Fakta tersebut berkaitan dengan kandungan urin yang ada di dalamnya.

Nyatanya, tidak sedikit lho kandungan urin yang berada di dalam kolam renang.

1 dari 7 halaman

Bergalon-galon

Sering kita temui banyak orang yang tidak disiplin saat menggunakan kolam renang umum. Banyak yang malas pergi ke kamar mandi, dan sengaja buang air kecil di dalam kolam renang.

Jangan kira jika orang yang kamu temui melakukan hal sperti itu sedikit, maka kandungan urin yang berada dalam kolam renang juga seikit. Nyatanya, jumlahnya mencapai bergalon-galon lho.

Ilustrasi kolam renang © Diadona

2 dari 7 halaman

ACE

Dikutip dari hai, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Kanada telah melakukan studi tentang kolam renang umum. Mereka berhasil mengetahui berapa banyak kandungan urin yang biasanya terdapat di dalam kolam renang umum.

Penelitian tersebut menggunakan pemanis buatan yang disebut acesulfame pottasium (ACE) yang terkandung dalam berbagai produk makanan.

3 dari 7 halaman

Media Penelitian

Para peneliti memilih ACE sebagai media penelitian dikarenakan tubuh manusia tidak dapat menguraikan kandungan tersebut. Sehingga senyawa ACE tersebut direaksikan dalam urin.

Dalam berbagai tingkat pH dan suhu, kandungan ACE di dalam dapat terdeteksi.

4 dari 7 halaman

Dua Kolam Renang

Para peneliti pun menggunakan dua kolam renang umum dalam penelitian mereka selama tiga minggu. Tidak semuanya berukuran besar, satu kolam renang umum kecil dan juga besar.

Kolam renang kecil menampung 110.000 galon atau sekitar 416.395 liter air. Sedangkan yang besar menampung 220.000 galon atau setara dengan 832.790 liter air.

ilustrasi berenang © Diadona

5 dari 7 halaman

20 Galon

Dengan menggunakan ACE, para peneliti dapat mengukur perkiraan jumlah urin dalam sebuah kolam renang. Dalam kolam renang umum kecil, terdapat kandungan urin sebanyak 7,92 galon atau sekitar 30 liter urin.

Dan untuk kolam renang yang lebih besar, terdapat kandungan urin sebesar 20 galon atau setara dengan 76 liter urin.

6 dari 7 halaman

Buruk Untuk Kesehatan

Tentu saja urin dengan jumlah segitu memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Selain buruk kepada kulit, organ dalam juga dapat terkena dampaknya lho.

Seperti halnya paru-paru, jantung, dan juga sistem saraf pusat. Selain itu, kolam renang umum yang memiliki kandungan urin sebanyak itu dapat menimbulkan masalah pernapasan serta iritasi mata.

Beri Komentar