Pinkan Mambo Jual Barang Bekas di Rumahnya, Kesulitan Ekonomi Lagi?

D-Stories | Minggu, 4 April 2021 09:22
Pinkan Mambo Jual Barang Bekas di Rumahnya, Kesulitan Ekonomi Lagi?

Reporter : Hevy Zil Umami

Terkenal sebagai penyanyi, kehidupan Pinkan Mambo selama lima tahun terakhir tidak berjalan mulus.

Pinkan Mambo, yang memiliki enam orang anak, harus memutar otak untuk mencari nafkah agar dapat terus memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain diketahui berjualan pisang goreng, baru-baru ini, penyanyi yang akan menginjak usia 41 tahun di tahun ini mengagetkan netizen dengan Instagram Story yang dibuatnya.

2 dari 7 halaman

Memantau dari Instagram Story Pingkan, saat artikel ini ditulis, Pingkan terlihat menjual barang-barang bekas pakai yang ada di rumahnya, bukan tas bermerek atau fashion item lainnya, yang ia jual adalah tempat sampah, bola basket, cobek, gelas minum anak, teko air plastik, bak mandi bayi, sepeda motor, dan kasur lipat. Barang-barang ini pun dibandrol dengan harga mulai 10 ribu hingga 350 ribu. Fakta ini meledak pertama kali berkat diunggah kembali oleh akun Twitter @txtdaricustomer. " What happened to her :(" tulis caption akun itu.

3 dari 7 halaman

 Pinkan MamboPinkan Mambo © 2021 https://www.Instagram.com/pinkan_mambo

Tanggapan netizen pun sebagian besar positif dan mencoba mengerti akan kondisi keuangan yang tengah dialami Pingkan saat ini.

" Lho gpp barang2 yg ada dijual. Pernah kok sambil netes air mata maketin buku2 kesayangan yg terpaksa di jual ke toped. Jg bbrp brg lain kyk coolbox dll. It's okay kan brg milik sndiri, ga drama, n ga ngrepotin orang lain," balas akun @demikeswa.

" Dia pernah struggles sm masalah keuangan lalu bangkit dg jualan pisang goreng. Hebat loh dia ga drama sama skali:((" sahut @arbelaa.

" Semoga jualannya laku segera ya mba pinkan :) kita gatau apa yg sedang ia hadapi, barangkali temen2 butuh monggo dibeli barangnya. Jgn dijulidin ih, kan doi ga jual barang curian atau barang terlarang :(" tulis @pclndr.

4 dari 7 halaman

 Pinkan MamboPinkan Mambo © 2021 https://www.Instagram.com/pinkan_mambo

Berikut juga kisah Pinkan Mambo yang berjuang keras membantu keuangan keluarga, yang ia ungkapkan di tahun 2020 lalu.

Pinkan Mambo mengatakan selama lima tahun tidak sempat manggung menyanyi. Tak menyerah, Pinkan memutuskan berjualan pisang goreng di sekitar rumahnya.

" Aku mesti jualan pisang goreng cuma untung Rp 5.000, Rp 2.000, recehan aku kumpulin, sedih banget," ucap Pinkan Mambo mengutip dari channel YouTube Melaney Ricardo, Kamis (10/9/2020).

" Jual pisang dari warung ke warung, aku naik motor pakai helm sama anak aku, biar orang enggak tahu aku Pinkan Mambo," kata Pinkan melanjutkan.

5 dari 7 halaman

 Potret terbaru Pinkan MamboPotret terbaru Pinkan Mambo © instagram.com/pinkan_mambo

Sedangkan suaminya saat itu baru memulai usaha sehingga penghasilannya masih terbatas. Pinkan mengumpulkan keuntungannya dalam sehari hingga sekitar Rp. 10.000 dan mengajak anaknya ke minimarket untuk membeli makanan.

" Oke kita beli beras satu liter atau setengah liter aja, terus anak-anak juga butuh vitamin. Tahu enggak kita beli apa? Bukan buah, kita beli sirup supaya anak-anak ada gizinya," ucap Pinkan Mambo.

Hutang Rp. 100 juta dan dikumpulkan oleh debt collector. Kondisi ekonomi keluarganya juga semakin berat karena Pinkan Mambo memiliki utang lebih dari Rp 100 juta.

" Jangankan Rp 100 juta, Rp 100.000 aja gue enggak punya. Jadi, gue enggak tahu harus cari Rp 20.000 itu dari mana," kata Pingkan Mambo.

6 dari 7 halaman

 Potret terbaru Pinkan MamboPotret terbaru Pinkan Mambo © instagram.com/pinkan_mambo

Pinkan sampai merasa malu dengan satpam perumahan saat rumahnya didatangi debt collector.

" Kalau debt kolektor bilang lu mesti bayar Rp 20 juta minggu ini, besok Rp 20 juta, Rp 20 juta ya gue enggak tahu cari uang Rp 5.000 perak itu dari mana," ucapnya.

Pinkan Mambo menuturkan, sejak kecil ia terbiasa mencari uang dengan menjadi penyanyi, sehingga tidak mengerti bagaimana cara menjual atau mencari uang selain bernyanyi.

Bayar Utang, Siap Masuk Penjara Dengan percaya mukjizat dari Tuhan, perlahan Pinkan Mambp bisa melunasi utangnya yang Rp 5 juta setiap kali membayar. Namun, Pinkan mengaku juga siap masuk penjara dengan cicilan tersebut.

" Bisa dicicil itu gue udah siap-siap gue masuk penjara kali ya. Gue sedih banget kalau ngelihat anak gue, kan gue penyayang anak banget," ungkap Pinkan Mambo.

7 dari 7 halaman

 Masih Sering Nyanyikan Lagu Ratu, Pinkan Mambo Mengaku Bayar Rp 2 Juta per Lagu ke Maia EstiantyMasih Sering Nyanyikan Lagu Ratu, Pinkan Mambo Mengaku Bayar Rp 2 Juta per Lagu ke Maia Estianty © © MEN

Dia cemas membayangkan enam anaknya akan dipenjara. Sering bertengkar dengan suaminya. Masalah keuangan dalam keluarganya juga berdampak pada Pinkan dan suaminya, Steve Wantania. Pinkan Mambo mengaku sering bertengkar dengan suaminya, hingga putus asa.

" Dulu mah, aduh capek deh teranginnya. Itu kita suami-istri juga kayaknya rasa udah mau mati aja berantem melulu, kayaknya kita pengin bunuh diri aja," ungkap Pinkan Mambo.

Namun, kini Pinkan Mambo mengatakan ekonomi lebih baik dan lebih stabil. Begitu juga dengan hubungan keluarganya. Omzet jualan makanan dari bisnis kulinernya meningkat hingga jutaan rupiah. Selain itu, belakangan ini Pinkan Mambo juga mulai comeback di televisi.

Join Diadona.id