Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, dan Contoh Singkatnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 24 Mei 2022 16:01
Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, dan Contoh Singkatnya
Ada yang masih bingung dengan pengertian teks biografi dan bedanya dengan autobiografi? Simak di ulasan berikut ini ya!


Pernahkah kamu membaca kisah nyata tentang perjalanan hidup seorang tokoh besar? Baik dalam bentuk sebuah buku atau tulisan singkat. Misalnya nih tentang kisah hidup dan perjuangan pahlawan atau selebriti terkenal. Nah itulah yang disebutdengan biografi.,

Melansir dari Britannica, biografi adalah sastra nonfiksi di mana subjek tulisannya adalah kehidupan seorang individu yang terkenal. Karena itu, biografi biasanya menceritakan tentang kisah hidup sampai kelebihan yang dimiliki tokoh tersebut. Biografi bisa untuk menulis orang yang sudah atau belum meninggal. Biografi adalah bentuk sastra tertua, bertujuan untuk mengenang atau menceritakan kehidupan orang yang ditulis dengan memanfaatkan semua bukti yang ada termasuk diantaranya ingatan sang penulis, hingga bahan tertulis, lisan atau gambar.

Kamu mungkin pernah mendengar tentang autobiografi. Apa bedanya dengan biografi ini?

Nah, dari segi isi sih keduanya sama aja yakni tentang kisah hidup seorang tokoh. Hanya saja bila biografi ditulis oleh orang lain, autobiografi ditulis oleh orang itu sendiri.

Jadi singkatnya nih, pengertian teks biografi adalah tulisan berupa kisah hidup seorang tokoh yang terkenal, ditulis sebagai cerita yang lebih.

Lebih lanjut tentang teks biografi, simak dalam ulasan Diadona berikut ini ya!

1 dari 4 halaman

Ciri Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, dan Contoh Singkatnya © Diadona

Ciri dari teks biografi antara lain:

  • Memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi.
  • Menceritakan tentang bagaimana tokoh dalam memecahkan suatu masalah hidup yang dihadapinya hingga kemudian berhasil
  • Memiliki struktur yang jelas

Dan struktur dalam biografi yakni:

  • Orientasi, yakni pengenalan tokoh. Dalam bagian ini berisi gambaran awal tentang tokoh tersebut.
  • Peristiwa dan masalah, yakni ketika tokoh mulai mendapatkan masalah atau ujian dalam hidupnya. Juga diceritakan tentang bagaimaa tokoh memecahkan masalah tersbut, peristiwa senang atau sedih serta mengesankan apa saja yang terjadi hingga apa saja yang mengantarkannya meraih mimpi.
  • Reorientasi, yang dalam struktur biografi merupakan bagian penutup. Di bagian ini terdapat pandangan penulsi tentang tokoh. Reorientasi boleh ada maupun tidak.

2 dari 4 halaman

Jensi Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, dan Contoh Singkatnya © Diadona

Dikutip dari situs Kemetrian Pendidikan dan Kebidayaan, berdasarkan jenisnya, biografi terbagi menjadi beberapa diantaranya :

  • Authorized biography, yang dibuat oleh penulis lain dengan seizin tokoh yang diceritakan. Tujuannya untuk menceritakan ulang kisah hidup tokoh tersebut dalam bentuk teks narasi.
  • Unauthorized biography, ditulis tanpa izin tokoh tersebut. Ini terjadi bila tokoh tersebut sudah meninggal dunia

Sementara itu berdasarkan isinya, teks biografi dibagi menjadi:

  • Perjalanan Hidup, yakni mengisahkan tentang perjalnaan hidup tokoh tersebut di sisi yang sesuai dengan yang penulis inginkan. Misalnya nih tentang kisah dalam perjalan hidup si tokoh yang mengharukan, misalnya.
  • Perjalanan Karier, seperti namanya, biografi perjalanan karier ini mengisahkan tentang perjlanan karier sang tokoh dari awal sampai saat ini, kisah selama menitinya dan apa saja yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

3 dari 4 halaman

Berdasarkan apa yang dibahas, biografi dibagi menjadi :

  • Biografi politik, mengisahkan tentang cerita hidup tokoh suatu negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi politik ditulis dari kumpulan berbagai riset, meski sangat mungkin penulisannya sarat akan kepentingan penulis atau orang lain.
  • Biografi intelektual, hampir sama dengan biografi politik yakni sama-sama ditulis dari riset. Hanya saja, penulisan teks biografi ini dalam bahasa ilmiah.
  • Biografi jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

Sementara berdasarkan siapa yang menerbitkannya, teks biografi dibagi menjadi:

  • Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri oleh penerbit. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik, yah seperti buku lainnya yang diproduksi oleh penerbit tersebut.
  • Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang seluruh biaya produksi hingga penerbitannya ditanggung oleh sponsor. Kalau dilihat dari segi komersil nih biasanya buku biografi ini nih nggak banyak dilirik orang dan kalaupun laku sih biasanya harga jualnya terlalu tinggi.

4 dari 4 halaman

Contoh Biografi Singkat

Ulang Tahun ke 36, Ini 7 Potret Transformasi Cristiano Ronaldo yang Stunning Sejak Remaja © Diadona

Biar kamu nggak bingung, Diadona kasih kamu contoh beberapa tekjs biografi singkat lengkap dengan strukturnya:

Judul : Biografi Christiano Ronaldo, Legenda Atlet Sepak Bola Terbaik Dunia

Reorintasi

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Portugal 5 Februari 1985. Nama 'Ronaldo' diambil dari nama aktor Amerika favorit ayahnya – Ronald Reagan.

Peristiwa atau Masalah

Sejak usia dini, dia suka bermain sepak bola. Bakat, antusiasme, dan kecintaannya pada permainan sudah terlihat sejak kecil. Pada usia sepuluh tahun, kemampuannya telah dikenal di Portugal dan membawanya masuk dalam tim Portugal dari Madeira. Dia kemudian menandatangani kontrak dengan Sporting Lisbon – salah satu klub terbesar di Portugal.

Eksposur internasional pertamanya datang ketika mewakili Portugal di bawah 17 tahun di kejuaraan UEFA. Penampilannya membuat dia ditandai oleh manajer sepakbola Eropa terkemuka. Pada tahun 2003, ia bermain melawan Manchester United ketika Sporting mengalahkan mereka 3-1 dalam pertandingan persahabatan. Dari sinilah karier sepak bolanya mulai melesat hingga kini. Dia beberapa menyabet gelar sebagai pemain terbaik dunia bersama El Real.

Reorientasi

Prestasi dan kemampuan Christiano Romnaldo hingga kini terus berada di level yang tinggi. Buktinay di klubnya saat ini di umur 37 tahun, dia masih menjadi pilihan utama dan sering jadi pemain kunci di timnya.

Semoga penjelasan di atas memudahkan kamu dalam memahami tentang teks biografi ya!

Beri Komentar