Profil Aprilia Manganang, Mantan Atlet Voli Putri Berprestasi yang Kini Resmi Jadi Pria

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 19 Maret 2021 22:12
Profil Aprilia Manganang, Mantan Atlet Voli Putri Berprestasi yang Kini Resmi Jadi Pria
Kabar mengejutkan datang dari Aprilia Manganang. Selama ini, dirinya ternyata adalah seorang laki-laki. Padahal Aprilia sebelumnya adalah salah satu atlet bola voli putri tersukses di Indonesia.

Lahir di Tahuna, Sulawesi Utara, 27 April 1992, nama Aprilia muncul melalui kiprahnya di dunia voli Indonesia bersama adiknya Amasya.

Berawal serius di bangku SMP, Aprilia memulai karir bersama Alco Bandung, BNI 46, dan Manokwari Valeria.

1 dari 4 halaman

Aprilia Manganang © Diadona

Ia mulai merasakan kesuksesan saat membela Jakarta Elektrik PLN. Ia sukses mempersembahkan tiga gelar Proliga untuk klub tersebut. Setelah itu, Aprilia berhasil membawa PGN Popsivo Polwan sebagai juara. Kontribusi ini mengantarkannya meraih gelar pemain terbaik (MVP) Proliga sebanyak tiga kali, yaitu 2016, 2017, dan 2019.

Berkat karirnya yang cemerlang di Proliga, Aprilia direkrut oleh Generali Supreme Chonburi E-Tech. Prestasi datang kembali. Dia memimpin klub Thailand itu untuk memenangkan Liga Super Thailand-Denmark 2019. Aprilia juga terpilih sebagai MVP kompetisi tersebut.

Di pentas internasional, Aprilia Manganang mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2015 dan perak SEA Games 2017.

2 dari 4 halaman

Pensiun Tahun Lalu

Aprilia Manganang © Diadona

Meski sukses dan masih dalam usia produktif, Aprilia mengeluarkan kabar mengejutkan pada September 2020. Ia mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga voli melalui akun Instagram-nya.

" Mengapa saya mengambil keputusan ini, karena ingin hidup lebih baik, meraih kebenaran dalam hati saya, kedamainan. Karena itu, ini keputusan yang terbaik buat saya," kata Aprilia ketika itu.

" Saya berterima kasih kepada teman-teman, pelatih, dan seluruhnya yang selama ini selalu bersama saya, thank you banget."

" Saya harap kalian sukses selalu dan semoga Indonesia di dunia voli semakin maju terus," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Ternyata Ia Laki-laki

Serda Aprilia Manganang Resmi Ganti Nama, Tangis Pecah Saat Sidang Berlangsung © Diadona

Kabar terbaru datang tentang Aprilia. Tentara Indonesia memastikan bahwa dia adalah laki-laki dan mengalami gangguan reproduksi hipospadia.

" Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi, jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat jumpa pers di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

" Menurut data, di setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki."

Beri Komentar