Potret Perjuangan Seorang Ibu, Jalan Kaki 30 Km Jualan Bakso Keliling Sambil Gendong Anak

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 11 November 2021 18:03
Potret Perjuangan Seorang Ibu, Jalan Kaki 30 Km Jualan Bakso Keliling Sambil Gendong Anak
Wanita tangguh, the real malaikat tanpa sayap :(

Kisah haruyang cukup mengetuk pintu hati datang dari seorang ibu pedagang bakso tusuk keliling. Dalam menjajakan dagangannya, dia selalu menggendong putri kecilnya di punggung. Bahkan hebatnya lagi, ibu ini kuat berjalan kaki sejauh 30 kilometer lebih untuk berjualan. Tak ada raut wajah mengeluh.

Wanita paruh baya itu tampak tegar dan mengaku terbiasa. Meski dirasa lelah dengan mendorong gerobak sembari menggendong anak.

1 dari 6 halaman

Ibu Jualan Bakso Sambil Gendong Anak © Diadona

Dalam perjalanan mengendarai mobil, Anthony Sudarsono melihat seorang ibu menggendong balita di punggungnya. Sembari mendorong gerobak bakso jualannya.

" Paling Appreciate sama ibu ibu yg masih mau kerja keras demi anaknya! ????????????," tulis Anthony dalam keterangan video.

Ibu ini tampak tangguh, kuat berjalan kaki dari Kecamatan Kuwarasan ke arah Jombor, Kebumen untuk menjajakan bakso milik bosnya.

" Muter (keliling) kemana saja bu?,"

" Kalau cukup waktunya, sampai Jombor. Keliling dari Kuwarasan. Ini bosnya di Kuwarasan," kata si ibu.

2 dari 6 halaman

Ibu Jualan Bakso Sambil Gendong Anak © Diadona

Hampir setiap hari ibu berkaca mata itu menggendong anaknya sembari berjualan keliling 30 kilometer. Namun jika waktunya sudah tidak cukup, ia tidak berjalan sejauh itu. Meski begitu, si ibu mengaku sudah terbiasa dengan pekerjaannya itu. Seakan tak ada guratan lelah di wajahnya kala bercerita.

" Sambil gendong anak, enggak capek bu?," tanyanya lagi.

" Enggak. Sudah terbiasa mas," jawabnya tenang.

3 dari 6 halaman

@anthonysudarsono Paling Appreciate sama ibu ibu yg masih mau kerja keras demi anaknya! ???????????? #fyp #samasamaberkarya #samasamabelajar ? original sound - Anthony Sudarsono ????

 

Tak sedikit pebisnis yang harus gulung tikar atau bahkan memilih untuk mengurangi jumlah karyawan, selama masa PPKM Covid-19. Hal yang sama dialami oleh ibu ini. Ia sempat nganggur lantaran diberhentikan.

Mirisnya lagi, pendapatan yang diperolehnya dari berjualan tidaklah cukup besar. Setiap harinya ia menerima upah sekira Rp9 ribu.

" Selama PPKM diberhentiin sama bosnya. Seminggu yang lalu saya nganggur. Sehari hasilnya bisa dapat 9 ribu, 10 ribu. Ini kan model setoran kan pak. Ngabisin 100 bijinya dapat 15 ribu," papar si ibu.

4 dari 6 halaman

Ibu Jualan Bakso Sambil Gendong Anak © Diadona

Sembari tangannya cekatan membungkus bakso, tiba-tiba Anthony membayar dengan selembar uang Rp100 ribu. Yang kemudian ditambah lagi dengan beberapa lembar merah lagi.

" Ya Allah, terima kasih banyak pak. Semoga rezekinya bapak lancar, sehat-sehat," pungkasnya terharu dan lanjut berkeliling jualan lagi.

5 dari 6 halaman

Tak ayal video berdurasi satu menit itu lantas viral dan ramai dibanjiri komentar haru. Banyak warganet yang salut akan perjuangan si ibu.

" Ya allah ,udah dapetnya segitu masih setoran ???? 15 rb loh gaes itu harus jual 100 biji ???? bayangin aja itu duit kita pake kali cuma buat segelas kopi ????????," tulis @rose.ana19.

" Kelihatan ibu ini punya pendidikan dan perilaku yang baik..Hanya nasib sedang tidak berpihak padanya. Sehat selalu ini semoga Allah angkat derajatnya ya bu," tulis @mahayasa163.

" Ibu bisa jdi jiwa ayah tpi ayah jrang bisa jadi jiwa ibu," tulis @ulcha_zayn.

" Bukti wanita itu makhluk kuat dan bisa ngelakuin segala hal," tulis @ripaaa07.

Beri Komentar