Perasan Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Redakan Batuk, Benarkah?

Health | Selasa, 14 September 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Ternyata begini lho penjelasannya.

Pernah teman-teman disarankan minuman larutan air perasan jeruk nipis yang dicampur kecap manis? Larutan telah menjadi resep warisan turun temurun untuk mengatasi batuk membandel.

Tapi sebenarnya apa yang terkandung dalam larutan ini sehingga begitu dipercaya ampuh menyembuhkan tenggorokan gatal, ya?

Perasan Jeruk Nipis dan Kecap Bisa Redakan Batuk, Benarkah?
2 dari 7 halaman

Ilustrasi BatukIlustrasi Batuk © shutterstock.com

Secara normal, batuk merupakan refleks alami yang bertujuan melindungi saluran pernapasan dari iritan dan partikel kotor yang bisa mengiritasi tenggorokan. Selain itu, batuk juga membantu membersihkan paru-paru dan saluran pernapasan dari zat asing dan lendir berlebih.

Akan tetapi, batuk yang umumnya menjadi gejala dari infeksi virus dan bakteri, serta reaksi alergi dan asma bisa membuat kamu tidak nyaman. Tak jarang, batuk yang berkepanjangan bisa sampai mengganggu dan menurunkan kualitas hidup seseorang.

3 dari 7 halaman

Untungnya, terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengobati batuk, baik melalui obat pereda batuk yang biasanya tersedia dalam bentuk sirup maupun obat batuk alami. Pengobatan batuk dengan bahan-bahan tradisional lebih populer dilakukan karena lebih aman, murah, sekaligus bisa menghindari efek samping obat batuk nonresep.

4 dari 7 halaman

ilustrasi jeruk nipisilustrasi jeruk nipis © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Jeruk nipis banyak dipakai sebagai salah satu bahan obat herbal karena buah yang punya nama latin Citrus aurantifolia ini mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan.

Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal, yang mungkin menjadi gejala lain yang mengikuti batuk.

5 dari 7 halaman

Ilustrasi Jeruk Nipis dan KecapIlustrasi Jeruk Nipis dan Kecap © Shutterstock.com

Meskipun begitu, pakar farmasi Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt. menegaskan bahwa larutan jeruk nipis dan kecap sebenarnya tidak menyembuhkan batuk itu sendiri, baik itu akibat virus atau bakteri.

Namun, larutan ini bermanfaat untuk meredakan gejala penyertanya.

6 dari 7 halaman

Ilustrasi kecapIlustrasi kecap © 2019 https://www.diadona.id/ddukang/iStockphoto

Bagaimana dengan kecap? Si hitam dengan rasa manis yang khas ini sebenarnya tidak memiliki efek yang bermakna untuk mengurangi gejala batuk. Penambahan kecap pada air jeruk hanya berguna untuk mengurangi keasaman dari air jeruk nipis.

Kecap pada dasarnya tidak memiliki manfaat tertentu untuk batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

7 dari 7 halaman

Nah, jadi begitu ya guys penjelasannya. Meskipun bahan alami yang baik untuk kesehatan, ternyata jeruk nipis dan kecap nggak sepenuhnya bisa meredakan batuk. Kalau batuk kamu semakin parah dan mengganggu aktifitas kamu, ada baiknya buru-buru periksakan diir ke dokter. Stay healthy guys~

Join Diadona.id