Potret Miris Kuda Delman yang Terjatuh Kelelahan, Tubuhnya Kurus dan Terlihat Lemas Tak Berdaya

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 18 Januari 2021 16:03
Potret Miris Kuda Delman yang Terjatuh Kelelahan, Tubuhnya Kurus dan Terlihat Lemas Tak Berdaya
Tulangnya sampai kelihatan banget karena saking kurusnya :(

Kabar yang diduga penyiksaan hewan datang dari daerah Kabupaten Cianjur. Transportasi delman atau yang biasa disebut Sado mengalami kecelakaan di Jalan Mangunsarkoro, depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kecelakaan ini disebabkan karena kuda diduga kelelahan dan tak kuat mengangkut penumpang karena terlihat kurus. Sehingga kuda tiba-tiba jatuh di jalan dan menghebohkan banyak orang.

Kejadian ini mendapat perhatian dari perwakilan JAAN (Jakarta Animal Aid Network), Mang Dadang. Sang perwakilan langsung turun tangan untuk datang ke lokasi dan bertemu pemilik kuda tersebut.

1 dari 3 halaman

Video Kuda Jatuh

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cianjur Today (@cianjurtoday)

 

Video kuda jatuh ini dibagikan oleh akun Instagram @cianjurtoday (14/1). Tampak seekor kuda jatuh di jalan dan terlihat kelelahan. Sang pemilik kuda pun berusaha membangunkan tapi dengan memaksa dan terlihat kasar.

Para warga yang disekitar pun kemudian turut membantu sang pemilik kuda. Kasus ini tidak menyebabkan korban dan hanya menyebabkan kemacetan.

2 dari 3 halaman

Sudah Dapat Pertolongan

      View this post on Instagram      

A post shared by Otherwise Known as JAAN (@jakartaanimalaidnetwork)

 

Akun Instagram @jakartaanimalaidnetwork kemudian memberikan kabar terbarunya. Mereka sudah mencari lokasi tempat sang kuda terjatuh dan langsung mendatangi tempat tinggal sang pemilik. Ditemukan ada lima kuda yang kurang gizi dan tak punya tempat yang nyaman untuk beristirahat.

"Sangat mengenaskan melihat mereka menderita seperti ini.. tidak mendapat makanan yang cukup, tidak berada dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki tempat yang nyaman untuk beristirahat. Kami tidak dapat menampung satu kuda lagi dan mengambil kuda ini bukan penyelesaian masalah, tapi kami akan menolong kuda ini dan memastikan dia mendapat makanan yang cukup dan sesuai tiap hari, kami juga akan mengedukasi dan memberi arahan pada pemilik kuda ini dan semoga nantinya pemilik kuda ini akan beralih profesi!," tulisnya.

3 dari 3 halaman

Akan Dibawakan Obat

Kondisi Kuda yang Terjatuh Kelelahan © Diadona

Lebih lanjut, akun JAAN tersebut akan memberikan obat dan barang dibutuhkan oleh kuda-kuda tersebut, " Tadi siang, Mang Dadang telah memeriksa kuda ini dan besok tim kami akan mendatanginya lagi dengan membawa makanan, obat cacing dan barang-barang lain yang dibutuhkan. Kami akan terus memberikan update!"

Semoga kasus ini segera cepat diselesaikan dan kuda bisa diselamatkan. Tentunya hal ini bisa menjadi pelajaran banyak orang bahwa hewan juga merupakan makhluk hidup yang harus dijaga dan dihargai kehidupannya.

Serba salah juga ya. Dengan keadaan pandemi yang semakin menyulitkan kayak gini, pemasukan pak kusir juga jadi kurang. Sementara kuda juga butuh perawatan. Mudah-mudahan bisa sehat seperti semula lagi deh ya! Gimana menurut kamu?

Beri Komentar