Peringati HUT RI ke-75, Bank Indonesia Dikabarkan Rilis Uang Baru Hari Ini

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 17 Agustus 2020 08:15
Peringati HUT RI ke-75, Bank Indonesia Dikabarkan Rilis Uang Baru Hari Ini
BI selalu terbitkan Uang Rupiah Khusus untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Hari ini, 17 Agustus 2020 adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan ini.

Bank Indonesia (BI) pun turut ambil bagian untuk memperingati HUT kemerdekaan Indonesia yang ke-75, dengan menerbitkan uang rupiah khusus. Hal semacam ini rupanya sering dilakukan BI dan biasanya dilakukan setiap 25 tahun sekali.

1 dari 2 halaman

Melansir dari Kompas, rencananya hari ini (17/08) Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan meresmikan pengeluaran uang rupiah khusus tersebut. Uang rupiah khusus ini disebut-sebut nantinya akan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

" Uang rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang tersambung)," jelas BI dalam dokumen Uang Khusus Logam Bank Indonesia.

2 dari 2 halaman

Lebih lanjut BI menambahkan bahwa setiap uang rupiah khusus yang dikeluarkan, akan dikemas dengan menarik dan unik sehingga bisa dijadikan untuk cinderamata.

Kabar yang beredar di sosial media menyebut bahwa uang rupiah khusus ini nantinya akan bernominal Rp 75.000 dan bergambar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Namun ada juga yang menyebut bahwa desain uang baru ini akan bergambar Gus Dur.

Well, memang belum ada konfirmasi resmi mengenai desain uang rupiah khusus tersebut. Jadi kita tunggu aja bakal kayak gimana penampakan uang rupiah khusus ini ya!

Beri Komentar