Sehari Bisa Habiskan 1 Kwintal Singkong, Penjual Ini Sampai Dituduh Main Dukun

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 20 April 2022 20:03
Sehari Bisa Habiskan 1 Kwintal Singkong, Penjual Ini Sampai Dituduh Main Dukun
Padahal, ia mengaku usahanya sukses karena berkat doa dari kedua orangtuanya.

Kesuksesan tentu diiringi oleh perjuangan dan semangat yang terus membara. Menjalani sebuah usaha juga tak selamanya akan berjalan mulus. Terdapat lika-liku, pasang naik dan surut yang mengiringi langkah para pengusaha.

Seperti hal nya kisah penjual Singkong Keju satu ini. Dia juga pernah merasakan pasang naik dan surut dalam menjalani bisnisnya. Bahkan dia sempat dituduh main dukun. Padahal kesuksesannya itu berasal dari doa orangtua.

Lantas bagaimana kisah penjual Singkong Keju sukses yang dituduh main dukun padahal akibat doa orangtua? Melansir dari akun YouTube Kawan dapur, Rabu (20/4), simak ulasan informasinya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Kisah Toto Penjual Singkong Goreng Habis 1 Kwintal Singkong

Penjual Singkong Keju bernama Toto ini menceritakan bisnis usahanya. Berawal dari 20 kilo, kini Toto bisa membawa 1 kwintal Singkong setiap harinya.

" Bawa berapa kilo (singkong) sekarang ini Mas?," tanya pria yang merekam.

" 1 kwintal ini, Alhamdulillah," ujar penjual Singkong Keju.

" Kalau 1 kwintal berarti omzet berapa tuh Mas kira-kira?," tanyanya.

" Kira-kira Rp1 (juta) lah," jawabnya.

" Awal mula itu bawa 20 kilo (Singkong). Tapi Alhamdulillah langsung habis 3 jam doang. Iya hari pertama, aku enggak nyangka lah," tambahnya.

2 dari 7 halaman

Ingin Bahagiakan Orangtua

Kisah Toto Penjual Singkong Goreng © Diadona

Melihat dagangannya banyak disukai orang, Toto ingin usahanya dapat lebih berkembang. Syukur apabila Toto memiliki cabang Singkong Keju di tempat lain.

" Harapan ke depannya gimana Mas?," tanya pria ini.

" Inginnya sih biar berkembang ya Mas. Syukur-syukur punya cabang lah," jawab penjual Singkong Keju ini.

" Biar nyenengin orang tua gitu. Orangtua kan nomor 1 Mas, segala apapun doa orang tua kita. Walaupun sengsara, kan orang tua kita yang doain biar sukses," sambungnya.

3 dari 7 halaman

Pernah Jualan Sepi Sampai Jual Gas Buat Makan

Kisah Toto Penjual Singkong Goreng © Diadona

Bisnis Toto tak selamanya berjalan mulus. Dia pernah mengalami pasang surut yang membuatnya tidak memiliki uang sepeser pun. Bahkan untuk makan saja, dia terpaksa menjual tabung gas miliknya.

" Bulan kemarin lah sepi, terus singkongnya enggak ada. Saya terus bingung lah mas. Kan saya punya 2 tabung gas, saya enggak punya uang sepeser pun Mas. Terus saya nekat jual tabung gas harganya Rp170 (ribu) lah," ungkap penjual Singkong Keju.

" Jual 1 buat makan 3 hari itu Rp170 (ribu). Enggak punya uang sepeser pun Mas," lanjutnya.

4 dari 7 halaman

Minta Doa Orangtua

Kisah Toto Penjual Singkong Goreng © Diadona

Tak disangka, setelah melewati berbagai cobaan dan rintangan yang menghadang, Toto akhirnya bisa merasakan buah manis usahanya. Ia mengaku, kesuksesannya menjual singkong ini berkat doa kedua orangtuanya.

" Mulai bangkit lagi saya cari-cari utang buat modal lagi. Terus mertua saya bilang 'nih ku pinjamin Rp1 juta' gitu. Saya bilang ntar kembaliannya kalau sudah ramai ya ma gitu. Bangkit lagi, terus minta doanya lah sama orangtua sama mertua juga. Ya akhirnya sampai ini mas," ujarnya.

" Alhamdulillah memang doa orangtua itu benar-benar mujarab. Usaha jangan minta sama dukun-dukun atau ke mana gitu. Kebanyakan kan orang jualan gitu Mas. Kalau saya mah minta doa orang tua saja nomor satu, nomor dua itu istri," ungkap penjual Singkong Keju ini.

5 dari 7 halaman

Dituduh Pakai Dukun

Kisah Toto Penjual Singkong Goreng © Diadona

Meski begitu, ada saja tuduhan yang menghampirinya. Beberapa orang yang iri dengan kesuksesan Toto bahkan pernah bilang kalau dirinya menggunakan ilmu hitam untuk melarisi dagangannya. Hal itupun langsung dibantah olehnya.

" Cuma ada yang sirik itulah tapi saya biarin gitu. Itu kan sudah biasa hidup di kampung kan pasti ada kaya gitu, tetangga ada yang omongannya gitu," paparnya.

" Ya sirik, sekarang sukses jualan. Katanya ada yang ke dukun, ada yang ke mana. Saya mah enggak, itu saya enggak respon yang penting saya benar gitu," tutupnya.

6 dari 7 halaman

Penjual singkong keju ini pernah merasakan pasang naik dan surut dalam menjalani bisnisnya. Namun dia tetap semangat untuk bisa mewujudkan impiannya yang begitu mulia.

Berikut videonya:

 

Beri Komentar