Selain It's Okay to Not Be Okay, 7 Drama Korea Ini Juga Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 3 September 2020 11:18
Selain It's Okay to Not Be Okay, 7 Drama Korea Ini Juga Mengangkat Isu Kesehatan Mental
Tujuh drama ini juga mengangkat isu kesehatan mental.

Tahun 2020 dihiasi drama-drama populer yang berhasil menghibur penonton. Nggak terkecuali drama It's Okay to Not Be Okay yang baru saja tamat pada Agustus 2020 tersebut.

Drama yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini menjadi favorit banyak orang. Apalagi tema yang diangkat beda dari drama lainnya yang sedang tayang saat itu.

1 dari 8 halaman

Dram Korea It's Okay to Not Be Okay © Diadona

Yap, drama serial It's Okay to Not Be Okay mengangkat isu kesehatan mental. Selain plot yang menarik, terdapat cerita dongeng dalam drama yang berhubungan dengan cerita para tokohnya juga.

Tapi, selain drama It's Okay to Not Be Okay, ada 7 drama lain yang sebelumnya sudah mengangkat isu kesehatan mental loh!

2 dari 8 halaman

Hyde, Jekyll, Me (2015)

Drama Korea Hyde, Jekyll, Me © Diadona


Dalam drama Hyde, Jekyll, Me ini Hyun Bin sang pemeran utama memiliki kepribadian ganda atau dalam dunia medis disebut DID (Dissociactive Identity Disorder). Ia bisa menjadi sangat lembut sebagai tokoh Jekyll. Tapi juga bisa menjadi orang yang dingin dan kasar sebagai Hyde.

Drama adaptasi dari webtoon dengan judul Dr. Jeykll is Mr. Hyde ini tayang sebanyak 20 episode. Han Ji Min menjadi lawan main Hyun Bin sebagai pemeran utama wanitanya.

3 dari 8 halaman

Kill Me, Heal Me (2015)

Drama Korea Kill Me, Heal Me © Diadona


Serupa dengan Hyle, Jekyll, Me, drama Korea Kill Me, Heal Me ini juga mengangkat cerita seseorang yang memiliki kepribadian ganda. Bedanya, di drama ini Cha Do Hyun yang diperankan Ji Sung memiliki 7 kepribadian berbeda.

Ketujuh kepribadian Cha Do Hyun itu berusaha mengambil alih tubuhnya. Kemudian ia bertemu dengan seorang dokter residen di departmen psikiatri bernama Oh Ri Jin yang diperankan Hwang Jung Eum. Ri Jin diminta menjadi dokter rahasia untuk menyembuhkan Cha Do Hyun yang merupakan anak konglomerat.

4 dari 8 halaman

It's Okay, That's Love (2014)

Drama Korea It's Okay, That's Love © Diadona


Kalau drama yang rilis tahun 2014, digadang-gadang jadi serial terbaik yang mengangkat isu kesehatan mental loh! Drama It's Okay, That's Love menggambarkan Jang Jae Yeol yang diperankan Jo In Sung seorang penyiar radio dan penulis buku yang mengidap OCD (Obsessive Compulsive Disorder).

Nggak hanya itu, ternyata tanpa sadar ia juga menderita penyakit Schizophrenia karena traumanya di masa lalu. Meski terkesan dengan tema berat, cerita yang dibawakan terasa ringan dan pesannya nyampe banget loh!

Drama ini mengubah pandangan negatif bahwa mental illness bisa terjadi pada siapapun. Bahkan masyarakat Korea Selatan juga menjadi lebih aware terhadap kesehatan mental yang sebelumnya jadi hal tabu untuk dibicarakan.

5 dari 8 halaman

Hello Monster (2015)

Drama Korea Hello Monster © Diadona


Kalau Hello Monster nggak kalah serunya nih dari drama kesehatan mental sebelumnya. Soalnya, drama yang dirilis tahun 2015 ini mengangkat isu kesehatan mental yang dikombinasikan dengan misteri.

Seo In Guk yang berperan sebagai Lee Hyun merupakan profiler kriminal. Ternyata ia memiliki trauma masa lalu yang mempunya adik dengan menunjukkan perilaku psikopat. Hingga ada sebuah tragedi menyebabkan ayahnya meninggal dan ia pun hidup berpisah dengan sang adik.

6 dari 8 halaman

Good Doctor

Drama Korea Good Doctor © Diadona


Sesuai dengan namanya, drama ini mengangkat isu kesehatan mental dan dunia dokter. Bahkan alurnya yang apik berhasil membuat drama Good Doctor jadi salah satu drama medis Korea Selatan terbaik loh!

Drama ini mengisahkan seseorang bernama Park Shi On yang diperankan Joo Won menderita sindrom savant atau autisme. Tapi hal ini tidak menghalanginya jadi dokter bedah berbakat. Sayangnya, ia sering dipandang sebelah mata karena kondisinya tersebut.

7 dari 8 halaman

Dr. Frost (2014)

Drama Korea Dr. Frost © Diadona


Masih dengan nuansa medis, Dr. Frost merupakan drama yang diadaptasi dari webtoon. Drama ini menceritakan tentang seorang profesor jenius bernama Bake Nam Dong yang diperankan oleh Song Chang Eul. Ia pernah mengalami kecelakaan yang berakibat melukai bagian frontal lobe.

Karena hal itu, ia menjadi kesulitan merasakan empati kepada orang lain. Akhirnya, bersama dengan detektif Nam Tae Bong yang diperankan Sung Ji Ru, ia berusaha menyelesaikan kasus-kasus kriminal yang berkaitan dengan pelaku memiliki kesehatan mental.

8 dari 8 halaman

Fix You (2020)

Drama Korea Fix You © Diadona


Drama Fix You juga bisa disebut Soul Mechanic ini juga mengangkat mental illness di tahun 2020 ini. Drama ini diperankan oleh Shin Ha Kyung dan Jung So Min.

Drama Fix You mengangkat kisah para psikiater yang mencoba menyembuhkan banyak pasien gangguan mental dan emosional mereka di sebuah klinik psikiatri. Ada berbagai gangguan mental yang digambarkan dalam drama ini. Mulai dari kecanduan alkohol, post-traumatic stress disorder (PTSD), gangguan kepribadian ambang, delusi dan masih banyak lagi.

Nggak hanya soal romance tapi drama korea ini juga keren ya berani mengangkat isu kesehatan mental. Mana nih drama yang belum kamu tonton dan tertarik buat masuk list drama favoritmu?

Beri Komentar