Ramai Soal Raffi Ahmad Keluyuran setelah Vaksin, Pesan Ridwan Kamil Jadi Sorotan

D-Stories | Kamis, 14 Januari 2021 12:19
Ramai Soal Raffi Ahmad Keluyuran setelah Vaksin, Pesan Ridwan Kamil Jadi Sorotan

Reporter : Devi Puspitasari

Ridwan Kamil sempat berikan wejangan pada Raffi Ahmad setelah vaksin.

Raffi Ahmad saat ini sedang jadi sorotan publik. Hal ini nggak lepas dari dirinya sebagai penerima vaksin pertama bersama Presiden terlihat menghadiri pesta tanpa menjalankan protokol kesehatan.

Pesta itu juga dihadiri beberapa public figure, salah satunya selebgram terkenal Anya Geraldine. Sontak, aksi Raffi Ahmad ini mendapat berbagai kecaman dari publik. Salah satunya Sherina Munaf yang secara terang-terangan memberikan pesan yang cukup menohok.

Belum lama ini, dalam satu acara yang sama, Ridwan Kamil sempat memberikan nasihat pada Raffi pasca ia disuntik vaksin. Wejangan Kang Emil ini disampaikannya dalam salah satu acara tv yang diunggah channel YouTube Najwa Shihab.

2 dari 6 halaman

Dalam Keadaan Segar Bugar

 Ridwan Kamil beri pesan pada Raffi AhmadRidwan Kamil beri pesan pada Raffi Ahmad © youtube.com/ Mata Najwa

Dalam acara yang dipandu Najwa Shihab itu, Ridwan Kamil mengungkap kabar dirinya pasca menjadi relawan vaksin sinovac. Kang Emil mengaku keadaanya saat ini segar bugar pasca tiga bulan menerima vaksin.

" Alhamdulillah, segar bugar jadi relawan sudah tiga bulan saya sejak disuntik (vaksin)," ucap Ridwan Kamil.

3 dari 6 halaman

Harus 2 Kali Disuntik

Selain itu, Kang Emil menjelaskan jika ia menerima dua kali vaksin sinovac ini pada bulan Agustus dan awal September. Memang, menurutnya vaksin sinovac harus disuntikkan sebanyak dua kali.

" Iya, karena vaksin sinovac ini kan harus dua kali. Saya disuntik pertama di bulan Agustus, di pertengahan. Kemudian 14 harinya di awal September sehingga sudah dua kali," sambungnya.

Menurut Gubernur Jawa Barat ini, kini dalam tubuhnya sudah berlimpah antibodi untuk melawan covid-19 pasca tiga bulan disuntik vaksin.

4 dari 6 halaman

Pesan untuk Raffi Ahmad

 Ridwan Kamil beri pesan pada Raffi AhmadRidwan Kamil beri pesan pada Raffi Ahmad © youtube.com/ Mata Najwa

Nggak ketinggalan, Kang Emil juga memberi wejangan pada Raffi Ahmad yang baru saja menerima vaksin satu kali. Ia memberikan nasihat agar Raffi nggak merasa euforia lebih dulu meski sudah disuntik vaksin. 

Selain karena Raffi baru sekali disuntik vaksin, antibodi dalam tubuh baru akan muncul secara maksimal tiga bulan setelahnya.

5 dari 6 halaman

" Jadi Raffi Ahmad, jangan euforia dulu. Pertama, karena baru disuntik sekali, terus disuntik 14 hari kemudian yang kedua," pesan Kang Emil pada Raffi.

" Nah, kemudian setelah suntikan kedua baru tiga bulan si antibodi itu muncul secara maksimal. Kira-kira gitu," imbuh Ridwan Kamil menjelaskan.

Join Diadona.id