Sempat Kena Hinaan Tetangga, Pemuda Ini Sukses Jualan Es Kuwut Beromzet Puluhan Juta

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 11 April 2022 08:03
Sempat Kena Hinaan Tetangga, Pemuda Ini Sukses Jualan Es Kuwut Beromzet Puluhan Juta
Usianya belum genap 20 tahun, tapi sudah punya 7 cabang jualan es kaki lima nih!

Kesuksesan tak semata-mata datang secara instan. Semua membutuhkan perjuangan, tekad kuat, dan mental baja. Seperti kisah seorang pria muda bernama Angga berikut ini. Mendapatkan cibiran dan ejekan sudah biasa.

Namun, ia mampu membayar tuntas semua hal tersebut dengan kesuksesan. Kini, Angga diketahui memiliki tujuh cabang bisnis dengan omzet ratusan juta setiap bulan. Nah, penasaran seperti apa kisahnya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dilansir dari kanal YouTube Jajan Ranger.

1 dari 6 halaman

Awal Penemuan Ide Bisnis

Kisah Angga Penjual Es Kuwut © Diadona

 

Memiliki ide bisnis memang tak mudah. Bagi Angga, hal ini menjadi pengalaman seru untuk dibagikan. Tak pernah menyangka, kedatangannya ke Pulau Dewata beberapa tahun silam justru membuatnya mendekat dengan ide bisnisnya kini. Hal itu bermula tatkala Angga menyaksikan seorang penjual saat menyajikan es kuwut khas Bali. Rasa ingin tahu Angga lantas membuncah. Ia tak segan untuk bertanya segala sesuatu mengenai bisnis es kuwut kepada sang penjual.

" Dulu pernah liburan ke Bali, iseng-iseng nyoba es kuwut di sana. Terus tanya-tanya," ceritanya.

2 dari 6 halaman

Punya 7 Cabang Usaha

Kisah Angga Penjual Es Kuwut © Diadona

Berusia belia tak menyurutkan semangat Angga untuk memulai bisnis. Di usianya yang kini baru menginjak 19 tahun, Angga pun telah memiliki 7 cabang es kuwut Bali di kawasan Pasar Lama Tangerang. Setiap harinya, Angga pun mampu menghabiskan 10 kg jeruk nipis, 10 kg lemon, serta 1 liter biji selasih. Semua hal itu merupakan sebagian kecil perjuangan dari sesosok pemuda tangguh ini.

" Setiap hari, bisa bawa 10 kg jeruk nipis, 10 kg lemon. Kalau selasih ya bisa 1 liter atau 1 kg," ujarnya.

" Ini buat satu cabang. Ini kita di Pasar Lama ada empat cabang, di luar ada tiga cabang, total kita ada tujuh cabang," sambungnya.

3 dari 6 halaman

Omzet Fantastis Per Bulan

Kisah Angga Penjual Es Kuwut © Diadona

Ketidaksengajaan Angga itu pun kini berbuah manis. Ada penghasilan puluhan juta rupiah yang mampu diraupnya setiap hari. Bahkan, ada waktu-waktu tertentu baginya untuk dapat memperoleh keuntungan fantastis. Angga mengaku, ia pernah mendapatkan Rp19 juta dalam kurun waktu satu hari yakni pada saat akhir pekan di bulan suci Ramadan.

" Kalau pas bulan puasa, bisa sampai Rp7 juta sehari. Kalau weekend malah bisa lebih dari itu satu hari. Mungkin Rp12 juta satu hari. Dulu pernah bulan puasa pas weekend itu pernah tembus Rp 19 juta satu hari," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Sering Dicibir

Kisah Angga Penjual Es Kuwut © Diadona

Namun, selalu ada rintangan dan hambatan saat pemuda yang tangguh satu ini merintis usaha. Tak mendapatkan dukungan dari tetangga kanan kiri pun pernah ia alami. Bukannya didukung, Angga justru mendapatkan cibiran saat mulai mengumpulkan niat dengan membuat gerobak es kuwut Bali. Pelakunya bahkan termasuk kawan Angga sendiri.

" Ada saja (yang mencibir) ya kan. Waktu bikin gerobak itu, kadang tengah malam kita masih bangun gerobak, tetangga pada ngomong ngapain sih masih berisik udah malam. Ada saja yang begitu, ada juga teman yang kadang menghina juga, emang kamu gak malu masa masih muda sudah jadi pedagang," ucapnya.

5 dari 6 halaman

 

Baginya, hal ini bukan menjadi penghalang. Angga justru mampu mengubah cibiran menjadi bahan bakar semangat untuk menuju kesuksesan dan membahagiakan kedua orangtua.

" Ya biarin saja, yang penting kita lihat ke depan hasilnya bagaimana. Kalau sukses, mereka tahu sendiri bagaimana," katanya.

" Semoga ke depannya usaha saya makin lancar, makin laris, dan ramai. Semoga kita juga bisa membahagiakan orangtua, lancar terus usahanya, semangat buat saya yang masih muda," pungkasnya.

Beri Komentar