Potret Perjuangan Seorang Bapak, Jalan Tertatih Sambil Jualan Remote TV Demi Cari Nafkah

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 12 April 2021 15:03
Potret Perjuangan Seorang Bapak, Jalan Tertatih Sambil Jualan Remote TV Demi Cari Nafkah
Ia harus menempuh belasan kilometer untuk menjajakan jualannya.

Tugas seorang ayah memang mencari nafkah untuk anak dan istrinya. Seorang ayah akan melakukan segala cara agar bisa membahagiakan keluarganya. Namun, bagaiman jika kondisi tubuhnya yang sudah tak sempurna lagi, tapi tetap memaksanya bekerja?

Seperti itulah potret perjuangan bapak tua ini. Ia tetap berjalan meski harus tertatih-tatih saat membawa tas berisikan remote TV di punggungnya.

1 dari 4 halaman

Dalam postingan yang diungah akun bernama @srikhrsm, terlihat seorang bapak sedang berjalan dengan membungkuk sembari membawa remote TV.

Mirisnya, sang bapak berjalan dengan kondiis pincang. Sehingga, ia hanya bisa berjalan lambat dan tertatih-tatih dengan beban berat jualan di pundaknya.

2 dari 4 halaman

Diketahui, nama bapak tua tersebut adalah Anan. Meski kondiis kakinya sudah tak sempurna lagi, ia harus berjalan jauh demi menjajakan jualanya.

 

" Bapak keliling dari Dago, Sarijadi, Cihanjuang, bahkan sempat ke daerah Cisarua Bandung Barat, kata bapak lumayan jauh. Setiap hari beliau selalu kerja dengan berjalan kaki keliling, menjajakan remote punya orang lain, karena bapaknya tidak ada modal," tulis deskripsi pada video.

Bapak tersebut menuturkan bahwa setiap hari bisa laku 4 hingga 5 remote dengan keuntungan Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu per remote-nya.

Selain berjualan remote, bapak tua ini jadi tukang bersih-bersih di terminal dan tinggal di sana setiap malam.

3 dari 4 halaman

Postingan video viral itu lantas tersebar dan banyak netizen yang mengulurkan tangan untuk berdonasi membantu sang bapak.

Open donasi yang dilakukan berhasil terkumpul sebanyak Rp 47 juta. Dana ini rencananya akan digunakan Pak Anan untuk membuka usaha di kampung asalnya, Garut.

@srikhrsm

Balas @basinglaaahh Penyerahan Donasi Part 1 ????????

? original sound - Aida1205

 

" Setelah berdiskusi, bapak akan bangun usaha di Garut kampung halamannya. Buka warung dan service elektronik guys serta sedikit jualan juga," tulis @srikhrsm pada postingan video lain.

Uang dari hasi donasi tersebut rencananya akan ia gunakan untuk dibuatkan tempat usaha.

4 dari 4 halaman

Postingan video viral mengenai perjuangan seorang bapak penjual remote TV ini memancing beragam komentar dari netizen.

" Tolong buat kalian kalau ketemu orang tua yang jualan apa pun itu beli saja walau nggak butuh. Usahain berhenti setidaknya membantu walaupun sedikit," saran @basnga8ahh.

" Paling nggak tahan lihat seperti ini (emoticon sedih). Sehat ya pak, banyak rezeki dan sabar," doa @WilAran.

" Nggak kuat lihat beginian. Jadi pengen nangis," tulis @faiznauf.

Mudah-mudahan sehat terus ya pak, dan dilancarkan sellau buat rezekinya. Amin.

Beri Komentar